Mau Nyoba Masakan Padang yang Asli? Cobain ke RM Surya (Jakarta)

Kalo kamu pernah coba googling rumah makan Padang yang paling enak di Jakarta, pasti akan beberapa kali nemuin nama rumah makan yang satu ini, Rumah Makan Surya. Entah apakah ulasan-ulasan tersebut saling meng-copas tulisan satu sama lain, tapi skor beserta review yang ada di Google Maps sepertinya cukup bisa dipercaya, 4.4/5 dari lebih dari 400 orang yang ngasih review. Itu mestinya orang-orang beneran kan yang ngasih skor dan review, bukan bot atau akun bodong? Hehehe. Yah, keliatannya worth buat dicobain. Maka sekitar jam 2 siang, berangkatlah saya dari kosan, setelah seharian di kosan doang, belom makan pagi dan siang.

IMG_8208 (1280x854)

IMG_8222 (1280x854)

Daerah Benhil udah ga asing buat saya. Beberapa kali saya pernah kulineran ke sini, terakhir waktu ngedatengin pasar takjilnya yang terkenal. Pernah juga saya makan di rumah makan Padang Bopet Mini yang sering didatengin temen kantor saya, Alda, yang orang Minang juga. Nah, Rumah Makan Surya ini lokasinya sangat deket dengan Bopet Mini tadi. Karena mungkin udah agak sore, suasananya lengang. Tersedia ruangan non AC dan ruangan ber-AC, ruangan yang terakhir baru saya ketahui belakangan soalnya ga ada karyawannya yang ngasih tau saya pas baru dateng. Untungnya pas saya makan ga pengunjung lain yang ngerokok, males banget deh kalo nyium bau rokok yang bikin dada sesak.

menu rm surya 01

menu rm surya 02

Karena beberapa minggu sebelumnya saya baru aja ke Rumah Makan Malah Dicubo di Bandung, saya bisa bilang menu di Rumah Makan Surya ini terlalu biasa, ga ada yang aneh-aneh atau yang jarang ditemui. Mungkin pengunjungnya lebih banyak yang bukan orang Minang yang taunya masakan Padang ya cuma ayam goreng, kikil/tunjang, atau rendang doang. Tapi buat orang Minang sendiri yang mungkin udah bosen makan dengan menu-menu yang biasa, di sini ga banyak pilihan alternatif. Nilai plusnya, di sini ada nasi goreng, soto, sate, dan martabak telor. Jadi dari menu-menu masakan yang populer di sini terbilang lengkap sih. Dari segi harga terbilang normal, saya ngebandinginnya harga menu di Rumah Makan Pagi Sore, yang jelas bukan harga mahasiswa.

IMG_8213 (1280x854)

Kalo ngebaca review orang-orang, katanya rendangnya enak, jadi saya pesen satu. Tapi karena kalo makan nasi Padang saya selalu mesen gulai tunjang, maka saya pesen juga seporsi tunjang. Lalapan daun singkong dan sayur nangka masak masih sore udah abis, jadinya diganti sayur kacang panjang. Rendangnya memang enak, warna bumbunya gelap dengan rasa yang cukup kuat, dagingnya pun empuk. Gulai tunjangnya sendiri memiliki rasa kuah gulai yang Padang banget. Tunjangnya sendiri ukurannya cukup gede, empuk, dan sengaja saya kasih instruksi biar ngambil yang ga ada tulangnya.

IMG_8220 (1280x853)

Karena belum makan pagi dan siang, saya merasa kayaknya bisa nih beli soto padang juga. Mumpung lagi di sini kan, sekalian aja nyobain menu masakan Padang favorit saya ini. Soto Padangnya enaaak! Ini kayaknya salah satu soto Padang terenak yang pernah saya makan. Pas di suapan pertama, saya langsung suka ama kuahnya yang terasa segar dan gurih tapi dengan kadar yang cukup. Menurut saya bumbunya pas, pas, pas! Harganya emang lumayan mahal, tapi porsinya gede cukup gede. Makan ini aja ga pake nasi juga udah bikin kenyang. Dendengnya banyak, kriuk kriuk pula, deh pokoknya.

Nasi Rendang IDR 28K
Tunjang IDR 19K
Soto Padang IDR 30K

 

RM Surya
Jalan Bendungan Hilir No. 5, Tanah Abang, Jakarta Selatan
Click for Google Maps

5 pemikiran pada “Mau Nyoba Masakan Padang yang Asli? Cobain ke RM Surya (Jakarta)

Tinggalkan komentar