Hoka Hoka Bento, Restoran Jepang Sejuta Umat (Depok)

Siapa sih yang ga tau Hoka Hoka Bento atau lebih dikenal dengan singkatan HokBen? Jaringan restoran siap saji yang mengandalkan menu-menu masakan khas Jepang ini hadir pada tahun 1985 di Kebon Kacang, Jakarta. Ga seperti jaringan restoran cepat saji seperti McD atau KFC yang didatangkan dari luar negeri, HokBen ini merupakan merk asli Indonesia lho! Perlahan tapi pasti, HokBen menyebar ke seluruh Jawa dan Bali dan hingga kini udah memiliki lebih dari 140 cabang. Tahun lalu HokBen malahan baru aja memulai ekspansinya ke Sumatera dengan membuka cabang pertama di Bandar Lampung.

Sama kayak di restoran siap saji lainnya, di HokBen pun sistemnya mesen dulu baru nyari tempat duduk. Bedanya, di sini nyaris semua menu yang ada udah terpampang di depan mata, kayak mau beli makan di kantin. Kalopun ada menu yang ga ada karena abis, misalkan beef yakiniku, kita masih bisa memesannya. Nanti pramusaji akan menginformasikan lama waktu menunggu. Paling lama bisa sampe setengah jam sih.

Kalo kamu udah lama ga ke HokBen, sekarang menu HokBen udah jauh lebih bervariasi dan banyak pilihannya. Untuk memudahkan pengunjung, biasanya menu-menu ini sudah dikombinasikan dalam berbagai jenis paket. Kamu tinggal memilih menu yang mengandung menu yang paling banyak kamu suka. Isinya hampir akan selalu ada yakiniku atau teriyaki yang dibuat dari daging sapi atau ayam. Kombinasi side dish-nya diambil beberapa dari berbagai pilihan seperti tori no teba, ebi furai, ebi fried, shrimp roll, egg chicken roll, kani roll, dan tori ball.

Kalo pengen nambah menu side dish yang ada di paket kombinasi tadi, misal cuma pengen ekkado atau ebi furai-nya aja, tentu bisa. Di daftar menu ala carte ini tercantum semua daftar harganya. Namun tentu satu porsinya bisa jadi berisi dua hingga empat butir lauk yang dimaksud. Dengan cara ini juga kamu bisa menghindari memesan menu teriyaki dan yakiniku yang ga diinginkan, tapi ya palingan harganya jadi agak bengkak aja karena harga paket akan lebih murah.

Paket Premium B Seafood yang Fay pesen berisi beef yakiniku, ekkado, ebi furai, dan shrimp roll. Beef yakiniku warnanya pucat, kalo dibandingin dengan teriyaki, pun rasanya asin. Kalo teriyaki warnanya cokelat tua dan selain rasa asin, ada rasa manisnya. Dan kalo kamu suka paprika, cuma yakiniku yang ada paprikanya, teriyaki ga ada. Mungkin tujuannya untuk “meningkatkan penampilan”nya yang kurang menarik itu tadi.

Kalo kamu bertanya-tanya, “Terus mana seafood-nya?”, nah, seafood-nya itu ada di side dish-nya, yang terdiri dari ekkado, ebi furai, dan shrimp roll. Ekkado ini merupakan gorengan hasil kreasi HokBen yang ga akan kamu temuin di tempat lain, isinya ada telur puyuh, olahan daging udang, dan dibungkus oleh kulit tahu. Ini salah satu favorit saya kalo makan di sini. Favorit lainnya adalah ebi furai, yaitu produk olahan udang yang dilapisi tepung roti. Renyah da nikmat! Dan yang terakhir, lagi-lagi udang, yaitu olahan udang yang dibungkus telur dan tepung roti.

Biar ga kering semua, Fay mesen miso soup. Isinya cuma ada potongan kecil-kecil tahu yang juga ga banyak, ga sesuai ama fotonya. Menurut saya sih rasanya biasa dan kurang worth it. Kalo mau kuah-kuahan, sekarang di HokBen ada menu sukiyaki dan sup-supan selain miso soup ini, yang isinya rata-rata pada dasarnya dimsum sih.

Ini juga menu yang iseng aja pengen dicoba aja, taro soft pudding. Rasanya mirip kayak puding punyanya Puyo Silky Dessert yang banyak dijual di mal-mal. Kamu pernah nyobain ga? Itu puding emang enak sih, sesuai namanya, lembut seakan-akan selembut sutera. Tapi harganya mahal banget deh. Saya cuma pernah beli sekali.

Udah beberapa minggu ini Fay seneng makan takoyaki. Makanya tadi pas diajakin ke HokBen, dia ga nolak. Mungkin karena ngarep di HokBen ada takoyaki. Emang ada sih, tapi rasanya biasa aja. Adonannya kurang kenyal dan kalo ga disajiin langsung setelah dimasak, takoyaki yang berisi gurita kecil ini akan kurang nikmat. Satu porsi takoyaki ini juga isinya cuma tiga butir. Kenapa ga genap? Kan yang terakhir jadi rebutan, hehehe.

Premium B Seafood IDR 57.5K
Taro Soft Pudding IDR 18K
Takoyaki 3 pcs IDR 15.5K

 

Hoka Hoka Bento
https://www.hokben.co.id/
Cabang Theatre Food Margonda, Jalan Margonda Raya No. 222c, Beji, Depok
Click for Google Maps

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s