Big Bad Wolf Indonesia 2017 : All You Need To Know (Serpong)

Seperti biasa, grup Whatsapp saya kembali berjasa, emm, lebih tepatnya temen saya di salah satu grup sih yang berjasa, karena udah nge-share informasi mengenai event ini sekitar sebulanan sebelumnya. Big Bad Wolf (BBW) Book Sale namanya. Buat para kutu buku dan mungkin para reseller buku. BBW berawal dari event obral cuci gudang yang diadain tahun 2009 di Kuala Lumpur dan sejak itu mulai diadain juga di Thailand dan Indonesia. Tahun lalu, BBW Indonesia sukses digelar di lokasi yang sama. Bedanya, tahun ini eventnya bakal empat kali lebih gede karena kalo sebelumnya mereka cuma ngadain eventnya di Hall 10, kali ini dari Hall 7 sampe 10 yang dipake! Kebayang ga sih ada sebanyak apa buku yang dijual di sini? Ada lebih dari 3,5 juta buku!

DSCF8628 (2560x1003)

Event BBW 2017 bakalan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang, dari tanggal 21 April jam 8 pagi sampe tanggal 2 Mei jam 12 malem, 280 jam nonstop alias 24 jam sehari! Ya udah, terus apa sih yang ngebedain event ini dari book fair lainnya? Ya jelas beda banget, soalnya di sini mereka ngejual lebih dari 80% buku impor dengan diskon yang ga tanggung-tanggung, antara 60 sampe 80 persen lho. Gimana, udah bikin ngiler belum? Apalagi buat masuk ke dalam, kamu ga perlu beli tiket segala kayak mau ke toys fair (nyindir nih ceritanya) alias gratis!

 

Tips Sebelom Dateng

Di situs Facebook BBW Indonesia, mereka membagi beberapa tips yang bisa berguna buat kamu,

  1. Kenakan pakaian dan alas kaki yang paling nyaman
  2. Datang lebih awal buat ngedapetin buku yang kamu mau
  3. Siapin mental, jangan sampe nanti di sana kalap beli semua buku yang kamu mau
  4. Oleh karena itu, ada baiknya kamu bikin daftar buku apa yang kamu pengen. Tapi daftar ini bisa mentah karena, ya tentunya ga semua buku ada di sini
  5. Mereka bilang bawa air minum dan kipas angin, tapi kipas angin mah ga perlu deh, soalnya ruangannya full AC dan lumayan dingin
  6. Hindari datang di jam-jam ramai, biasanya pas weekend sore hari. Yang sepi? Tentunya pas weekday dan malam hari.
  7. Fokus mencari genre buku yang jadi favorit kamu
  8. Takut kalap dan khilaf? Ya udah, bawa duit secukupnya aja, terus tinggalin dompet beserta kartu-kartu debit dan kreditnya di rumah

 

Tips tambahan dari saya,

  1. Daripada bete kalo nanti taunya mesti antre panjang, mending bawa buku bacaan ringan deh
  2. Atau, bisa juga bawa powerbank biar hape ga mati pas dipake pas lagi antre

 

How To Get There

Oke, ini tentunya pertanyaan penting buat mereka yang ga punya kendaraan atau orang kayak saya yang kendaraannya cuma sepeda motor. Jarak ICE BSD dari kosan saya mencapai 43 kilometer lebih. Wew, nyampe sana saya bisa-bisa udah capek, muka berdebu, rambut lepek, dan kulit menghitam. Maka opsinya udah jelas sih, saya lebih memilih naik moda transportasi umum yang mana juga sebenernya murah meriah. Kalo pake mobil sih gampang, tinggal masuk tol terus keluar di gerbang tol BSD City.

transportation KRL

Saya sengaja berangkat pagi-pagi sekitar jam setengah 7 terus naik Transjakarta, bayarnya cuma 3500, sampe ke halte Dukuh Atas 2. Diterusin dengan naik KRL dari Stasiun Sudirman ke Stasiun Cisauk dengan transit dulu di Stasiun Tanah Abang, biayanya saya ga yakin tapi kayaknya ga sampe 5 ribu deh. Dari Stasiun Cisauk, saya sempet sotoy naik angkot berwarna putih oranye yang ternyata ga ngelewat ICE BSD. Akhirnya saya turun angkot di Icon BSD dan nerusin pake Gojek, bayarnya cuma 4 ribu pake GoPay, 6 ribu kalo tunai. Belakangan saya baru tau kalo ga ada angkot yang masuk ke dalam komplek BSD. Susah juga ya.

