Nara Park, Tempat Makan Unik di Bandung Utara (Bandung)

Minggu kemaren saya ke Bandung bareng Fay. Ini pertama kalinya kita ke Bandung dengan berstatus suami istri. Penting banget ya ngasih tau beginian? Hehehe. Soalnya Fay itu emang tipe anak yang orang tuanya cukup menjaga pergaulan anak-anaknya dan ga ngebolehin anak-anaknya bepergian ke luar kota bareng pacarnya. Ada kecualinya sih, kalo anaknya mudik ke Karang Anyar atau ke Jogja masih dibolehin. Makanya, saya lumayan excited dengan rencana pulang ke Bandung kali ini. Kita bahkan ngerencanain romantic dinner segala, sempet menyasar Restoran Padma Hotel. Tapi ternyata kalo hari Sabtu dan Minggu di sana makannya cuma ada paket All You Can Eat dan itu harganya mahal buanget, 370 ribu seorang. Kita akhirnya nyari lokasi lain dan mutusin mau pergi ke Burgundy aja yang direkomendasiin adik saya, Ferdi. Namun karena ada sanak famili saya yang tiba-tiba meninggal, hari Sabtu kita jadi pergi ke Bogor dan membatalkan acara romantic dinner ini.

IMG_9450 (1280x853)

Hari Minggu menjelang subuh, kita udah sampe lagi di Bandung. Hari itu saya ama Fay dan Nanda berencana makan siang ke Nara Park yang berlokasi di Jalan Rancabentang. Di daerah yang sama juga ada Miss Bee Providore dan Waroeng Ethnic yang dulu pernah saya sambangin beberapa kali. Dan si Nara Park ini ternyata lokasinya berada tepat di sebelah Rabbit Town yang kontroversial itu. Kita dateng jam 11 siang dan untungnya pengunjung Nara Park masih belom terlalu banyak, saya bisa dapet parkir di tempat parkirnya Nara Park yang sempit banget, parkirnya sampe numpuk-numpuk saling menutupi. Pengunjung bisa parkir juga di Rabbit Town, ada jalan tembus ke Nara Park. Kayaknya yang punyanya sama deh. Kalo dua-duanya penuh, bisa juga parkir di pinggir Jalan Rancabentang yang sempit itu. Tapi dijagain preman kampung setempat dan ngasih tiket parkir yang tarifnya serasa bikin dipalak, 10 ribu sekali parkir. Sori aja ya Kang, ogah saya dipalakin.

IMG_9504 (1280x853)

Pas baru jalan dikit aja masuk ke area Nara Park, saya udah langsung jatuh cinta dengan suasana dan desain tempatnya, menurut saya sih emang keren dan asik bangeeet. Di tengah bangunan-bangunan, ada halaman rumput yang lumayan luas yang selain bisa dipake buat acara apapun, tapi saat itu sih ga ada acara dan pihak pengelola cuma menghamparkan tikar dengan banyak bean bag berwarna-warni yang mengelilingi empat buah meja pendek. Sedikit pengunjung yang mau makan di sana karena terik sinar mataharinya lumayan bikin keringetan.

IMG_9495 (1280x853)

IMG_9456 (1280x855)

Kita bertiga akhirnya memilih buat duduk di selasar yang dimiliki oleh Foresta Coffee. Tempatnya bagus banget, ga beratap dan menyatu dengan alam gitu rasanya. Pohon-pohon pinus berada di sebelah kiri dan kanan bangunan, beberapa malah sengaja dibiarkan menembus lantai bangunan yang terbuat dari kayu. Di atas bangunan, tulangan besi yang dicat putih abu hanya memberikan aksen aja karena emang ga ada fungsinya.

