Dateng ke Sate Pak Bustaman, Eh Malah Sop Sumsumnya yang Enak (Jakarta)

Dalam satu tahun terakhir ini, cara saya menjangkau kantor berubah berkali-kali. Dari awalnya saya ngekos di Percetakan Negara, terus abis nikah pindah ngekos di belakang komplek Perkantoran Hijau Arkadia, terus sekarang pindah lagi ke Perumahan Depok Maharaja. Sekarang saya jadi anker, anak kereta, begitu sebutan gaulnya. Tiap hari kalo mau ke kantor ataupun pulang, saya naik kereta listrik dari Depok Baru sampe ke Manggarai.

Nah, dari Manggarai saya ngelanjutin perjalanan ke kantor naik sepeda motor. Di jalur ke kantor, yaitu di daerah Matraman deket kantor pajak Jatinegara, ada sebuah warung sate yang menarik perhatian saya. Sebenernya sih kalo saya lewat sana pagi-pagi jam 9 masih sepi banget sih. Tapi kalo ngeliat ratingnya di Google Maps, nilainya 4.6 dari dua ratusan ulasan. Keliatannya sih cukup meyakinkan untuk dicoba. Makanya, saya akhirnya nyoba mampir deh. Kalo baca ulasan orang di Google Maps, mereka dulunya berjualan di bawah jembatan kereta. Ga tau deh jembatan yang mana, mungkin yang jembatan Jatinegara. Tapi yang pasti tempat yang sekarang udah jauh lebih nyaman dong.

Menu makanannya ga banyak variasi, seperti rumah makan yang menyajikan sate pada umumnya. Ada sate kambing dan ga lupa temen-temen setianya, ada sup kambing, sup sumsum, dan sup tengkleng. Buat yang ga suka kambing, jangan khawatir, ada juga sate ayam, satu-satunya menu yang bukan kambing. Minumannya ga macem-macem, cuma ada jeruk, teh, dan air mineral. Simpel dan ga bikin bingung!

Pas saya tanya pramusaji menu apa yang jadi favorit di sini, ga dinyana, jawabannya ternyata bukan sate kambing melainkan sop sumsum. Laaaah? Tapi ya udah, saya tetep nyobain juga sate kambingnya tapi cuma lima tusuk. Seperti biasa, saya mesen satenya pake saus kacang, tapi kalo cuma mau pake kecap pun tentu bisa. Daging kambingnya empuk dan lezat. Dan mungkin yang paling penting buat sebagian orang, ga prengus alias berbau kambing.

Nah, ini dia hidangan utamanya, sup sumsum kambing dengan porsi yang wow. Sup dengan kuah kaldu yang cenderung bening ini berisi daging dan kikil kambing lengkap dengan tentunya tulang-tulang berisi sumsum lembut yang bisa kamu seruput sampe puas. Sumsumnya begitu sampe di mulut langsung lumer. Kuah kaldunya juga pas, ga terlalu kental sehingga ringan di lidah. Pokoknya enak banget deh! Ga salah kalo sup ini jadi favorit para penggemarnya. Walau buka sampe sore, sup sumsum kambing banyak dipesen pas jam makan siang sehingga jangan terlalu berharap bisa ngedapetin menu ini kalo kamu dateng kesorean!

Sop Sumsum Kambing IDR 50K
Sate Kambing 5 Tusuk IDR 25K
Nasi IDR 5K
Es Teh Tawar IDR 3K

Sate Pak Bustaman
Jalan Slamet Riyadi, Matraman, Jakarta Timur
Click for Google Maps

2 pemikiran pada “Dateng ke Sate Pak Bustaman, Eh Malah Sop Sumsumnya yang Enak (Jakarta)

Tinggalkan komentar