Sarapan Lotek Cihapit dan Soto Bandung (Bandung)

Dalam penelusuran saya mengenai makanan tradisional yang khas Bandung, saya keingetan sama satu warung yang berada di Jalan Cihapit ini, namanya Warung Lotek Cihapit Ibu Siti, tepat di depan kantor Polsekta Bandung Wetan dan kantor cabang Bank BRI. Di sebelahnya ada sebuah gang kecil menuju Masjid Istiqmah. Saya jadi inget, dulu kalo lagi ke Pasar Cihapit mamah lumayan sering juga ke sini, selain suka mampir juga ke Warung Nasi Ibu Eha yang ada di dalem pasar. Konon warung ini udah ada sejak tahun 1970 lho.

DSCF7417 (1280x854)

DSCF7399 (1280x853)

Warung yang buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore ini ga luas, sekilas terlihat seperti lorong sempit yang di sebelah kiri dan kanan dindingnya terpasang meja putih memanjang. Tapi untung masih pagi sehingga suasananya ga sumpek semrawut karena ramai oleh para pelanggannya yang bahkan bisa berdatangan dari luar kota juga.

DSCF7400 (1280x854)

DSCF7401 (852x1280)

Walaupun warungnya kecil, menurut saya sih macem makanan yang disediain ga main-main. Cukup lengkap buat itungan warung sekecil ini. Di papan menu berbingkai kayu yang kertasnya tampak udah menguning tertera dengan tulisan tangan berbagai menu yang mereka tawarkan. Ada berbagai macam lauk masakan khas Sunda, terus ada lotek dan karedok, rujak ulek, rujak cingur, soto bandung, soto ayam, mie kocok, dan lain-lain.

DSCF7403 (1280x853)

Lotek bisa dibilang makanan khas Sunda yang sebelas dua belas dengan salad. Kalo salad mah biasa pake saus seribu pulo (thousand islands), lotek mah pake bumbu kacang, yang menurut saya jauh lebih gurih dan nikmat. Bumbunya enak, apalagi karena saya juga udah memesan supaya pedesnya yang sedang-sedang aja. Isinya selain sayur kangkung dan toge yang segar, ada tahu dan tempe juga, tapi lebih banyak tahunya daripada tempe. Walau udah ada kerupuk terasinya, kalo kamu ngerasa kurang, kamu bisa minta tambah lagi kok ke si ibu penjualnya. Atau kalo lebih suka kerupuk aci putih, di ujung meja tergantung sekaleng kerupuk itu.

DSCF7409 (1280x855)

DSCF7410 (1280x854)

Pas baru makan beberapa suap lotek, saya tergoda untuk memesan satu porsi Soto Bandung. Yah, mumpung lagi mampir ke sini, saya cobain aja deh semua kokojo-nya warung ini. Sempet kelupaan dibikin, padahal pagi itu pengunjungnya cuma dua orang, akhirnya semangkok soto dengan kuah beningnya yang hangat dateng. Dagingnya ada banyak, lembut pula, dan bercampur antara daging dengan gajih. Rasanya akan lebih maknyus menyantap empuknya daging, kriuknya kacang kedelai, dan manisnya lobak dengan menambahkan perasan jeruk nipis dan sejumput sambal. Nyaammm!

Lotek IDR 20K
Soto Bandung IDR 25K

 

Warung Lotek Cihapit Ibu Siti
Jalan Cihapit No. 6 Bandung
Click for Google Maps

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Sarapan Lotek Cihapit dan Soto Bandung (Bandung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s