Makan Siang Soto Seger Mbok Giyem (Jakarta)

Postingan kali ini menandakan area kulineran saya di Jakarta yang akan banyak berubah ke depannya. Semenjak pindah dari kosan lama saya di Percetakan Negara ke kosan baru di Kebagusan, dalam rangka persiapan tempat tinggal pasca menikah, maka kulineran saya akan lebih banyak mengeksplorasi daerah Jakarta Selatan, dan mungkin juga ke arah Depok, serta di jalan yang saya lalui antara kosan dan kantor. Salah satu kuliner pertama deket kosan yang saya cobain adalah Soto Segeer Mbok Giyem yang berada ga jauh dari Stasiun Tanjung Barat. Soto yang aslinya berasal dari Boyolali, sebuah kabupaten di deket Solo, ini memiliki banyak cabang di Jakarta dan sekitarnya. Namun karena udah dikelola oleh keturunannya, ga semua cabang dikelola oleh orang yang sama. Suatu kali, saya pernah nyobain di cabang lain yang ternyata berbeda pemilik dan rasanya ga seenak di sini.

IMG_8667 (1280x855)

IMG_8656 (1280x854)

Kalo saya perhatiin setiap kali saya berangkat ke kantor, tempat yang udah buka dari jam 7 pagi ini udah didatengin pengunjung yang berniat untuk sarapan, walau emang suasananya akan jauh lebih rame pas jam makan siang. Parkir sepeda motor ga sulit, sementara parkir mobil menggunakan lahan kosong yang tersedia di belakang bangunan rumah makan. Setelah memesan ke pramusajinya yang cekatan, ga butuh waktu lama untuk memperoleh soto pesanan kita di meja. Mungkin yang agak sulit adalah mencari bangku yang kosongnya aja.

IMG_8665 (1280x854)

Ada enam buah meja kayu panjang yang tersedia, di tengahnya terdapat wadah-wadah berbagai macam lauk dan sate-satean. Ada tahu goreng tepung dan tahu goreng biasa, tempe garit, perkedel kentang, sate telur puyuh, sate sapi, sate kikil, sate paru, sate ati ampela, sate paru, risoles bihun, dan sosis solo. Hampir semuanya sempet saya coba karena setiap kali dateng ke sini saya cuma memesan seporsi nasi soto sehingga lebih banyak nyemil lauk dan sate-satenya. Apalagi rasanya pun enak-enak sehingga bikin ketagihan.

IMG_8661 (1280x857)

Pertama kali saya ke sini pas jam makan siang abis futsal bareng temen-temen kampus di belakang Citos. Perut lumayan laper apalagi sebelom berangkat futsal saya cuma minum Bear Brand ama Beng Beng. Di sini ada dua jenis soto, daging dan ayam, saya milih mencoba soto dagingnya dulu. Seperti soto khas Jawa pada umumnya, soto disajikan dengan menggunakan mangkuk kecil berdasar dalam yang sebenernya sih ga memuaskan ya. Saya memesan seporsi soto daging dengan nasi yang langsung dicampur di dalemnya. Isinya, selain tentunya daging sapi bagian has dalam, hanya ada toge, bawang goreng, dan daun seledri. Kuahnya yang bening itu, ternyata emang memiliki cita rasa kaldu sapi gurih yang jarang ditemui pada soto sejenis yang dijual di tempat lain. Buat yang suka gajih putih, bisa juga minta ditambahin ke dalam soto sapi yang dipesen, tentunya selama persediaan masih ada.

IMG_9355 (1280x908)

Berbeda dengan isian soto sapi, soto ayam kampung berisi bihun putih, bawang daun, sedikiiiit keripik kentang (cuma dua keping), dan bawang putih goreng. Kalo ngeliat isinya, soto ayam yang saya coba di kedatangan kedua ini rasanya lebih menggiurkan bagi saya karena saya suka bawang daun dan bawang putih goreng. Kuahnya pun menggunakan kaldu ayam sehingga cita rasanya lebih ringan namun tetep mantap. Pokoknya dua-duanya enak deh. Buat sarapan pas, buat makan siang pun tak masalah.

Soto Daging Campur IDR 12K
Soto Ayam Campur IDR 12K
Perkedel IDR 3K
Sate Usus IDR 3K
Sate Paru Basah IDR 5K
Sate Paru Kering IDR 6K
Sosis Solo IDR 3K

 

Soto Segeer Mbok Giyem
Cabang Jalan Raya Lenteng Agung No. 43, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Click for Google Maps

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s