transportation bus

Ngeselinnya adalah, shuttle bus gratis yang dipunyain BSD sama sekali ga ada yang ngejemput penumpang ke stasiun, jadinya ga interkoneksi gitu deh. Ya ga salah juga sih, kan stasiun KRL ga berada di dalem wilayah komplek BSD. Terus juga kalo ngeliat jadwalnya, keberangkatan paling pagi baru ada jam 9. Sementara saya udah sampe di stasiun jam 8. UPDATE : katanya ada shuttle bus ke stasiun Rawa Buntu, tapi saya masih belum tau jadwal keberangkatannya dan apakah ini gratis juga atau ngga. Saran saya sih ya mendingan pake Gojek dan teman-temannya aja.

 

Fasilitasnya…

DSCF8760 (1280x855)

Di luar, ada ATM Mandiri mobile di depan Hall 10 yang pas saya baru dateng belom buka, mungkin baru buka di atas jam 9an. Walaupun pembayaran bisa dilakukan dengan gesek kartu debit atau kredit berlogo Mastercard dan Visa (kecuali Debit BCA), mungkin kamu bakalan butuh duit buat belanja hal-hal lain, misalnya di booth-booth yang ada di luar area pameran.

DSCF8647 (1280x854)

Laper? Haus? Ada area food court yang menjual berbagai jenis kuliner, ada Luvi Coffee, Old Town White Coffee, Bang! Martabak, Dozo Yakitori, Snack and Go, Kebab Wagen, dan The Lime Chicken. Tapi ya, udah ngerti lah ya kalo harganya pun udah harga pameran, rata-rata harga makanan beratnya di atas 50 ribu rupiah. Minuman? Air mineral aja harganya udah 10 ribu rupiah. So, mungkin ada baiknya kalo kamu bawa makanan atau minuman sendiri dari luar, ga dilarang kok. Makanan atau minuman yang udah dipesan mesti dibayar di kasir dengan metode non tunai.

DSCF8646 (1280x856)

Di sebelah food court, ada arena bermain anak yang ga dipungut bayaran. Buat yang dateng ama anak, kalo anaknya mulai rewel gara-gara ortunya keasikan hunting buku sampe lupa waktu, bisa bawa anaknya ke sini nih. Dijamin ga cemberut lagi.

DSCF8678 (1280x854)

Di deket kasir, ada jasa titip buku 24 jam yang lumayan buat mereka yang buku beliannya mulai menumpuk. Di sini kamu bisa nitipin buku yang mau dibeli selama 24 jam, sebelum dibalikin lagi ke tempatnya masing-masing kalo ga diklaim. Saya ngeliat ada pengunjung yang trolinya udah penuh semua ama buku. Padahal itu trolinya lumayan gede lho. Nah, buat tipe pengunjung yang kayak gini, kayaknya bakal lebih enak kalo trolinya yang udah penuh dititipin di sini nih, abis itu pergi lagi hunting buku dengan troli baru. Atau bisa juga digunakan oleh mereka yang mau ngelanjutin hunting buku keesokan harinya. Lho, kenapa ga dibayar aja dulu yang itu terus besok beli lagi? Ya, bisa jadi karena pas mau bayar ke kasir ternyata antreannya udah panjang banget. Mendingan pulang dulu terus balik lagi pas jam sepi buat ngebayar semua buku-bukunya. Atau bisa juga karena ga mau ngebuang voucher promo yang cuma bisa dipake buat sekali pembayaran.

 

Buku Apa Aja yang Dijual?

Akhirnya saya sampe di ICE jam 8.40, terus masuk lewat pintu masuk bangunan yang ada di Hall 10, tapi pintu masuk ke dalem ruangan pamerannya sendiri ada di Hall 8. Mobil-mobil yang diparkir udah banyak banget, saya sempet cemas jangan-jangan di dalem udah rame kayak cendol. Saya teringat cerita temen-temen saya yang dateng pas Preview Day sale, semacam soft opening gitu tanggal 20 Aprilnya, ada yang pas mau bayar mesti ngantre sampe 5 jam lho. Gila ga tuh. Makanya saya udah sengaja dateng sepagi mungkin. Apakah saya kurang pagi?

