Jajan di Pasar Kue Subuh Senen (Jakarta)

Udah lama saya penasaran buat dateng ke Pasar Kue Subuh Senen ini. Kalo malem-malem saya abis jalan-jalan terus pulang lewat jalan layang Senen, pasti deh cahaya dari arah sini mau ga mau menyapa sudut mata saya. Kue basah apa aja yang dijual? Banyak banget. Semua jenis jajanan pasar tradisional yang kamu tau, ada di sini. Ga cuma yang basah-basah doang, yang goreng-goreng juga ada. Eh, basah juga sih ya, tapi basah karena minyak goreng. Tadinya mereka semua berjualan di halaman Pasar Senen, namun sejak kebakaran dan di depannya sekarang lagi ada pembangunan entah apa, posisinya jadi agak bergeser ke dua titik.

DSCF1968 (1280x854)

Titik yang pertama ada di tepi kiri jalan layang, di seberang Atrium Senen, deket ke halte busway Pasar Senen. Di sini berjejer rapi belasan hingga puluhan pedagang kue basah. Walaupun namanya Pasar Kue Subuh Senen, sejak jam 6 sore pun kegiatan di sini udah mulai menggeliat. Namun tentunya dateng jam segitu ga recommended karena kue basah yang dijual belum lengkap disuplai dari pabrik-pabriknya. Makanya saya memilih dateng di atas jam 9 malem pas udah lengkap semua. Ga usah khawatir keabisan karena mereka rata-rata buka sampe pagi menjelang, gantian ama pasar pagi.

DSCF1959 (1280x853)

Karena harganya yang murah meriah, apalagi kalo beli dalam partai besar, para pembelinya biasanya adalah mereka yang akan menjualnya lagi atau akan menyajikannya dalam acara hajatan. Kalo beli satuan pun tentu akan dilayani, dengan harga yang berkisar antara seribu hingga lima ribu rupiah. Terkadang kamu juga akan menemukan satu jenis kue yang sama tapi kualitasnya lebih baik, tentu dalam hal rasa, sehingga harganya lebih mahal. Terus, semakin lama kamu keliling-keliling, semakin kamu akan merasa percuma, karena kue-kue basah yang dijual bentuknya sama aja semuanya, sehingga memunculkan dugaan jangan-jangan semuanya disuplai oleh pabrik yang sama. Dan karena harganya yang murah, jangan harap rasanya akan di atas rata-rata. Kalo mau yang beneran enak dan kualitasnya oke, belilah di toko kue, jangan di sini.

DSCF1964 (1280x854)

DSCF1965 (1280x855)

Selain kue basah yang ukurannya mini-mini, ada juga kue yang ukurannya gede-gede kayak brownies, kue bolu bulet dan gulung, lapis legit, cake, dan kue tart berbagai bentuk dan ukuran. Ada juga kue-kue yang ukurannya sih ga gede, tapi udah dikotakin dan dijual dalam jumlah banyak, kayak kue apem, bakpia, atau cake mini yang cocok untuk disajikan dalam berbagai acara kayak pernikahan, pengajian, arisan, atau sunatan. Bahkan parsel roti buaya yang suka dipake sebagai hantaran dalam acara lamaran khas Betawi aja ada.

DSCF1970 (1280x853)

DSCF1972 (1280x853)

Titik kedua, ada di lahan parkir sempit di samping Pasar Senen yang menghadap ke Jalan Bungur Besar. Dari lokasi tadi, kamu bisa berjalan kaki dengan menembus lorong yang berada di bagian belakang bangunan pasar. Di sini sebenarnya parkirnya lebih leluasa buat yang membawa mobil karena jalannya ga sempit kayak yang di samping jalan layang tadi. Penjualnya pun lebih banyak dan bahkan beberapa jualannya ada yang ga ada di lokasi tadi. Semisal cemilan-cemilan ringan kayak di atas yang dijual dalam bungkusan-bungkusan berukuran kecil.

DSCF1977 (1280x854)

Salah satu yang agak sulit ditemui adalah penjual gorengan-gorengan kayak di atas yang menjual bakwan, tahu isi, roti goreng, dan lain-lain. Seinget saya cuma ada satu atau dua aja penjualnya. Dan karena ukurannya gede tapi harganya cuma seribu doang, saya membeli beberapa gorengannya.

DSCF1974 (1280x853)

Saya juga nemuin beberapa produk roti yang banyak dijual di warung-warung, merknya Super Laris Manis. Rotinya keliatan menggiurkan, ada yang dikasih meises coklat dan dikasih tusuk kayu sebesar sumpit, ada roti berwarna kuning dengan taburan keju parut, ada yang warnanya ijo sehingga saya menduga mungkin aromanya pandan, ada yang bentuknya kayak pizza dengan taburan daging cincang, bahkan ada juga yang mirip kayak roti Floss N Roll-nya BreadTalk.

DSCF1981 (1280x853)

 

 

Pasar Kue Basah Senen
Jalan Kramat Bunder No. 17, Senen, Jakarta Pusat
Click for Google Maps

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s