Martabak Sinar Bulan, Isinya Tebel Buanget! (Jakarta)

Setelah lama mengendap di list to try kulineran saya, akhirnya saya menemukan tenaga buat dateng ke sini. Sesusah itu? Yaaa, lumayan sih. Dari kosan saya jaraknya mencapai 16 km. Jauh kan? Buat saya yang jarak dari kosan ke kantornya cuma 2 km-an doang, segitu tuh jauh banget. Padahal kosan saya bisa terbilang ada di tengah Jakarta kok, di Rawasari. Emang si martabaknya aja yang lokasinya jauh banget di Muara Karang. Eh, lokasinya sebenernya deket banget sama Soto Medan Pak Syamsudin yang dulu pernah saya kunjungin.

DSCF9780 (1280x854)

Walau di Google Maps dibilang bukanya jam 4 sore, saya berangkat agak telat, jam setengah 5 sore. Setelah menempuh perjalanan selama lebih kurang 45 menit, saya sampe juga di sini. Untung belom rame. Tapi setelah diliat lagi, lah, ternyata mereka masih bersiap-siap. Untung tadi ga saya niat-niatin dateng jam 4 sore supaya ga ngantre. Tapi untungnya sekitar 15 menit kemudian mereka udah siap berproduksi. Para calon pembeli pun mulai berdatangan.

DSCF9781 (853x1280)

Ga ada yang spesial dengan menu martabak di sini. Toppingnya cuma ada keju, coklat, dan kacang. Ga ada topping-topping yang kekinian kayak Toblerone, Nutella, dan Ovomaltine. Walau toppingnya sederhana, harganya cukup berhasil membuat mata saya terbelalak. Satu loyang martabak polos aja harganya udah 85 ribu sendiri. Kalo ada topping kacang coklatnya, harganya jadi 125 ribu. Berarti harga toppingnya 40 ribu? Bayangin, meses coklat ama kacang macem apa yang harganya 40 ribu? Enak banget kah?

DSCF9808 (1280x854)

Saya mencoba melihat bagaimana mereka mempersiapkan martabak. Dari segi adonan, tanpa mencobanya, sulit terlihat kalo ada yang berbeda. Dari segi ukurannya juga biasa aja. Tapi liat, pas dia masukin mentega. Itu bukan mentega Blue Band kayak yang biasa dipake penjual martabak. Itu… mentega Wysman! Iya, mentega Wysman yang biasanya dikasih dengan pelit-pelit cuma buat ngoles kulit martabak doang, di sini dipake buat isi martabak. Dan ngasihnya ga tanggung-tanggung, sesendok gede mentega dia ambrukin gitu aja ke atas martabak! Butuh lebih kurang 30 detik buat nyairin semua mentega itu. Hmmm, pantesan aja katanya martabaknya enak banget dan sekaligus juga ga sehat banget, hehehe. Gapapa deh, kan ga tiap hari makan martabak ini.

DSCF9812 (1280x856)

Saya sendiri memesan setengah martabak kacang coklat dan setengah martabak keju, mayan, paket hemat. Walau saya sebenernya lebih ngefans ama martabak kacang coklat, jauh dibandingin martabak keju, saya penasaran ama rasa martabak kejunya yang kalo ngeliat fotonya di dunia maya amat sangat menggiurkan. Tapi di sini keliatan mereka ga nyampur kedua jenis martabak sekalipun cuma setengah porsi. Masing-masing dikasih kotaknya sendiri-sendiri. Bagus juga nih. Karena siapa tau kan yang mau makan martabak keju karena emang punya alergi ama kacang atau coklat. Who knows?

DSCF9850 (1280x854)

DSCF9878 (1280x856)

Nah, setengah martabak keju saya lagi disiapin nih. Keliatan ga betapa banyaknya parutan keju yang diparut di atas martabak? Pas martabaknya dilipet, kejunya keliatan banget jadi memadet tapi tetep tebel. Dua hal yang terlintas di benak saya karena kemiripan penampakannya, yang pertama saya jadi inget Bolu Meranti dan yang kedua saya jadi inget bentuk penampang sayap pesawat. Mirip kan ya?

Oke, saatnya saya mencoba membuat penilaian. Dari segi rasa sebenernya ga ada yang terlalu istimewa. Rasa topping kacang coklatnya ga terlalu berbeda daripada kacang coklat pada umumnya. Hanya aja toppingnya yang jumlahnya naujubile. Begitu pula dengan martabak keju, kejunya pake merk Prochiz yang sebenernya lebih jarang dipake buat martabak ketimbang keju Kraft, namun rasa kejunya ya ga aneh. Daya tarik Martabak Sinar Bulan lebih ke pemberian toppingnya yang ga tanggung-tanggung, termasuk menteganya juga. Saya sendiri sih ga akan nolak kalo ada orang yang ngasih. Tapi kalo mesti beli lagi, hehehe, kapan-kapan lagi aja deh. Mahal beud soalnya! Lalu, kulit martabaknya, empuk banget dan tentunya jadi terasa sangat gurih karena banyaknya mentega Wysman yang diberikan. Kulit martabaknya ini bisa tetep empuk sampe keesokan harinya.

Martabak 1/2 Keju + 1/2 Kacang Coklat IDR 130K

 

Martabak Manis Spesial Sinar Bulan
Jalan Muara Karang Blok B8, Penjaringan, Jakarta Utara
Click for Google Maps

Tinggalkan Balasan

