Buka Puasa di The House of Raminten (Jogja)

Hari terakhir saya ama Fay di Jogja, saya ngajakin buka puasa di The House of Raminten. Sebagai orang Jogja, Fay ini malah jarang jalan-jalan di kotanya sendiri. Sementara saya dan keluarga saya yang udah berkali-kali ke Jogja, karena mamah saya seneng jalan-jalan ke Malioboro, udah nyaris khatam sama pariwisata di sini. Kulinernya juga udah banyak banget yang dicoba. Bahkan ke sini juga sebenernya udah pernah. Jadi saya sebenernya cuma pengen ngajakin Fay ke sini biar jadi Anak Gaul Jogja, hehehe.

DSCF0827 (1280x853)

DSCF0829 (1280x854)

Walau saya belom pernah ngelakuin survei semacam ini, semua Anak Gaul Jogja pasti tau yang namanya The House of Raminten. Apalagi lokasinya berada di tengah kota, ga jauh dari tugu “Pal Putih” yang jadi ikon kota Jogja. Walau agak telat sampe ke sini, setengah jam lagi azan magrib, kita beruntung masih bisa dapet tempat duduk. Mungkin karena cuma berdua, jadinya kita bisa ditaro di area lesehan di lantai dua yang duduknya emang cuma untuk berdua. Sementara yang dateng berombongan duduknya di lantai dasar dan karena udah penuh, banyak yang mesti masuk daftar tunggu.

DSCF0825 (1280x853)

Sejurus setelah duduk, ada pramusaji yang dengan sigap memberikan menu. Menunya ada cukup banyak dan surprisingly, karena saya udah lupa, harganya tergolong murah meriah untuk sekelas rumah makan yang terkenal. Pantesan banyak banget pengunjungnya. Jadi terkenalnya bukan hanya karena dimiliki oleh pengusaha yang sama dengan Mirota (sekarang Hamzah Batik), tapi juga karena murah dan katanya sih emang enak. Dan mungkin ini juga kelebihannya, jenis masakan yang ditawarkan tradisional banget. Ada nasi gudeg, nasi rawon, nasi liwet, pecel, pepes, tempe mendoan, cemilan-cemilan, terus minumnya ada es dawet, es kelapa muda, jus-jusan, es carica (yang khas Dieng itu lho), wedangan, sampe jamu aja ada.

DSCF0853 (1280x853)

Setelah agak galau, Fay mesen kupat tahu yang pas dateng, anehnya dikasih kuah cuka yang manis dan ga terlalu asem. Saya juga kurang paham kuah ini untuk apa, tapi rupanya di kuah itu udah ada tiga keping kerupuk yang udah lembek karena menyerap kuah. Jadi ini buat kerupuk? Ga ngerti juga. Alhasil kuah ini bersisa banyak, ga cocok juga rasanya dimakan sama kupat tahu. Tapi ngomong-ngomong, rasa kupat tahunya enak kok walau bumbu kacangnya nyaris encer.

DSCF0857 (1280x855)

Karena lagi ngidam kremes, Fay mesen kremes. Sebenernya ini menu yang paling jodoh. Soalnya pas kemaren kita jalan-jalan, Fay itu udah sempet nyari-nyari kremes buat dibawa balik ke Edinburgh, tempat kuliahnya. Saya malah sampe nyaranin buat bungkus kremes ini aja 10 porsi. Selain enak, harganya juga murah. Seporsi cuma 7 ribu dan dapetnya banyak banget.

DSCF0855 (1280x854)

Saya sendiri mesen seporsi gudeg komplit plit plit, ada telur bacem dan juga ayamnya. Padahal pas di rumah eyang Fay, Pak Prof. Soepomo Poedjosoedarmo, saya sempet disuguhi makan gudeg. Tapi pas ngeliat menu makanan, kayaknya lagi ga mood buat makan selain gudeg. Untungnya walau bukan rumah makan yang khusus menjual gudeg, gudegnya Raminten enak juga loh. Saya malah sampe mikir jangan-jangan gudegnya beli dari penjual gudeg terkenal terus mereka jual lagi di sini.

DSCF0858 (1280x853)

Untuk penghapus dahaga, saya mesen seporsi es kelapa muda sementara Fay mesen jeruk nipis madu, ceritanya minuman buat obat batuk (tapi kok dingin, hehehe). Pas dateng, oalah, ternyata porsi es kelapa mudanya segede gaban. Walau saya minumnya banyak, kalo dikasihnya sebanyak itu sih ga bakal habis juga, hehehe. Rasanya sendiri ga ada yang spesial dan saya yakin kamu bisa bayangin. Es kelapa muda saya rasanya biasa aja, cuma dikasih sirup coco pandan doang.

Kupat Tahu IDR 16K
Sego Gudeg Komplit IDR 22K
Kremes IDR 7K

 

The House of Raminten
Jalan Faridan Muridan Noto No. 7 Jogja
Click for Google Maps

 

Daftar Menu

DSCF0830 (1280x855)

DSCF0831 (1280x853)

DSCF0832 (1280x855)

DSCF0835 (1280x854)

DSCF0837 (1280x853)

DSCF0839 (1280x854)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s