IMG_9463 (1280x854)

IMG_9464 (1280x853)

Buat kamu yang bingung, nih ya saya jelasin. Nara Park itu cuma nama tempatnya aja, bukan nama restorannya. Di Nara Park ini ada enam tenant, empat tenant nyediain makanan, yaitu Pamor, Porto Bistreau, Torigen Izakaya, Nanny’s Pavillon, sementara dua tenant sisanya nyediain minuman, yaitu Foresta Coffee dan Oval Bar and Lounge. Kombinasinya membuat hampir semua jenis makanan ada, masakan Indonesia disediain Pamor, masakan barat disediain Porto dan Nanny’s, masakan Jepang disediain ama Torigen. Kita bertiga pun menyengaja untuk mencoba menu-menu dari keempat tenant makanan, saya nyobain menu dari Pamor, Nanda nyobain menu dari Porto, Fay nyobain menu dari Nanny’s, dan dua menu dari Izakaya kita cobain bertiga.

IMG_9472 (852x1280)

Karena tempat nyiapin masakan dan minumannya berbeda-beda, datengnya juga misah-misah, ada yang cepet, ada yang lama. Tergantung pesanan pengunjung ke tenant-tenant tersebut. Menu yang dateng pertama kali adalah Magnum Latte yang jadi pesenan Nanda. Minuman ini dipesan karena terinspirasi oleh pesenan pengunjung di sebelah kita, sambil bisik-bisik malu ke mbak pramusaji, “Mbak, itu namanya apa?” sambil memberi kode mata ke arah minuman si pengunjung sebelah. Ternyata peribahasa rumput tetangga keliatan lebih hijau berlaku di sini, karena Magnum Latte-nya emang enak. Rasa kopinya pas, apalagi ada es krim vanila yang memberi aksen rasa manis.

IMG_9487 (1280x853)

Minuman lain yang kita pesen tapi datengnya sebenernya agak lama adalah Detox Water pesenannya Fay dan Pink Lady pesenan saya. Detox Water ini intinya adalah infused water yang dikasih potongan buah stroberi dan irisan buah lemon. Udah tau kan rasanya infused water? Ga enak, udah deh ga usah dibahas, kekekek. Sementara Pink Lady adalah jus semangka yang di atasnya dikasih satu scoop es krim vanila, mirip kayak punya Nanda. Di bagian bawahnya ada sirop berwarna hijau dan soda yang membuatnya jadi terlihat cantik. Kalo ga karena Fay yang bilang, “Bagus ya, mirip buah semangka”, saya mungkin ga akan ngeuh.

IMG_9474 (1280x855)

Menu makanan yang paling pertama dateng adalah gyoza. Pas banget, karena porsinya dikit dan ukurannya pun pas buat sekali hap, rasanya jadi kayak makanan pembuka. Seporsi gyoza isi lima dateng dengan sebuah wadah kecil yang berisi kuah gurih untuk dicocolin si gyoza. Rasa Gyozanya enak, kita semua suka. Kulit pangsitnya lembut dan isinya pun berupa daging cincang yang udah dikasih bumbu tertentu.

IMG_9475 (1280x856)

Sejurus kemudian, datenglah Steak de Porto pesenan si Nanda yang harganya mahal banget ini. Seumur-umur harga steak paling mahal yang pernah saya beli yaitu steak wagyu Holycow di Jakarta waktu saya ulang tahun bertahun-tahun lalu. Tapi, setelah mencicipi, saya jadi ngerasa harganya cukup pantas, karena ini merupakan salah satu steak terenak yang pernah saya makan. Daging yang dimasak dengan tingkat kematangan medium well ini lembut banget, ga susah dipotog sekalipun tebel. Terus juicy banget juga, pas dipotong cairannya keluar ke mana-mana. Rasanya kayak lagi nonton acara masak siaran acara masak di TV kabel deh. Dan belum lagi rasanya yang gurih banget, untung saya masih inget ini steak pesenan Nanda. Kalo ngga, pasti saya udah keterusan deh.

