Sarapan di Kedai Soto Ibu Rahayu (Bogor)

Pas lebaran kemaren, keluarga kita sama keluarganya Citra berlebaran di rumah kakak tertua mamah yang tinggal di daerah Sempur, Bogor. Karena rumahnya ga terlalu besar, kita memilih untuk mennginap di iZi Hotel. Hotelnya lumayan sih, masih rada baru dan tipe-tipe backpacker gitu lah, murah meriah. Semalem cuma 200 ribuan doang, padahal masih keitung suasana lebaran. Malemnya, kita nyari makan di sekitaran situ. Setelah nanya-nanya temen saya, Mita, yang tinggal di Bogor, terjaring lah satu rumah makan bernama Kedai Soto Ibu Rahayu. Rumah makan ini cuma berjarak satu kilometer dari hotel. Tapi sialnya, malem itu agak kemaleman sehingga keabisan nasi. Beuh, kesel ga tuh!

DSCF0956 (1280x856)

DSCF0957 (1280x853)

Akhirnya besok pagi pas check out dari hotel, kita nyambangin tempat ini lagi. Penasaran, soalnya semalem aja tempat ini emang rame banget. Tempatnya cukup nyaman lah, semi outdoor, ga ada dinding-dinding penyekat. Di sisi sebelah dalam ada ruang berumput terbuka dengan meja-meja berpayung yang bisa digunakan pengunjung. Ciamik deh. Apakagi cuaca Bogor kan ga terlalu panas kayak Jakarta sehingga udaranya masih terasa nyaman di kulit.

DSCF0951 (1280x853)

DSCF0952 (1280x853)

DSCF0953 (1280x854)

DSCF0954 (1280x854)

DSCF0955 (1280x855)

Sesuai namanya, Kedai Soto Ibu Rahayu menyediakan berbagai macam soto tradisional. Walaupun cakupannya ga sampe senusantara juga sih, karena ga ada coto Makassar, ga ada soto Padang, atau sroto Sokaraja misalnya. Tapi dua soto khas Bogor, soto mie dan soto kuning (di menu ditulis soto Bogor) udah pasti ada. Di satu review di internet saya baca ada yang bilang kuahnya bisa milih mau bening atau santan, tapi pramusajinya sama sekali ga ngasih tau kalo bisa milih kuah. Padahal kayaknya seru tuh kalo misalnya nyobain soto mie tapi pake kuah santan. Ah, tapi sayang soto mienya juga masih belom nyetok, payah. Kayaknya paling banyak peminatnya tuh. Semalem juga soto mienya abis, padahal saya pikir karena ini udah pagi, mestinya mereka udah mulai nyetok lagi bahan-bahannya.

DSCF0964 (1280x854)

DSCF0965 (1280x855)

Sekitar setengah jam kemudian pesenan soto kita baru pada dateng. Lama banget ya? Iya, padahal masih pagi. Dan ini kan cuma soto gitu, cuma tinggal tabur-tabur bahan yang udah ada dan nuang kuah, ga ada yang perlu dimasak lagi. Mamah mesen soto ayam yang diisi dengan suiran daging ayam, soun, potongan daun seledri dan daun bawang, cacahan tomat, dan setengah potong telur ayam. Rasa kuah kaldu ayamnya cukup segar, tapi rasanya ga terlalu spesial. Ga jauh beda lah dengan soto ayam yang dijual di kaki lima deket kantor saya. Untuk menemani makan soto, kita memesan tiga buah perkedel yang udah penghabisan. Lah, padahal masih jam setengah sepuluh pagi lho.

DSCF0967 (1280x854)

Nanda mesen soto goreng dari menu yang ternyata isinya ga ada bedanya sama soto Bandung, cuma berisi potongan-potongan dadu daging has dalam yang empuk berpadu dengan irisan lobak putih lembut dan kuah kaldu sapi yang gurih. Terus rasanya? Ya sama persis juga kayak soto Bandung. Entah kenapa nama di menunya mesti dibuat soto goreng.

DSCF0973 (1280x854)

Dibandingin kedua soto tadi, kayaknya yang rasanya masih paling oke adalah soto yang saya pesen deh, soto Bogor atau yang disebut juga soto kuning, tentu karena kuahnya berwarna kuning. Ga kayak soto goreng dan soto ayam yang kuahnya bening, soto Bogor memiliki kuah bersantan yang cukup pekat. Rupanya resep sotonya sedikit dimodifikasi dengan menambahkan potongan lobak putih. Karena udara yang cukup dingin, saya menghabiskan soto ini dengan terburu-buru sebelum santannya mulai “membeku”. Walau sotonya enak, tapi untuk memesan lagi rada sungkan karena jangan-jangan ntar datengnya setengah jam lagi kayak tadi.

Soto Goreng IDR 35K
Soto Ayam IDR 20K
Soto Bogor IDR 35K

 

Kedai Soto Ibu Rahayu
Jalan Pajajaran Indah V No. 38 Bogor
Click for Google Maps

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s