Sagala Aya di Rumah Bebek Pak Kus (Bandung)

Ada tempat makan baru nih di Bandung. Lokasinya cukup strategis, ada di jalur lalu lalang orang yang dari dan ke arah Cimahi atau Gunung Batu. Namanya Rumah Bebek Pak Kus. Usaha kuliner yang udah digawangi Bu Ririn dan Pak Kus selama bertahun-tahun ini tadinya ada di Jalan Raya Lembang. Namun sejak pertengahan Mei 2017 mereka pindah ke ruko yang ada di Jalan Dakota Raya, ga jauh dari Borma.

DSCF9924 (1280x855)

Sore itu suasananya lagi sepi. Padahal menurut Bu Ririn, waktu di Lembang dulu pengunjungnya lumayan banyak. Ya, maklum aja sih, soalnya kan baru pindah, belom banyak yang tau soal bebek yang satu ini. Saya lalu memilih duduk di lantai satu aja. Walau di lantai dua ada AC-nya, tapi karena cuaca Bandung sejuk, hawanya cukup nyaman. Mungkin bakalan agak gerah kalo lagi rame, soalnya waktu saya ke sini belom ada kipas anginnya.

DSCF9916 (854x1280)

menu 01

menu 02

Menu di rumah makan ini bisa dibilang “sagala aya” alias semua ada. Mulai dari macem-macem bebek tentunya, plus berbagai menu ayam, ikan, pepes, sayuran, sop, dan bahkan cemilan juga ada. Siapa tau kalo ada yang perutnya rada gentong dan masih ngerasa laper padahal udah makan berat. Tapi karena baru dua minggu buka di tempat baru ini, belom semua menu tersedia. Belum full power gitu lah istilahnya. Dari 10 macem sambel lebih yang tersedia juga belom semuanya ada. Padahal mereka sebenernya punya sambel ijo, sambel cetar (ada serundengnya), sambel jebew (namanya nyunda banget lah), sambel jeletot, sambel matah, sambel dabu, sambel terasi (yang ini bikinnya dadakan), dan lain-lain.

DSCF9919 (1280x856)

Walau sebenernya saya penasaran sama berbagai macam bebek dan masakan yang ada di sini, tapi karena kedua adik saya udah pada kenyang, saya cuma makan sendirian. Maklum, siangnya kita ama sodara-sodara ipar abis munggahan, kita jalan-jalan ke Dapur Aceh ama Cendol Elizabeth. Ya udah, saya beli aja paket bebek penyet yang isinya ada nasi, bebek, tahu, tempe, lalab, dan sambel. Sambelnya bisa milih, tapi karena ga ditulis, nanti mungkin pramusajinya yang ngasih tau. Saya milih sambel ijo yang dilumurin di atas bebek yang sebelumnya digeprek dulu. Terus saya dikasih juga sambel cetar buat dicobain. Kalo diperhatiin, harga menu paket bebek bisa lebih murah daripada menu bebek satuan. Menurut Pak Kus, ukuran bebek di paket lebih kecil daripada bebek yang dijual satuan.

Dan ternyata, rasa bebeknya emang gurih banget, daging bebeknya lembut dan kerasa banget bumbunya. Saya yang biasanya main aman dengan makan bebek di tempat-tempat yang udah terkenal, ga nyangka juga kalo ada bebek yang enak kayak gini. Walau katanya ukurannya lebih kecil dari bebek satuan, kalo saya perhatiin sih rasanya ukurannya normal-normal aja. Ga kebayang kayak apa ukuran bebek yang satuan. Udah gitu, sambel ijo ama sambel cetarnya juga enak banget, bikin jadi pengen nyuap nasinya melulu. Kalo kata Bu Ririn, sambel cetar nikmat dimakan dengan cara diaduk-adukin ke nasi yang anget. Wah, bisa ga ya beli sambelnya doang? Lumayan buat stok di rumah, hehehe. Oiya, pas saya makan, sambelnya ga terlalu kerasa pedes, jadi mungkin nanti kamu bisa pesen sambelnya agak pedes, nanti bakal mereka sesuain sama selera pedesnya kamu deh. Selain bebek dan sambel, di menu paket juga ada tahu dan udah dikasih menu kesukaan orang Bandung, kol goreng!

DSCF9920 (1280x855)

Sebagai temen makan nasi, saya mesen oseng kangkung yang penampilannya cantik banget karena ada potongan cabe berwarna-warni cerah dan juga irisan tomat. Tadinya saya pikir rasanya bakal pedes, tapi ternyata ngga tuh. Cabenya ngegertak doang, hehehe. Dan rasa oseng kangkungnya juga gurih, bahkan enak juga buat dimakan gitu doang. Beda dari cah kangkung lainnya yang pernah saya makan yang rasanya datar-datar aja.

Paket Bebek Penyet IDR 25K
Oseng Kangkung IDR 10K

 

Rumah Bebek Pak Kus
Jalan Dakota Raya No. 42E Bandung
Click for Google Maps

Tinggalkan Balasan