IMG_9477 (1280x854)

Pesenan Fay adalah Janice’s Fish and Chips yang kayaknya sih ikan dori yang digoreng tepung. Rasanya menurut saya cukup enak deh, tapi level enaknya ga seenak si steak tadi. Tapi menurut saya daging ikannya terlalu tipis, sementara tepungnya agak tebal. Sebenernya sih ketebalan tepungnya pas aja kalo daging ikannya ga setipis itu. Abis nyobain satu suap pun saya ga merasa pengen nambah lagi. Eh tapi jangan salah ya, enak sih, tapi saya merasa ini masih kurang worth it.

IMG_9481 (1280x855)

Pesenan saya sendiri Iga Bakar dari Pamor, yang pas dateng ternyata mirip kayak konro bakar. Pernah makan konro bakar? Konro itu kan daging iga yang dibakar bersama tulang-tulangnya dan dikasih bumbu kacang yang gurih. Lah, ini kan jadinya lebih cocok dikasih nama konro bakar ya, bukan iga bakar. Tapi anyway, rasanya juga enak. Kalo menurut Nanda yang nyicipin, rasanya jadi mirip sate. Ah, peduli amat deh. Pokoknya saya suka, terutama emang karena pake bumbu kacangnya sih. Selain itu, pembakarannya pas, dagingnya empuk, ga kalah ama si steak, pun jumlahnya banyak. Jadinya makannya ngerasa puas.

IMG_9491 (1280x854)

Menu yang paling terakhir dateng, kita bahkan sempet mikir mereka kelupaan, adalah Salmon Crispy Roll yang isinya ada delapan potong sushi. Irisan salmon mentah ditaro di atas gulungan nasi yang di dalemnya ada potongan kecil kani crab stick dan remah-remah kayak kremes yang memberikan efek renyah alias crispy sesuai namanya. Di atas irisan salmon ada sedikit saus mentai yang sedikit dipanggang dengan menggunakan torch burner. Lagi-lagi, kita bertiga suka sama sushi-nya. Rasanya emang enak dan cuma makan dua tiga potong aja rasanya masih kurang.

IMG_9507 (1280x853)

IMG_9512 (1280x853)

Abis makan, kita menjelajah bagian belakang Nara Park yang masih dalam tahap pembuatan. Di sini ada tempat bermain anak yang mirip kayak Farmhouse Susu Lembang gitu, ada rumah panggung berbentuk pesawat, rumah pohon berbentuk balon udara, rumah hobbit, dan keliatannya juga akan ada semacam kebun binatang kecil yang entah akan diisi hewan apa. Hal ini membuat Nara Park ga cuma jadi tempat makan aja tapi juga akan bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan buat anak-anak.

IMG_9517 (1280x854)

Satu-satunya kekurangan paling krusial yang dimiliki Nara Park adalah ruangan mushola yang kecil banget, itupun sebenernya diperuntukkan bagi karyawan, gabung pula cowok ama cewek. Ruangannya cuma muat untuk delapan orang, tapi orang di baris kedua pantatnya dijamin nyium tembok kalo pas rukuk. Saya ga kebayang kalo ada acara yang ngelibatin banyak pengunjung muslim sementara waktu sholatnya sempit, misalnya pas mau shola magrib di bulan puasa. Kayak apa antreannya? Apa mungkin disediain tempat darurat lain oleh pengelolanya? Yah, semoga aja kayak gitu ya. Tapi menurut saya sih, musholanya digedein aja deeeh.

Iga Bakar IDR 95K
Steak de Porto IDR 189K
Gyoza IDR 35K
Salmon Crispy Roll IDR 69K
Janice’s Fish and Chips IDR 75K
Magnum Latte IDR 39K
Detox Water IDR 25K
Pink Lady IDR 39K

 

Nara Park
Jalan Rancabentang No. 28 Bandung
Click for Google Maps

Satu pemikiran pada “Nara Park, Tempat Makan Unik di Bandung Utara (Bandung)

Tinggalkan komentar