Pengen Martabak Bandung? Ada Martabak San Fransisco! (Jakarta)

Kali ini saya ama temen-temen kantor udah mulai kehabisan ide mau beli martabak yang mana lagi yang bisa dibeli dari uang denda mereka-mereka yang pada dateng telat. Saking banyaknya yang suka dateng telat, ini duit “iuran” bisa sampe bisa dibeliin martabak manis dan martabak telor yang mahal-mahal cuma dalam jangka waktu sebulanan doang. Setelah mencari-nyari inspirasi dengan browsing-browsing martabak di menu Go Food akhirnya saya ngusulin buat beli Martabak San Fransisco.

DSCF9021 (1280x853)

Martabak San Fransisco ini sebenernya berasal dari Bandung, pusatnya berada di pujasera di Jalan Burangrang No. 42. Martabak yang satu ini terbilang legendaris karena udah berdiri sejak tahun 1967 dan kini udah punya cabang di berbagai kota besar seperti Jakarta (dan sekitarnya), Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, dan bahkan Balikpapan. Di Jakarta sendiri, saya mesen martabaknya dari cabang franchise mereka yang ada di Rawamangun, perempatan Jalan Pemuda dan Jalan Sunan Giri. Walau tempatnya ga luas, mereka nyediain beberapa set meja kayu kecil lengkap dengan bangkunya. Jadi kalo ga tahan pengen nyicipin martabaknya bisa makan di situ. Minumnya? Tenang, di sini juga jual minuman-minuman kemasan kok.

DSCF9015 (852x1280)

DSCF9016 (851x1280)

DSCF9017 (851x1280)

DSCF9018 (854x1280)

Dulu banget saya pernah nyobain beli Martabak San Fransisco. Tapi karena mahal banget, saya belinya cuma setengah. Iya, waktu itu bisa beli setengah doang. Mungkin mereka sadar kalo harga martabaknya mahal banget. Terus menu martabaknya juga ya standar-standar aja. Beda banget dengan menu-menunya yang sekarang yang kekinian dan nyediain juga topping-topping unik kayak nangka, durian, peuyeum, pete, ikan tuna, dan ayam atau sapi rica-rica.

DSCF9023 (1280x853)

DSCF9036 (1280x853)

DSCF9122 (1280x854)

Di lain hari saya mampir ke sana dan ngeliatin proses pembuatannya. Beberapa pembeli dateng, terkadang juga dari abang Gojek Go Food. Dan keliatannya sih yang banyak dibeli ya martabak-martabak yang toppingnya standar. Entah apakah karena pembeli cuma pengen makan martabak yang udah pasti-pasti aja rasanya atau emang yang namanya image martabak itu ya ga jauh-jauh dari martabak keju, martabak coklat, atau martabak telor daging sapi.

DSCF8973 (1280x853)

Balik lagi ke kantor saya. Saya ngusulin buat beli martabak Red Velvet Oreo Cheese, ceritanya mau ngebandingin rasanya dengan martabak Oreo Red Velvetnya Martabak Pedro. Dari segi harga emang bisa dibilang mahal sih, dari tiga ukuran yang bisa dipilih, saya beli martabak ukuran large seharga 118 ribu. Sedangkan harga martabak Velvette Creamario di Martabak Pedro cuma 54 ribu, kurang dari setengahnya sih. Emang dari segi ukuran, martabak yang ini lebih gede hampir dua kali lipatnya. Dari segi rasa? Walau enak juga, ternyata semua temen-temen saya sepakat kalo rasanya masih kalah dibandingin Martabak Pedro.

DSCF8975 (1280x856)

Karena budgetnya udah banyak abis di martabak manis, dari tiga ukuran yang ada, martabak telornya cuma bisa beli yang ukuran biasa aja. Dan setelah dimakan, saya baru ngeuh kalo martabak telor yang dibeli rada salah karena di sela-sela daging sapi dan cincangan daun bawang ada telor asinnya. Sejak kapan martabak telor ada telor asinya coba? Ternyata pas diliat lagi, di menu emang ada topping “sapi” dan “sapi telor asin.” Tapi berkat kesalahan ini saya jadi nyobain martabak asin yang rasanya unik. Walau kalo menurut saya cukup enak, Irawan, temen kantor saya, bilang masih lebih enakan martabak telor sapinya Martabak AA  yang dulu pernah kita beli juga. Hmm, sepertinya saya mesti setuju sih.

Martabak Red Velvet Oreo Cheese Large IDR 118K
Martabak Sapi Telor Asin Biasa IDR 75K

 

Martabak San Fransisco
http://www.martabaksanfrancisco.com/
Jalan Sunan Giri No. 1F, Rawamangun, Jakarta Timur
Click for Google Maps

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s