Baso Arief, One of The Best Meatballs in Bandung!

Sebenernya udah lama Ferdi, adik saya, ngerekomendasiin Baso Arief ini buat saya cobain. Tapi seringkali masih kalah prioritas sama kuliner lain yang juga pengen saya cobain. Maklum, kapasitas perut kan terbatas ya. Dan lagi saya kan mesti ngatur-ngatur ga boleh terlalu kalap karena lagi diet. Setelah akhirnya dateng ke sini dan nyobain sendiri, saya nyesel kenapa ga dari dulu-dulu sih saya nyempetin dateng ke sini? Karena, ya apalagi kalo bukan, basonya emang enaaaak!

Padahal lokasi Baso Arief ini sebenernya cukup strategis, itungannya masih berada di pusat kota lah, deket sama daerah Gedung Sate. Lokasinya malahan deket juga ama beberapa kulineran lain kayak Kupat Tahu Gempol dan Wakacao, yaitu di Jalan Wira Angun-Angun yang berada di komplek Taman Tengah. Kawasan yang berada di belakang Total Buah Segar ini merupakan daerah pemukiman sehingga suasananya lebih santai.

Pengunjung bisa memilih mau makan di dalem atau di ruangan. Karena cuaca Bandung yang nyaman, pengunjung banyak juga yang memilih untuk duduk di luar ruangan. Mungkin maksudnya biar ga sumpek kali ya, atau pengen ngerasain angin semilir. Saya dan kedua adik saya, yang sebelumnya ikutan berkunjung ke Museum Gedung Sate yang baru buka, memilih duduk di dalem aja.

Baso Arief menawarkan berbagai menu baso, ada baso keju, baso jamur, baso urat, baso polos, dan baso rica. Baso-baso ini biasanya disajikan bersama dengan yamin, yahun, mie, atau bihun. Di gerobak yang ada di samping pintu masuk ada tumpukan baso goreng yang udah menggunung kayak tumpukan bala-bala yang dijual tukang gorengan. Baso ini selain sering dipesen sama pengunjung yang memakannya begitu aja di tempat, sering juga diborong buat dibawa pulang.

Kita kemudian membeli enam baso goreng, masing-masing dapet dua buah. Saya udah bilang belom kalo baso gorengnya sama sekali ga biasa? Di dalem baso gorengnya yang renyah dan gurih, ternyata berisi bongkahan kecil keju. Rasanya oke banget deh. Sayang aja sih ukurannya kecil-kecil, pantesan orang suka borong kalo pesen buat dibungkus. Mana puas makan dikit doang, iya ngga?

Kedua adik saya memesan mie yamin manis yang baso dan kuahnya dipisah. Sayang saya kelupaan ga nyobain rasanya. Saya sendiri memesan seporsi baso campur yang berisi lengkap kelima jenis baso. Semuanya enak-enak, empuk-empuk. Tapi lagi-lagi, ukurannya juga kecil-kecil, sama kayak baso gorengnya. Tapi karena dapet lima, jadinya lumayan kenyang juga sih. Dan buat penggemar baso, faktor rasa kuah juga tentunya ga kalah penting, karena Baso Arief ini punya rasa kuah yang gurih banget rasa kaldunya. Saya yang udah lama ga makan baso enak, rasanya jatuh cinta pada cicipan pertama deh sama kuahnya.

Baso Campur IDR 15K
Mie Yamin IDR 17K
Baso Goreng IDR 2K

 

Baso Arief
Jalan Wira Angun Angun No. 20 Bandung
Click for Google Maps

Satu pemikiran pada “Baso Arief, One of The Best Meatballs in Bandung!

Tinggalkan komentar