Pengganti Cinta Lama, Sop Kaki Kambing Bang Ikin (Jakarta)

Gara-gara Asian Games, Sop Kaki Kambing Tiga Saudara favorit saya di daerah Pulomas bersama banyak pedagang lainnya digusur entah ke mana. Padahal tempatnya udah bagus di sana, kayak pujasera. Saya heran kenapa ga dikelola supaya jadi lebih bagus aja? Yah, intinya saya jadinya kehilangan tempat makan sop kaki kambing yang rasanya cukup enak tapi murah meriah. Sop kaki kambing lainnya di deket sana, cabang Sop Kaki Kambing Roxy, harganya muahaaaaal, nyaris dua kali lipatnya. Akhirnya saya coba nyari sop kaki kambing alternatif lain yang ada di deket kosan saya di Percetakan Negara.

IMG_8413 (1280x854)

IMG_8384 (1280x856)

Akhirnya dapet sih, walau lokasinya lumayan jauh juga di daerah Rawamangun, tepatnya di depan Pasar Rawamangun, Jalan Pinang Raya. Entah mereka satu afiliasi atau gimana, namanya juga menyandang titel “Tiga Saudara”. Seperti penjaja makanan kaki lima pada umumnya, mereka baru mulai berjualan jam 5 sore, untuk amannya ambil aja jam 6 sore pas mereka udah beres bersiap-siap. Tendanya lumayan gede sehingga bisa menampung banyak orang di bawahnya, ada dua buah meja panjang dan dua buah meja yang lebih pendek. Di sisi jauh, terdapat meja yang berfungsi sebagai meja “prasmanan” plus dapur.

IMG_8383 (1280x855)

IMG_8412 (1280x854)

Saat kain merah disingkap, di bawahnya terdapat enam buah baskom logam yang berisi bermacam pilihan daging dan jeroan kambing. Jadi sebenernya ga cuma kaki kambing aja yang ada di sini. Pilihan lainnya mirip kayak tengkleng, ada usus, telinga, lidah, pipi, mata, babat, otak, bahkan torpedo alias kelamin si pengembik. Untuk dua jenis jeroan yang terakhir saya belom pernah coba sih. Kadang ada isian yang diitung dua karena ukuran potongannya yang emang gede atau harganya yang udah mahal dari sononya. Karena sistemnya “prasmanan” tadi, kita bisa ngambil sendiri sesuka kita, tentu saja dalam arti yang ukuran potongannya relatif lebih gede dibandingkan dengan yang lainnya. Ga mau rugi banget, hehehe.

IMG_8388 (1280x854)

IMG_8397 (1280x854)

Ini enaknya makan di sini. Harga per potongnya standar, 10 ribu rupiah aja. Emang sih, di tempat lain kadang masih ada yang jualnya 5 ribu per potong, tapi di sini ukurannya gede-gede! Kalo seporsi sop isi standarnya 5 potong, di sini makan 4 potong aja isinya udah banyak banget. Puas deh! Biar makin mantep asam uratnya, di meja juga ada kerupuk emping yang siap menemani tiap menyantap jeroan, hehehe. Selain sop kaki kambing, di sini ada sate kambing juga, tapi saya belom pernah coba tapi berniat untuk mencoba di lain hari.

Sop Kaki Kambing IDR 40K
Nasi Putih IDR 5K
Emping IDR 5K

 

Sop Kaki Kambing Tiga Saudara “Bang Ikin”
Jalan Pinang Raya No. 55, Rawamangun, Jakarta Timur
Click for Google Maps

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s