Traktiran Ulang Tahun di Al Baek Resto (Bandung)

Pas Ferdi ngasih tau ada restoran bernama Al Baek di deket rumah kita, serta merta saya jadi bersemangat. Tapi begitu menyadari bahwa namanya bukan Al Baik, saya masih tetep penasaran sih. Jadi, kita sekeluarga umrah dulu, ada satu restoran ayam fast food yang terkenal banget di Mekah. Namanya? Ya apa lagi kalo bukan Al Baik. Tanya deh sama semua orang yang pernah naik haji atau umrah, pasti pada tau. Dan sialnya, saya waktu itu ga sempet nyobain ayam yang satu itu gara-gara ga nemu gerainya di dalem mal yang katanya ada gerai Al Baik-nya.

DSCF0199 (1280x855)

DSCF0196 (1280x853)

Dalam rangka ngerayain ulang taun saya ama Ferdi yang tanggal lahirnya emang cuma berbeda dua hari tapi beda tiga tahun, saya ama Ferdi ngusulin buat pergi makan ke Al Baek. Lokasinya ada di Jalan Setiabudhi di seberang Jalan Hegarmanah. Berdasarkan hasil investigasi singkat saya di Zomato, menu makanannya ada banyak dan cukup beragam sehingga cocok buat keluarga, bisa kamu liat di bagian paling bawah. Mesti diinget ya yang namanya masakan khas Timur Tengah itu umumnya berempah dan ada kemungkinan lidahnya ga cocok. Kayak misalnya si papah sebenernya ga terlalu suka tipe makanan berempah. Tapi untungnya masih ada menu yang ga terlalu berempah yang bisa dipesen.

DSCF0190 (1280x855)

Karena udah tau porsi menu nasinya bakalan lumayan gede, kita pesen menu nasinya berdua-berdua, kecuali si papah yang pesenannya sendirian. Mamah ama Ferdi mesen Mandhi Chicken, hidangan Timur Tengah yang biasanya dihidangkan dengan ayam atau kambing. Segitu ukuran piringnya udah gede, nasinya pun nyaris mencapai tepian mulut piring. Di atasnya terdapat potongan ayam bagian paha yang ukurannya gede banget. Lalu ada lalapan (?) khas makanan Timur Tengah, yaitu bawang bombay dan tomat. Ayamnya sendiri karena dipanggang dengan metode slow cooking, menghasilkan daging yang empuk secara merata. Karena diungkep, bumbu rempah-rempahnya meresap dan mengeluarkan aroma yang harum.

DSCF0191 (1280x855)

Saya berpasangan ama Nanda dan memesan Biryani Lamb. Nasi biryani memiliki penampilan yang khas karena warna nasinya bercampur antara nasi berwarna putih dan kuning. Dan jangan salah, hidangan lezat ini bukan berasal dari Timur Tengah melainkan dari India, terutama bagian India Utara yang memiliki populasi muslim terbesar. Dari situ, makanan ini menyebar karena dibawa oleh imigran muslim India. Daging kambingnya berwarna kuning, mirip banget ama Mandi Chicken tadi. Jangan-jangan bumbu dan cara memasaknya pun sama persis.

DSCF0194 (1280x854)

Seperti biasa kalo lagi makan di rumah makan khas Timur Tengah, saya pasti deh pengen nyobain Umm Ali yang dijual. Tapi sayangnya Umm Ali yang disajikan cuma berisi susu manis yang di dalamnya dibenamkan jenis roti pastry dan beberapa butir kismis. Tentunya rasanya ga jauh berbeda dengan roti celup susu yang bisa dengan mudah saya bikin. Nothing special.

DSCF0195 (1280x855)

Walaupun ada menu masakan Indonesia juga kayak nasi goreng dan beragam hidangan ikan gurame, si papah memesan menu ayam crispy yang mirip ama punyanya Al Baik yang “asli”. Paket combo yang ditawarkan memasangkan nasi dan ayam dengan berbagai kombinasi minuman dengan harga sekitar 18 hingga 25 ribu. Walaupun secara penampakan mirip ama ayam siap saji ala McD atau KFC, tentunya ayam ini punya cita rasa yang berbeda karena ditambahkan rempah-rempah, apalagi kalo bukan, khas Timur Tengah. Penasaran kayak apa rasanya? Mendingan langsung dateng aja deeeh ke Al Baek.

Mandi Chicken IDR 75K
Biryani Lamb IDR 90K
Combo B IDR 18K
Umm Ali IDR 42K
Fried Chicken IDR 11K

 

Al Baek Resto N’ Cafe
Jalan Setiabudhi No. Bandung
Click for Google Maps

 

Daftar Menu

DSCF0177 (852x1280)

DSCF0179 (1280x854)

DSCF0180 (1280x854)

DSCF0181 (1280x853)

DSCF0182 (1280x854)

DSCF0183 (1280x854)

DSCF0184 (854x1280)

DSCF0186 (852x1280)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s