Lebaran Food Vibe

Lebaran adalah saat yang berbahagia bagi umat muslim. Setelah sebulan berpuasa maka tibalah hari yang kerap disebut sebagai hari kemenangan. Hari di mana umat muslim berbondong-bondong pergi ke lapangan terbuka, melaksanakan syiar Islam dengan bertakbir mengagungkan asma Allah, dan melaksanakan shalat ied. Tentunya tiap orang memiliki kesannya sendiri-sendiri terhadap lebaran. Ada yang memaknainya sebagai hari bermaaf-maafan. Ada yang merasa ngga bisa ngga untuk berkumpul bersama keluarganya, walau jauh sekalipun. Sebagian lagi memaknainya dengan…. santapan hidangan-hidangan lezat saat bertamu ke rumah sanak famili.

Hampir setiap lebaran saya dan keluarga pergi ke dua rumah saudara, satu dari pihak ibu dan satu dari pihak ayah. Sanak famili dari pihak ibu adalah kakaknya yang paling tua yang ada di Bandung, tinggalnya di daerah Kembar. Sementara sanak famili dari pihak ayah tinggal di Jalan Kejaksaan. Kedua rumah ini biasanya menjadi semacam titik berkumpul dari sanak keluarga yang lain. Jadi di kedua tempat ini akan rame dan tentunya ada banyak makanan, hehehe.

IMG_20170625_133952 (1280x854)
Ini ketan “lamang” dan duren yang dimasak dengan santan. Rasanya maknyus banget. Kalo ga inget berat badan sih rasanya saya udah pengen nambah berkali-kali.
IMG_20170625_154311 (1280x855)
Ceritanya sih mie kocok, bahkan udah lengkap ama kerupuk merahnya. Cuman satu kekurangan yang ngebikin ini ga bisa disebut mie kocok : ga ada kikilnya.
IMG_20170625_155148 (1280x854)
Yang ini namanya ketan sama tape ketan item. Makin sedap disantap kalo tape ketannya abis disimpen di kulkas.
IMG_20170625_155502 (1280x855)
Puding buah ini rasanya seger banget. Pas banget disantap abis makan mie kocok tadi.
IMG_20170625_161712 (1280x853)
Ga abis-abis makanan yang dihidangkan, masih ditambah lagi sama kroket isi daging yang dicampur ama mie kuning.
IMG_20170625_162709 (1280x856)
Walau udah ada puding buah, masih bikin lagi puding coklat. Puding coklat yang kenyal dipadukan dengan vla yang manis banget.
IMG_20170625_164338 (1280x854)
Ketan dan sarikaya. Ini sih banyak juga dijual sebagai jajanan pasar ya.

DSCF0883 (1280x855)

Yang terakhir ini adalah kupat sayur buatan mamah saya, hidangan yang selalu ada pas lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha. Sekalipun menurut saya masih ada kupat sayur lain yang lebih enak, tapi yang inipun rasanya ga kalah dan ga akan saya lewatkan. Satu porsi kupat sayur buncis dilengkapi dengan ayam goreng dan serundengnya yang lezat, sepotong rendang Padang, serta yang harus ada juga adalah kerupuk merah. Pokoknya kalo di antara tiga itu ada yang ga ada rasanya jadi kurang nikmat deh, hehehe.

IMG_20170626_084036 (852x1280)

DSCF0908 (1280x853)

DSCF0918 (1280x853)

Keesokan harinya, saya sekeluarga berangkat ke rumah kakak tertua mamah yang tinggal di daerah Sempur, Bogor. Ga mau membuang waktu, kita berangkat jam setengah delapan pagi. Terus kita mampur di masjid yang didesain Ridwan Kamil di Rest Area KM 88B, Masjid Al Safar. Masjid yang kalo saya liat di tepi jalan pas balik dari Jakarta ke Bandung bermandikan cahaya warna-warni, cantik banget. Seperti biasa, desainnya unik dan ga kayak masjid biasa yang hampir selalu berkubah.

IMG_20170626_125114 (1280x854)

IMG_20170626_125504 (1280x855)

Di rumah Uwo De, begitu kami keponakan-keponakannya biasa memanggilnya, semua saudara yang datang berkumpul membawa makanan rumahnya masing-masing. Sebagai keluarga Minang, ada empat wadah berisi rendang daging di meja. Tapi yang unik, ada yang membawa ayam kampung dengan bumbu rendang, entah siapa yang bawa. Saya lalu mengambil gulai sayur nangka, paru balado, dan salah satu rendang daging tadi. Mmmm, sayur nangkanya maknyusss.

Nah, kayak apa hidangan lebaran yang kamu nikmati? Pastinya ga kalah enak dong. Hidangan apa yang harus selalu ada? Kupat sayur juga kayak di rumah saya? Opor ayam? Sambel goreng ati?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s