DSCF8757 (1280x804)

Di depan pintu masuk, ada layout hall segede robot Megazord yang sering luput dari perhatian pengunjung. Buku-buku yang dijualdi sini berasal dari berbagai genre, semua dengan kode warnanya masing-masing. Detailnya sebagai berikut,

  1. Kategori Children, berwarna biru muda, dibagi menjadi island activity book, young adult, readers, board books, box sets, sticker books, sound books, Christmas, picture books
  2. Kategori Fiction, berwarna oranye, dibagi lagi menjadi island umum, graphic novel/comic, romance, literature
  3. Kategori Non Fiction, diberi warna ungu, dibagi menjadi island music/movie, health & wellness, self help, travel, business, reference, home & garden, biography, religion, humor, photograpy, architecture & design, transportation, sports/games/puzzle, history/politics/current affairs, pets/animals/science/nature, beauty & fashion, family & relationship, cookery, arts & crafts
  4. Kategori Journals, diberi warna hijau, menjual buku tulis unik beraneka rupa
  5. Kategori buku Indonesia, berwarna merah, dibagi menjadi island buku anak, agama, novel, dan non fiksi, kebanyakan dari penerbit Mizan
  6. Kategori As Advertised, warna kuning, sebenernya gado-gado, menjual buku yang dipromosiin melalui website dan page Facebook mereka.

DSCF8659 (1280x854)

Di island buku music/movie saya nemuin salah satu buku pop up yang pernah saya incer, Star Trek Pop Up Book. Tapi untungnya saya udah ga pengen lagi, soalnya saya liat review yang ada di Youtube, saya ngeliat tiap halamannya dibuka dan ternyata pop up-nya kurang keren. Masih lebih keren buku pop up Star Wars yang saya punya.

DSCF8662 (1280x853)

DSCF8665 (854x1280)

Di suatu sudut buku non fiction, ada area premium zone yang menjual buku-buku yang katanya langka. Ada buku Star Wars Blue Prints yang tebel kayak ensiklopedia. Terus ada juga buku The Phaidon Archive of Graphic Design yang saya yakin Ferdi bakal tertarik beli. Tapi karena lagi bokek, katanya sih ga berminat. Padahal harganya didiskon 60 persen dari harga aslinya (referensinya dari situs Book Depository) yang sekitar 2,5 jutaan rupiah.

DSCF8700 (1280x853)

DSCF8725 (1280x853)

DSCF8720 (1280x854)

DSCF8732 (1280x853)

Walau saya berkeliling ke hampir semua island, namun rata-rata cuma saya lewat aja dengan cepet. Sejak awal saya emang ga punya daftar buku yang mau dibeli sih, niatnya emang cuma pengen liat-liat, bahkan sekalipun ga beli buku pun gapapa. Sesekali ngebuka-buka buku yang keliatan agak menarik. Ga semua buku dibungkus plastik dan kalopun semuanya terbungkus plastik, saya ga mau ngebuka. Ada buku yang udah sengaja dibuka ama panitia dan dikasih label SAMPLE di covernya. Tapi pas lewat di area buku travel, humor, fotografi, dan sejarah, saya berjalan agak lambat karena buku-buku yang ada di sana ternyata berhasil menarik minat saya.

Akhirnya, saya membeli lima buah buku yang harganya ga terlalu mahal, yaitu buku komik Garfield (85 ribu), Bunny Suicides (65 ribu), dan Snoopy (75 ribu), satu buku sejarah Perang Dunia II seharga 190 ribu yang menurut saya bagus karena alurnya berupa timeline dan dilengkapi dengan banyak foto-foto, dan satu buku titipan temen. Beli yang murah-murah aja deh, hehehe (bokek mode on). Lagian kalo borong, saya repot bawanya, kan ga pake mobil. Buku impor berat meeen.

 

Ada Promo Apa Aja?

Saya tau, pasti ini informasi yang paling kamu tunggu-tunggu. Iya kan? Iya kan? Udah lah, ngaku ajaaa.

DSCF8737 (1280x855)

DSCF8633 (1280x856)

Di depan pintu masuk, ada stand buat mendaftar jadi member BBW. Kamu bakal dibantu sama mbak-mbak yang cantik nan baik hati. Kalo kamu udah jadi member, kamu bisa ngedapetin buku-buku yang ada label harga berwarna kuning dengan harga yang tertera di situ, lumayan lebih murah beberapa puluh ribu sih. Katanya sih ada 30 judul buku yang dikasih label kuning kayak gini. Masalahnya adalah, mereka ga ngasih tau buku-buku apa aja yang dilabelin kuning kayak gini, mereka bilang kamu mesti hunting sendiri (saya dalem hati : gile aje loooo!). Dan lagi, belom tentu juga itu buku yang kamu mau atau sesuai minat kamu. So, promo yang ini kurang worth it sih menurut saya.

