Ngopi ke Crematology (Jakarta)

Sehari setelah lebaran, kita sekeluarga pergi ke Bogor buat berkumpul di rumah kakak tertua mamah (nenek saya dari mamah udah meninggal) dan besoknya dilanjutin ke Jakarta buat berkumpul di rumah adik papah di Kalimalang dan ketemu nenek dari jalur Papah. Pas malem-malem, Ferdi rupanya pengen ngopi ke Crematology yang ada di daerah Kebayoran Baru. Lumayan juga sih jaraknya, sekitar 14 kilometer dengan jarak tempuh menurut Google Maps sih setengah jam. Lumayan cepet karena masih hawa lebaran. Karena emang di rumah ga ngapa-ngapain, saya ama Nanda sih ikutan aja. Saya ga berminat ikutan minum kopi, beneran cuma ikutan jalan-jalan doang, foto-foto, dan bikin review. Icip-icip yang dibeli ama kedua adik saya doang lah dikit.

DSCF1040 (1280x853)

Dan hebatnya, si Crematology ini tetep buka walaupun masih suasana lebaran. Mungkin kemaren pas masih hari lebaran kedua dia tutup, who knows. Parkir mobil di sini susah, karena di sekitarnya ada banyak tempat makan terkenal. Malahan ada juga coffee shop lain. Makanya, tukang parkir juga jadi ajimumpung, narik biaya parkir sampe 10 ribu. Mungkin dia pikir kita bakal berlama-lama di sini. Padahal kita cuma mau nongkrong setengah jam karena rencananya cuma ngopi doang, ga beli makanan. Tapi kalopun mau nongkrong lama-lama, di sini enak banget karena mereka nyediain dua set sofa lengkap dengan bantal-banta yang empuk buat ngobrol bareng temen-temen ala serial Friends. Mau kerja? Mereka juga nyediain meja kayu sederhana lengkap dengan wifi yang kenceng. Buat yang ingin menikmati suasana Jakarta atau lebih suka suasana outdoor, bisa memilih duduk di kursi yang ada di teras.

DSCF1012 (1280x854)

Nama Crematology sendiri mengambil istilah dari bahasa Italia, (caffe) crema, yang berarti krim kopi, sebuah nama yang ditujukan untuk jenis kopi espresso. Disebut crema karena di atas kopi espresso biasanya terdapat sebuah lapisan busa tipis yang berwarna putih seperti krim. Seiring dengan meningkatnya kepopuleran kopi espresso, banyak alat pembuat kopi espresso yang dijual bahkan untuk level kantoran atau rumahan. Tapi kalo di coffee shop, salah satu merk mesin pembuat espresso yang paling sering saya temui adalah merk La Marzocco.

DSCF1013 (854x1280)

DSCF1014 (854x1280)

Kopi espresso sendiri menjadi dasar bagi banyak jenis minuman lain seperti kopi latte, cappuccino, kopi macchiato, kopi moka, dan kopi Americano, hampir semua variannya yang populer dijual di sini. Walaupun terkenal sebagai coffee roasters, rupanya mereka juga menyediakan teh dan jus segar sehingga bisa jadi alternatif buat yang bukan penyuka kopi (kalo ga suka kopi ngapain ke siniiii). Menu makanannya sendiri cukup menarik untuk dicoba, ada pastry, dessert, waffle dan roti bakar manis, cemilan, serta beberapa makanan yang lebih berat. Tapi menurut saya harganya rada mahal sih sehingga saya ngebujuk adik-adik saya buat makan nasi goreng di pinggir jalan aja habis dari sini, kekekek (turun derajat banget yah).

DSCF1042 (1280x854)

Seperti yang udah saya bilang, saya ga pesen apa-apa sementara Ferdi mesen segelas kopi cappuccino dan Nanda mesen segelas Nutella Frappe. Setelah sekian lama saya ikutan ngopi bareng (tapi seringnya ga beli apa-apa), saya masih ga ngerti juga di mana enaknya ngopi. Walau Ferdi sering bilang kalo udah sering ngopi, sekalipun kopinya ga dikasih gula tapi udah kerasa manis di mulut. Sesuatu yang bagi saya terasa ajaib dan terasa seperti doktrin keimanan. Kalo cappuccino tanpa gula aja udah bisa dibi

Cappuccino (Regular) IDR 38K
Nutella Frappe IDR 45K

 

Crematology Coffee Roasters
Jalan Suryo No. 25, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Click for Google Maps

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s