Dari Sini Proklamasi Kita Digaungkan : Galeri Foto Jurnalistik Antara (Jakarta)

Sebenernya super kebetulan aja sih saya ke sini karena sebelumnya saya abis makan di Joni Steak di Jalan Samanhudi. Terus karena macet parah, waktu itu lagi ada kampanye akbar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Anies-Sandi di Lapangan Banteng, saya iseng banget ngambil jalan motong melewati Pasar Baru. Sampe depan, saya lupa juga kenapa saya akhirnya berbelok ke arah kanan, di mana akhirnya saya tanpa sengaja melihat gedung ini di sebelah kanan jalan.

DSCF6215 (1280x853)

Bangunan bergaya kolonial ini tak pelak langsung menarik perhatian saya. Apalagi di depannya juga ada banyak umbul-umbul. Ow, ternyata lagi ada pameran di sini. Di muka gedung ada tulisan panjang yang seluruhnya kapital, “Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 Dipancarkan Ke Seluruh Penjuru Dunia Dari Sini.” Gedung ini dulunya emang pernah menjadi Kantor Berita Antara yang menggaungkan kabar kemerdekaan kita hingga ke India, Australia, dan Amerika Serikat. Jalan di depannya pun lalu diberi nama yang sama, Jalan Antara.

DSCF6187 (1280x857)

DSCF6189 (1280x855)

DSCF6192 (1280x853)

Ternyata saat itu Galeri Foto Jurnalistik Antara lagi ngadain pameran Histori Masa Depan, yang memamerkan puluhan poster pameran fotografi yang pernah digelar pengelola sejak galeri ini dibuka pada tahun 1992. Pameran diadakan dalam rangka menyambut sepuluh windu Kantor Berita Antara berdiri sekaligus peluncuran logo baru Kantor Berita Antara. Melihat pameran ini, kita seakan diajak menyelami sepak terjang para jurnalisnya di dunia fotografi Indonesia.

DSCF6203 (1280x854)

Di sayap kanan bangunan ada souvenir shop yang  menjual berbagai pernak-pernik yang kebanyakannya adalah buku dan kaos. Sayang, mungkin karena hari Sabtu, tokonya ga dibuka dan saya cuma bisa melihat-lihat saja dari pintu kaca yang terkunci. Di sayap kiri bangunan ada ruang pameran yang difungsikan juga sebagai cafe. Di sana seringkali dijadikan sebagai tempat diskusi dan berkumpulnya komunitas foto jurnalistik di mana mereka biasa berbagi ilmu dan pengalamannya.

DSCF6214 (1280x853)

Saya lalu naik ke lantai dua bangunan. Di dinding di samping tangga terpampang logo Kantor Berita Antara dari masa ke masa. Jika di lantai dasar digunakan sebagai galeri foto dan pameran yang rutin diadakan, maka lantai dua ini lebih difungsikan sebagai museum.

DSCF6205 (1280x854)

DSCF6206 (1280x854)

Di salah satu sisi ruangan terdapat empat halaman komik yang menceritakan empat masa dalam sejarah Indonesia, yaitu masa pergerakan nasional, masa pendudukan Jepang, masa revolusi, dan masa demokrasi liberal. Sejarah lahirnya Kantor Berita Antara terselip di halaman pertama. Alkisah, ada empat orang pemuda, Adam Malik, A.M. Sipahoetar, Soemanang, SH, dan Pandoe Kartawigoena, yang ingin turut berjuang demi cita-cita kemerdekaan melalui jalur jurnalistik. Keempat pemuda inilah yang dianggap sebagai pendiri kantor berita nasional Indonesia ini.

DSCF6207 (1280x855)

Di dinding seberang terdapat foto Soekarno di depan Kantor Berita Antara yang pada masa pendudukan Jepang yang berubah nama menjadi Kantor Berita Domei. Di bawahnya ada sebuah mesin entah apa karena sayangnya sama sekali tidak ada papan informasi yang bisa dibaca. Di samping kiri ada plakat-plakat mika yang memajang wajah-wajah para pemimpin Kantor Berita Antara.

DSCF6208 (1280x855)

DSCF6209 (1280x853)

Di sudut lain, ada koleksi surat kabar (tapi hanya fotokopi) yang berasal dari harian Asia-Raya, Tjahaja, dan Sinar Baru yang diterbitkan seputar masa-masa kemerdekaan Indonesia. Di meja berderet berbagai merk dan tipe mesin ketik kuno yang pernah digunakan Antara. Lalu ada pula kamera dan mesin ketik milik Adam Malik, koleksi radio, dan bahkan sepeda motor jadul.

DSCF6216 (853x1280)

Sebelum pulang, saya sempet juga mengabadikan bangunan lain di samping galeri. Di depan gedung yang tidak terawat ini masih jelas terpampang papan nama “Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara” yang entah masih beroperasi atau tidak.

Jam Buka
Selasa-Minggu 10.00-20.00
Senin dan Hari Libur Nasional TUTUP

Tiket Masuk
GRATIS

 

Galeri Foto Jurnalistik Antara
http://www.gfja.org/
Jalan Antara No. 59, Pasar Baru, Jakarta Pusat
Click for Google Maps

galeri-jurnalistik-antara.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s