DSCF8687 (1280x855)

Promo yang jauuuh lebih worth it datengnya dari Mandiri yang kayaknya jadi sponsor utama di BBW tahun ini. Syarat buat ngedapetin potongan harganya agak-agak ribet, kamu bisa baca sendiri detailnya di situs mereka. Buat ngedapetin voucher, mesti ada minimal pembelian lah, ada yang vouchernya cuma berlaku pada hari tertentu lah, jumlah vouchernya terbatas lah, dan tentunya mesti membayar pake EDC Mandiri. Tapi kalo nuker fiestapoin, kamu udah bisa ngedapetin potongan harga maksimum 20% atau 200 ribu rupiah dengan minimum transaksi 500 ribu rupiah. Kalo pake promo Mandiri, kamu juga bisa ngebayar lewat jalur antrean fast track, lumayan banget kan. Oiya, kalo kamu lupa bawa powerbank tapi secara ajaib ga lupa bawa charger, di sini ada charging station yang lokernya dilengkapi dengan kunci.

 

Tips dan Trik Selama Di Sana

Tadi di awal saya udah berbagi tips sebelom dateng ke sini. Sekarang, ada tambahan lagi nih tips dan trik yang bisa membantu kamu untuk memenangkan persaingan dengan pengunjung lain yang belom baca blog saya ini, hehehe.

DSCF8747 (1280x856)

Seperti yang udah saya bilang di awal, antrean bisa panjang banget pas sore hari, karena kebanyakan pengunjung dateng dari siang dan menghabiskan sekitar 2 sampe 5 jam di sini. Walaupun kasirnya udah banyak buanget, tapi kalo ternyata kamu mendapati antreannya udah panjang, kamu yang ga dateng sendirian bisa berbagi tugas buat ngantre. Satu orang ngantre sementara yang lain hunting buku. Begitu semua selesai hunting, antrenya udah deket kasir deh, bisa lebih hemat waktu kan?

Terus, gimana kalo kamu ga nemu buku yang kamu cari, tapi nemu buku lain yang ngebahas topik yang, yaaa, lebih kurang sama? Apakah buku itu sebagus buku yang kamu incer? Dalam situasi seperti ini, Google is your friend. Search aja nama buku itu plus ditambahin kata review di belakangnya. Atau pengen tau ratingnya? Bisa diliat di Amazon atau kalo saya sih biasanya search di Goodreads.

collage

Setiap label harga dilengkapi dengan kode kategori buku. Kayak di kedua buku di atas, kode dibagi menjadi dua, NF maksudnya Non Fiction, sementara HIS berarti History, SPGM berarti Sports/Puzzle/Games. Jadi kalo kamu misalnya ngeliat suatu buku yang bikin kamu tertarik pengen beli di troli orang, kamu bisa liat kode itu terus cari deh di area yang dimaksud. Jangan lupa minta izin dulu ke yang bawa troli ya buat ngeliat kode itu.

Sayangnya, panitia BBW yang kebanyakan direkrut dari kalangan mahasiswa ini belom tentu tau lokasi buku yang kamu cari. Kayak saya misalnya nyari buku titipan adik saya yang ga ketemu. Mungkin ada tapi ga ketemu, atau emang beneran ga ada. Ga ada juga fasilitas komputer yang bisa membantu untuk mencari tau lokasi suatu buku disimpan, atau sekedar mengecek apakah sebuah buku dijual di sini atau ngga.

DSCF8753 (1280x854)

Oke deh, mungkin cukup segitu aja laporan lapangan dari saya. Segitu aja udah lumayan banyak yang kayaknya, tapi emang itu tujuannya, memberi informasi sedetail mungkin buat kamu. Happy hunting di event Big Bad Wolf Indonesia 2017! Berbelanjalah dengan bijak, belilah hanya buku yang ingin kamu baca, dan bacalah buku yang udah kamu beli.

3 pemikiran pada “Big Bad Wolf Indonesia 2017 : All You Need To Know (Serpong)

Tinggalkan Balasan

