Kupat Tahu Gempol yang Legendaris (Bandung)

Ini dia salah satu kuliner legendaris Bandung, yang pernah disebut-sebut sama Kang Ridwan Kamil alias Kang Emil dalam wawancara di sebuah majalah. Eh, sejujurnya, saya malahan jadi kepincut mau dateng ke sini gara-gara baca wawancara itu. Jadi ceritanya Kang Emil ditanya gini sama yang mewawancara, “Makanan apa yang mesti dicoba di Bandung?” dan salah satu jawaban Kang Emil adalah Kupat Tahu Gempol. Iya juga ya. Saya dulu pernah sekali makan di sini. Oke juga nih kalo ke sini lagi buat ngebikin review-nya.

DSCF8480 (800x533)

Lokasinya sebenernya deket ama Gedung Sate lho, tapi ya agak “terpencil” aja. Udahnya lokasinya ga di pinggir jalan gede, jalannya pun cul-de-sac alias buntu. Kalo dari arah Gedung Sate, kamu bisa ngambil ke arah Jalan Trunojoyo, terus belok kiri ke Jalan Sultan Tirtayasa, terus belok lagi ke Jalan Gempol. Tanda-tandanya, kamu bisa ngeliat restoran jepang yang namanya Midori. Eh iya, mendingan sih kamu parkir di depan atau sekitaran Midori aja. Jangan masuk. Selain jalannya sempit, ga ada space parkir juga. Mending jalan aja dikit daripada rempong nyari parkir mobil.

Kupat Tahu Gempol ini kayaknya sih jualannya cuma pas pagi-pagi aja. Waktu saya dateng sekitar jam 9an dan udah rame dikunjungi orang. Tempat duduknya pun amat sangat terbatas, palingan cuma bisa nampung 10an orang. Saya aja mesti numpang duduk di depan yang jualan gorengan di sebelahnya.

DSCF8474 (800x535)

Kalo cuma diliat dari penampilan, ga ciri khas khusus. Eh, bentar. Kayaknya ada deh. Nah, kamu bisa liat kan si kerupuk merah itu? Kupat tahu lainnya biasanya kan cuma pake kerupuk berwarna oranye yang biasa suka dikasih sama tukang nasi goreng. Kalo di sini, kerupuknya pake kerupuk merah alias kerupuk terasi. Kerupuk merah ini biasanya keluarga saya pake kalo pas bikin ketupat lebaran. Rasanya emang lebih enak sih.

Kalo dari segi rasa, kupat tahu Gempol ini tergolong kupat tahu yang cita rasanya manis. Itu juga yang bikin papah saya kurang suka. Terlalu manis. Emang sih, tapi itu juga tergantung selera masing-masing. Kalo buat saya sih masih oke-oke aja. Selain dari bumbu kacangnya, lain-lainnya standar aja. Tahu kuning yang ga digoreng terlalu mateng, toge rebus, dan potongan ketupat. Uuudah deh.

Kupat Tahu IDR 15K

 

Kupat Tahu Gempol
Jalan Gempol Kulon No. 53 Bandung
Click for Google Maps

gempol

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s