Gundukan Topokki di Spicywon (Bandung)

Seiring dengan semakin meningkatnya popularitas K-Drama dan K-Pop, orang-orang juga makin tertarik dengan segala hal yang berkaitan dengan budaya Korea. Mulai dari bahasanya, pakaiannya, objek wisatanya, dan tentu saja kulinernya pun ga luput. Liat aja deh bagaimana penjual topokki (atau sering juga ditulis tteokbokki) menjamur. Nah, salah satu penjual kuliner-kuliner Korea yang lagi hits di Bandung adalah Spicywon. Saat ini cabangnya, mereka nyebut cabang dengan Season, emang belom banyak sih. Baru di Tamansari dan di Bengawan.

Tadinya saya ama Nanda tuh mau pergi ke Spicywon Tamansari karena ini cabang pertama dan juga udah banyak review-nya di sini. Tapi bingung, udah sampe muterin Jalan Tamansari dua kali masih ga ketemu juga. Kayaknya agak masuk ke jalan kecil gitu ya, mobil bisa sih tapi rada susah. Ga tau juga kalo akhirnya dipaksain masuk apakah ada parkirannya atau ngga. Akhirnya saya banting setir deh ke Jalan Bengawan aja. Di cabang yang kedua ini, Spicywon nebeng tempat sama Makeupuccino.

Karena tempat duduknya ada di teras belakang, saya ama Nanda mesen dulu di kedai mereka yang ada di depan, tepat di samping pintu masuk Makeupuccino. Kedai ini merangkap dapur juga, semuanya udah tinggal goreng, tinggal angetin, tinggal rebus. Kayaknya ga ada menu yang ribet sih penyajiannya, kayak nyiapin mie bakso aja, sehingga cocok buat kamu yang mau nyobain bisnis kuliner. Buat yang mau topping tambahan, ada macem-macem topping yang bisa kamu pilih, di antaranya ada odeng, sosis, katsu, atau kimchi.

Di teras belakang ini berjajar kursi dan meja kayu, mungkin kira-kira ada 10 sampe 15 meja lah paling banyak. Mejanya rada kecil sih, padahal kursinya ada empat. Karena dateng belum jam makan siang sekitar jam 11, pengunjungnya masih sepi. Tapi saya pernah liat di Instagram mereka kalo pas malem-malem suasananya rame banget, hampir semua meja penuh. Hiy, rada serem ya, mau jaga prokes bakalan rada susah.

Ga menunggu waktu lama, rabokki pesenan Nanda dateng. Rabokki ini singkatan dari Ramyeon dan Tteokbokki, dari namanya udah jelas ini campuran mie dan topokki. Serba karbo ya, hehehe, yang satu terbuat tepung gandum, yang satu lagi tepung beras. Rabokki ini disajikan dengan mozzarella dan taburan wijen sedikit, rumput laut sedikit, dan keju parut juga sedikit. Di menu, harga topokki 10 ribu, ramyeon 10 ribu, dan rabokki 20 ribu. Walau harganya dua kali lipat, tapi saya sih ga yakin kalo porsinya juga jadi dua kali lipat.

Selain rabokki, kita nyobain cemilan Korea yang bernama Mandu Chicken Shrimp. Pada dasarnya sih ini kayak gyoza kalo di restoran Jepang. Dan ada pilihannya sih, bisa dibakar atau direbus, silakan dipilih sesuai selera. Menyoal rasa, lumayan lah, isiannya lembut dan lebih terasa ayamnya ketimbang udangnya. Dan karena dibakar, aromanya juga jadi lebih harum. Sausnya sendiri menggunakan saus yang sama dengan topokki sehingga cita rasanya pedes, asem, sedikit manis.

Ini pertama kalinya saya makan hotteok. Katanya sih ini semacam pancake dengan isian saus manis. Kalo di Spicywon ini isinya saus cokelat dengan sedikit keju mozzarella, tapi kalo di Korea sana isiannya yang populer adalah cengkeh, kacang, atau gula merah. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, mulai banyak juga sih isian lainnya yang kekinian. Adonan hotteok-nya sendiri menurut saya dan Nanda mirip kayak roti maryam atau roti cane khas Aceh itu.

Cemilan terakhir yang kita cobain adalah Corndog Monster. Secara tradisional, corndog merupakan sosis tusuk yang disajikan dengan lapisan jagung giling. Namun kenyataannya ada juga sih yang isiannya diganti dengan misalnya keju mozzarella. Tapi di sini, isian corndognya merupakan gabungan keduanya, sosis dan mozzarella. Tapi sosisnya rada kecil sih, setelah beberapa gigitan baru ketemu. Rasanya sendiri biasa aja, ga ada yang spesial.

Alhasil, karena banyak yang dicobain, total semuanya jadi lumayan mahal juga. Sampe 75 ribu, belum termasuk pajak. Beberapa cemilan rasanya masih rada kemahalan jika membandingkan harga dengan porsinya. Apalagi kalo tadi napsu nambah topping-topping juga, bisa jebol nih dompet.

Rabokki IDR 20K
Mandu Chicken Shrimp IDR 15K
Hotteok IDR 10K
Corndog Monster IDR 15K
Blueberry Milk IDR 15K

 

Spicywon
https://www.instagram.com/spicywon.id/
Cabang Jalan Bengawan No. 15, Cihapit, Bandung
Click for Google Maps

Tinggalkan komentar