Buka Puasa di D’Cost (Jakarta)

Tadinya saya tuh mau buka puasa ke Steak Hotel by Holycow TKP Sabang karena katanya mereka lagi ada promo yang murah bangeeeet dan sangat menggiurkan. Ah, tapi rupanya mereka ga bener-bener serius memberi promo itu karena pas saya ke sana, si pramusaji bilang promonya lagi “kosong”. Hah, payah. Untungnya sebelumnya saya sempet ngeliat ada D’Cost ga jauh dari si Holycow. Ya udah, saya ke sana aja deh. Untungnya ga terlalu rame juga dan berhubung udah mau jam setengah 7, sebagian besar pengunjung mulai beranjak untuk solat magrib di tempat lain.

DSCF0298 (1280x853)

Walau D’Cost lebih dikenal sebagai rumah makan yang menjual menu-menu seafood, tentunya mereka juga punya menu-menu bemper kayak ayam dan sapi, tentu jenis masakannya terbatas, buat mereka yang ga suka seafood. Sistem pemesanannya dengan cara mengambil kartu-kartu menu di deket pintu masuk. Ada lebih dari 80 menu makanan dan minuman terpampang di sini, lengkap dengan label harganya. Terus mesti diinget juga kalo satu kartu mewakili satu porsi, jangan lupa ambil beberapa kartu sesuai dengan jumlah porsi yang diinginkan. Cara ini unik juga sih, jadi nanti kalo datengnya rame-rame, tiap orang tinggal ngambil menu yang diinginkan terus dikasih ke pramusaji. Ada dua papan berisi kartu-kartu menu ini, jadi diharapkan ga semua pengunjung numpuk di depan satu dinding ini kayak yang lagi ngeliatin pengumuman pemenang undian.

DSCF0311 (1280x854)

Enaknya di D’Cost, es teh manisnya bisa refill sendiri, jadinya cocok juga kalo mau nongkrong lama-lama sama temen-temen. Tapi tentunya ga asik kalo nongkrongnya sendirian, di sini ga ada wifi. Lagian tipenya bukan cafe yang santai banget kayak di pantai gitu. Di deket container teh, ada perbotolan saos sambel, saos tomat, kecap, sambel terasi, ama sambel mangga. Anyway, sambel terasi sama sambel mangganya enak loh. Terus buat kamu yang makannya banyak, udahnya nasinya free, ngambilnya juga boleh sebebasnya! Eits, buat anak-anak kosan jangan malu-maluin sampe bawa wadah nasi segala lho ya, hehehe.

DSCF0301 (1280x854)

Karena kalo saya liat di kartu menu tadi harga ikannya lumayan mahal, saya berasumsi ukuran ikannya gede. Nah, saya kan datengnya sendirian, ntar kalo ga abis repot juga sih walau bisa aja minta dibungkus. Akhirnya saya memilih untuk memesan kepiting soka. Kepiting sokanya lembuuut dan kriuk-kriuk crispy. Tapi sayang, saya kirain telur asinnya kirain dalam bentuk cair. Padahal bakal lebih enak lagi tuh kalo dalam bentuk cair, kayak bebek telur asin di Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk.

DSCF0304 (1280x854)

Sengaja saya pesen kepiting soka telur asin yang hidangannya kering dan bisa dibungkus, karena saya mesen dua lauk. Satu lauk lagi yang saya pesen yaitu cumi bakar pedes. Ini enak banget nih, cuminya lembut, sampe bisa dipotong pake sendok. Tapi sambelnya yang bejibun itu rasanya agak manis dan saya ga terlalu suka sehingga ga terlalu kemakan tersisa cukup banyak. Menurut saya sih malah lebih pas kalo dikasih sambel terasi yang gratisan tadi.

DSCF0300 (1280x855)

Buat penyeimbang, saya pesen sayur. Empat sehat, lima sempurna. Ngga, ga sampe mesen susu juga sih. Anyway, dari segitu banyak menu makanan dan minuman, menu sayurnya cuma ada empat doang : toge ikan asin, kailan muda saus tiram, kangkung bawang putih, ama kangkung balacan. Saya akhirnya memilih sayur kailan dan ga nyesel karena sayurnya lembut banget, gurih rasa bawang putih, tapi ga sampe bikin enek.

DSCF0310 (1280x853)

Walau saya mesti bilang rasanya enak-enak, tapi saya mesti jujur mengatakan kalo porsinya kok dikiiiit, ga sebanding ama harganya. Harga kaki lima? Hmm, kayaknya ngga deh. Tapi untuk kualitas bintang limanya saya masih bisa setuju. So, kayaknya ga bisa sering-sering ke sini deh kalo ga pengen kantong jebol.

Kepiting Soka Telur Asin IDR 74K
Cumi Bakar Pedas IDR 68K
Kailan Muda Saus Tiram IDR 24K

 

D’Cost
Cabang Jalan H. Agus Salim No. 22C, Menteng, Jakarta Pusat
Click for Google Maps

Tinggalkan Balasan

