Nyobain The Halal Guys dari New York (Jakarta)

Tau The Halal Guys? Ia adalah jaringan restoran internasional yang pertama kali muncul di kota bisnis nan sibuk, New York. Di awal kemunculannya pada tahun 1990, The Halal Guys menjawab kebutuhan para pengemudi taksi muslim yang membutuhkan konsumsi makanan halal di tengah kota di tengah kesibukan pekerjaan mereka. Jualannya bahkan hanya menggunakan gerobak ala penjual hot dog. Belakangan tampaknya mereka mulai membuka cabang di beberapa kota di negara lain seperti di Korea Selatan dan Filipina. Dan sekitar dua mingguan yang lalu, mereka akhirnya membuka cabang yang pertama di Indonesia di mal Senayan City, Jakarta Selatan.

DSCF8978 (1280x855)

Dan walaupun di Indonesia namanya relatif belum dikenal, pas saya dateng jam setengah 2 siang, antreannya udah cukup mengular. Sedikit menyesal karena padahal tadinya saya mau ke sini jam 10 pagi pas gerainya baru buka. Tapi apa mau dikata, jam segitu badan saya masih sulit dibujuk untuk beranjak dari kasur. Sekitar 40 menit saya mengantre sambil ngeblog pake aplikasi WordPress for Android.

 

DSCF8990 (1280x854)

DSCF8991 (1280x856)

Menu yang tersedia cukup sederhana, ala ala restoran cepat saji karena emang desainnya kayak gitu sih. Makanan beratnya secara garis besar ada dua jenis, sandwiches dan platters. Sandwiches sendiri menurut saya sih lebih tepat disebut kebab, karena isinya dibungkus di dalem roti pita (pita bread). Sementara platters bedanya hanya mengganti roti pita dengan nasi basmati dan cincangan daun selada, walau roti pitanya tetep dikasih juga.

DSCF8980 (1280x853)

Selain itu, ada menu-menu sampingan lain yang merupakan makanan khas Timur Tengah, karena emang si pendirinya keturunan Mesir, kayak Hummus, Baba Ghanouj, Taboulah, Falafel, kentang goreng, dan baklava. Menu-menu ini sama persis dengan yang dijual di New York sana dan cabang-cabang The Halal Guys lainnya. Menu platters yang tersedia bisa dipilih antara ukuran reguler atau ukuran gede, saya beli yang ukuran reguler aja. Terus, dagingnya juga bisa dipilih, mau pake ayam, sapi atau dicampur. Saya pilih pake daging sapi aja.

DSCF8979 (1280x853)

Karena tempatnya kecil sementara yang dateng rame banget, mereka sampe kemaren sih masih nyediain kursi tambahan di depan gerai. Karena saya ga kebagian meja, ya terpaksa lah makan di situ. Gapapa, kayaknya sih ga perlu waktu lama buat menghabiskan seporsi platters dengan daging sapi yang saya pesen.

DSCF8987 (1280x855)

Ternyata ukuran reguler nasinya ga terlalu banyak. Kayaknya ga akan bisa memuaskan perut saya yang belom dikasih makan dari malem deh. Daging cincangnya sendiri, disebut gyro, kalo dibandingin ama nasi sih perbandingannya bisa dibilang cukup melimpah dan ga pelit. Seperti yang saya bilang, roti pita tetep dikasih juga, tapi cuma sepotong doang, perasaan kalo liat di foto dapetnya tiga potong. Tapi mungkin itu buat yang porsi gede. Terus, di atas nasi, gyro, dan daun selada tadi, ada saus berwarna putih yang mereka klaim sebagai saus spesial mereka. Kombinasi saus putih dan gyro emang kerasa gurih banget dan bikin nagih sih. Agak nyesel juga ga beli yang porsi gede aja biar puas, hehehe. Oiya, kalo ditanya mau sambel berapa banyak, mendingan satu strip aja deh, soalnya sambelnya ternyata pedessss. Nanti kalo kepedesan kan makannya jadi ga nikmat. Betul???

DSCF8989 (1280x854)

Selain menu platters, saya iseng juga nyobain salah satu side dish mereka. Karena nama-namanya asing, saya sempet minta penjelasan si mbak-mbaknya dulu. Hummus itu semacam saus cocolan yang terbuat dari kacang Arab (biasanya jadi oleh-oleh wajib orang yang baru balik umroh atau naik haji nih), wijen, minyak zaitun, dan bawang putih. Baba ghanouj adalah makanan khas Timur Tengah yang terbuat dari terong. Taboulah bisa dibilang sejenis salad khas Timur Tengah. Baklava, mungkin kamu udah tau, adalah pastry yang rasanya maniiiis banget. Pilihan saya akhirnya jatuh ke falafel, yaitu makanan semacam perkedel yang terbuat dari kacang Arab. Rasanya? Menurut saya sih kayak makan comro tanpa oncom. Mahal amat yaa comronya 15 rebu cuma dapet dua, hehehe.

Platters Regular IDR 55K
Falafel (2 pcs) IDR 15K

 

The Halal Guys
Senayan City, Jalan Asia Afrika No. 19, Jakarta Pusat
Click for Google Maps

Tinggalkan Balasan

