Makan Sore di Bopet Mini (Jakarta)

Setelah berkali-kali gagal ke sini gara-gara temen janjiannya ga jelas banget kalo bikin jadwal, akhirnya saya malah ngajakin keluarga saya buat makan di sini. Ceritanya mereka lagi dateng ke Jakarta buat menghadiri nikahan sepupu saya. Iya, sepupu saya, bukan saya. Saya sih, ehm, doain aja ya, hehehe… #salahfokus

Katanya sih, Rumah Makan Bopet Mini ini dulunya ada di dalem Pasar Benhil yang sekarang dibongkar untuk dibangun entah apa. Sebagian pedagang pindah bangunan bertingkat sementara yang ada di sebelahnya, sementara Bopet Mini pindah ke atas Sinar Matahari Photo.

DSCF2941 (854x1280)

Menu lauk yang tersedia sama dengan di rumah makan padang pada umumnya. Yang menarik sih justru menu-menu kayak bubur kampiun, surabi, lupis, ketan sarikaya, ketupat sayur, pecel padang, soto padang, sate padang, nasi goreng, mie goreng. Wih, ga salah kalo banyak orang yang dateng ke sini. Pilihannya banyak sih, super lengkap!

DSCF2945 (1280x856)

DSCF2946 (1280x854)

Berbeda kayak di rumah makan padang lainnya, mereka ga menyajikan berpiring-piring lauk ke meja. Kecuali menu kayak ketupat dan kue-kue manis, lauk pauk bisa dipilih sendiri secara prasmanan atau kalo orang padang menyebutnya bopet (alias bufet). Perhitungannya dilakukan nanti di kasir pas kita udah selesai makan.

DSCF2958 (1280x855)

Di ruangan yang ga terlalu luas itu, keluarga saya lalu memilih duduk di kursi yang menghadap jendela dengan pemandangan Jalan Bendungan Hilir.

DSCF2951 (1280x853)

Saya seperti biasa ngambil gulai tunjang, nasinya dikit aja, soalnya kan mau nyobain banyak menu lain. Karena bisa milih sendiri, saya bisa ngambil tunjang yang ukurannya relatif gede dan saya juga bisa ngecek sendiri keempukannya. Rasa tunjangnya sendiri emang padang banget. Kemungkinan rasanya khas dari suatu daerah di Sumatra Barat, tapi saya ga ahli soal itu. Saya nyobain juga rendangnya yang berwarna coklat gelap menggoda. Jarang-jarang rendang yang disajiin di rumah makan padang ada kacang merahnya karena di sini ada kacangnya. Terus dagingnya juga empuk banget tapi tetep ga kehilangan tekstur dagingnya.

DSCF2966 (1280x854)

Soto padang adalah salah satu soto favorit saya dan karena mereka menjual soto padang, udah pasti lah saya ga wajib nyobain juga. Ga lupa saya kasih sambel berwarna merah yang emang khusus buat soto padang. Dan wow, soto padangnya enak loh! Dagingnya kriuk-kriuk, ukurannya gede, dan ini nih, banyak! Bisa nih dimakan buat dua porsi nasi.

DSCF2949 (1280x853)

Papah beli sate padang, yang pada akhirnya kita bantai rame-rame. Emang kekurangannya sate padang ini bumbunya cepet dingin. Terus kalo di sini, satenya daging semua, ga ada usus dan lidah. Walaupun dagingnya empuk puk puk, kayak rendangnya, saya tuh kalo beli sate padang itu selalu pake usus ama lidah.

DSCF2953 (1280x853)

DSCF2959 (1280x854)

Nah, ini dia yang jadi favorit di sini, bubur kampiun! Konon yang paling enak di Bendungan Hilir. Karena udah keburu kenyang abis makan tadi di resepsi, mamah jadinya makan ini doang, ga makan nasi. Tapi padahal kan tetep ya, makan bubur yang manisnya kayak gini mah kenyang banget. Sayang, saya ga sempet nyobain karena mamah saya makannya lahap banget dan tau-tau udah tinggal satu suapan aja. Walau nyesel juga ga nyobain, tapi saya kan ga tega kalo mesti minta suapan terakhir. Tapi kalo mamah saya makannya sampe kayak gitu sih, berarti emang beneran enak. Selain bubur kampiun, mamah juga beli ongol-ongol yang rasanya juga enak. Tapi karena udah kenyang banget, akhirnya dibungkus deh.

Nasi Rendang IDR 22K
Nasi Limpa IDR 21K
Tunjang IDR 18K
Soto Padang IDR 23K
Sate Padang IDR 27K
Bubur Kampiun IDR 17K
Ongol-Ongol IDR 7K
Ayam Goreng IDR 17K
Cincang IDR 27K

 

RM Bopet Mini
Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Selatan
Click for Google Maps

bopet-mini.jpg.jpg

Satu pemikiran pada “Makan Sore di Bopet Mini (Jakarta)

Tinggalkan Balasan

