Gak Nyangka, Asinan Betawi H. Mansyur Rasanya Mantep Abis (Jakarta)

Di tengah gerusan budaya asing, kuliner tradisional yang khas Indonesia juga tidak ketinggalan terkena efeknya. Walau masih banyak kuliner kita yang masih eksis, sayangnya ada juga beberapa yang sudah semakin terpinggirkan, terlupakan, dan kehilangan penggemarnya. Salah satunya adalah asinan betawi yang sudah semakin jarang kita temui.

DSCF5600 (1280x853)

Saya dateng ke sini dengan bantuan petunjuk arah dari Google Maps. Namun rupanya, banyak jalan yang diportal sehingga saya jadi muter-muter dan bahkan sedikit melawan arah (jangan dicontoh ya) untuk bisa ke sini. Jalan terbaik untuk ke sini adalah melalui Jalan Balai Pustaka Timur, Jalan Persahabatan Raya, atau Jalan Cipinang Baru Timur terus ke Jalan Persahabatan Utara, terus muter di ujung jalan, baru deh masuk ke Jalan Kamboja I. Jalannya agak sempit dan tempat parkir untuk mobil juga agak sulit karena lokasinya berada di dalem daerah perumahan warga.

DSCF5609 (1280x853)

Pas saya sampe ke sana, suasananya rame banget. Saya sama sekali ga nyangka kalo peminat asinan betawi ini banyak banget. Terharu juga sih. Itu orang-orang sampe duduk demi ngantre. Saya pikir saya sial banget karena mesti ikutan ngantre. Tapi ternyata itu antrean buat yang mau take away alias bungkus bawa pulang. Kalo makan di tempat ternyata ga perlu nunggu selama yang mau bungkus ini. Menu yang disediakan terbilang sederhana, cuma ada asinan sayur sama asinan buah.

DSCF5604 (1280x853)

Ga lama, pesenan asinan sayur saya dateng. Kebetulan sore itu saya juga belom sempet makan dari pagi sehingga saya udah ga sabar buat makan. Lapeeeerrr. Pas suapan pertama, saya langsung paham kenapa banyak banget orang yang ngantre. Walau saya udah pernah beberapa kali makan asinan sayur khas betawi, baru kali ini saya mendapati asinan yang kuahnya pekat. Selain itu, rasa asemnya pun pas dan menyegarkan, ga berlebihan karena terlalu banyak cuka. Sayurannya pun segar dan berkualitas baik. Saya menikmati suap demi suap dari asinan sayur ini dengan mengigit kerupuknya yang ada dua macem, kerupuk merah dan kerupuk mie kuning yang khas. Pokoknya Asinan Betawi Alm. H. Mansyur recommended deh!

Asinan Sayur IDR 15K

 

Asinan Betawi Alm. H. Mansyur
Jalan Taman Kamboja No. 10 Jakarta Timur
Click for Google Maps

asinan-betawi.jpg.jpg

Tinggalkan Balasan

