Baso Aci Ganteng, Yang Dateng Cantik-Cantik! (Bandung)

Beberapa waktu yang lalu saya baru tau kalo ada kuliner baru yang unik di Bandung, namanya baso aci. Dari namanya sih mestinya udah bisa ditebak ya, kalo baso yang satu ini sama sekali ga mengandung sapi. Kalo kita biasanya makan bakso, “Ih, apaan nih, isinya tepung doang, ga ada dagingnya!”, tapi khusus bakso yang satu ini, isinya emang tepung alias aci doang! Nah, di Bandung ada beberapa penjual baso aci, yang paling terkenal yaitu Baso Aci Mas Jay dan Baso Aci Ganteng. Pilihan akhirnya jatuh ke Baso Aci Ganteng bukan karena yang ini lebih enak sih, sederhana aja, karena posisinya lebih deket dari rumah saya, hehehe. Oke, pada suatu siang yang ga spesial, saya dan mamah saya yang lagi pergi bareng berdua mampir ke cabang Baso Aci Ganteng yang ada di Ciumbuleuit.

IMG_8619 (1280x855)

IMG_8628 (1280x853)

Naik dikit setelah melewati Universitas Parahyangan, di sebelah kiri jalan kamu bisa menemui kedai Baso Aci Ganteng yang suasananya lagi sepi. Lagian emang mereka baru buka jam 11an sih. Pas saya baru dateng aja, si daging tetelan masih dimasak, walaupun untuk menu yang lain udah ready sih. Dua buah meja bertaplak kotak-kotak merah dan putih tampak mendominasi ruangan tak berdinding yang mengundang angin hangat sepoi-sepoi. Masing-masing meja mampu menampung hingga 8 pengunjung tanpa perlu berdesak-desakan. Set botol-botol berisi kecap manis, saos cabe, wadah berisi sambel, dan kota tisu berada di setiap penghujung meja. Di sisi terjauh, ada gerobak si penjual, tempat serupa dapur yang siap menerima pesanan dari setiap pengunjung.

IMG_8618 (855x1280)

Menu yang ditawarkan tertempel di samping gerobak, ada berbagai menu ganteng yang dari ngebacanya aja udah berhasil membuat air liur menetes. Semua menu diawali kata ganteng, ada menu Ganteng Aja, Ganteng Pisan, Ganteng Banget, dan Ganteng Maksimal. Isi dari masing-masing menu bisa dibaca dengan jelas, menu paling sederhana terdapat di menu Ganteng Aja yang berisi baso aci, cuankie, cuankie tahu, dan sukro cikur. Menu yang isinya paling lengkap ada tambahan daging tetelan sapi dan ceker ayam. Udah tau lah yaa saya bakalan mesen yang mana, menu Ganteng Maksimal, kayak saya.

IMG_8625 (1280x856)

Setelah beberapa menit saya berada di sana, beberapa pengunjung lain dateng dan semuanya adalah perempuan. Ada yang keliatannya masih mahasiswa, dan ada juga yang dari bajunya sih keliatan kayak PNS lagi mabal. Rupanya baso aci ini peminatnya umumnya perempuan ya. Mungkin karena dari foto atau artikel yang banyak beredar di internet, baso aci ini rasanya pedes. Padahal sih sambelnya nambahin sendiri sesuai selera dari wadah yang ada di meja. Saya sih nambahin sedikit aja, ga berminat makan pedes-pedes ntar makannya ga nikmat. Sukro cikur tampak mendominasi, sementara baso aci tertimbun di bagian bawahnya. Daging tetelan yang super empuk dan gurih bersama dengan dua ceker ayam berada di tumpukan paling atas, mangkoknya bener-bener penuh sampe susah ngaduknya. Baso acinya diolah dengan baik dan rasanya empuk banget, enak deh. Sementara kuahnya sebenernya gurih, tapi siang itu saya mungkin kebagian kuah yang masih baru sehingga agak asin. Yah, gapapa lah, mungkin lagi sial aja, namun secara keseluruhan sih saya suka dan ngerekomendasiin banget buat kamu cobain juga.

Ganteng Maksimal IDR 20K

 

Baso Aci Ganteng
Cabang Jalan Bukit Tunggul No. 116, Ciumbuleuit, Bandung
Click for Google Maps

Iklan

Satu pemikiran pada “Baso Aci Ganteng, Yang Dateng Cantik-Cantik! (Bandung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s