Berburu Kupat Tahu Petis (Bandung)

Udah lama rasanya saya ga makan kupat tahu. Maka jadilah pagi itu, abis jalan-jalan ke Curug Dago makan Bubur Ayam Mang Oyo, saya ama Nanda pergi berburu kupat tahu. Eh, dia mah nemenin doang sih, soalnya dia lebih milih makan Bubur Ayam Mang Oyo. Saya sengaja ga makan bubur karena pengen makan kupat tahu. Tapi, bukan sembarang kupat tahu. Saya lagi ngidam kupat tahu petis. Itu loh, yang pake pasta hitam yang umumnya terbuat dari udang sehingga rasanya menjadi lebih gurih.

DSCF5583 (1280x853)

Dulu saya pertama kali nyobain kupat tahu petis di deket rumah saya. Tapi sayangnya sekarang udah ga jualan lagi. Jadi saya coba googling dan nemuin tempat ini. Saya dateng jam setengah delapanan, eh ternyata belom buka. Tapi karena udah kadung penasaran sama tempat yang katanya legendaris ini, akhirnya saya nungguin di mobil yang diparkir di seberang, sampe tidur di mobil. Jam 9an mereka baru mulai berjualan. Katanya sih mereka jualan setiap hari sampe jam 4 sore. Hari Jumat tututp.

DSCF5586 (1280x854)

Hmm, ternyata kupat tahu petisnya sama sekali ga seperti yang saya bayangkan. Beda banget sama karakteristik kupat tahu yang biasanya berbumbu kacang. Bumbu petisnya ternyata berupa kuah, kayaknya ga ada bumbu kacangnya sama sekali. Akibatnya, aroma petisnya jadi kuaaat banget. Dan karena hal itu plus ga ada bumbu kacangnya, saya ga suka! Duh, bukannya ga mau ngejelek-jelekin sih, dan bukannya ga enak. Simply karena lidah saya yang ga cocok. Apalagi selain saya, ada pengujung lain yang pas sekali beli langsung pesen 5 bungkus. Itu udah jadi bukti kalo kupat tahu petis mereka memang memiliki penggemar. Mereka juga sebenernya menjual kupat tahu sayur namun peminatnya bahkan lebih sedikit ketimbang kupat tahu petis.

Kupat Tahu Petis IDR 19K

 

Kupat Tahu Petis & Sayur Pak Haji
Jalan Halimun No. 2, Burangrang, Bandung
Click for Google Maps

kupat-tahu-pak-haji.jpg.jpg

 

Karena merasa belom puas, saya akhirnya mencari kupat tahu petis di lokasi lain, tapi tentunya mesti yang berbumbu kacang. Ngasal aja lah, ga perlu googling-googling segala. Yang jualan di tenda pinggir jalan pun jadi. Dari daerah Jalan Burangrang saya membawa mobil sampe ke Jalan Martanegara dan ngeliat ada penjual kupat tahu ini nih. Dia menjual kupat tahu petis, kupat tahu sayur, dan gado-gado.

DSCF5589 (1280x857)

DSCF5597 (1280x854)

Akhirnya, ini baru kupat tahu petis yang saya bayangin. Tahu gorengnya gede banget dan lembut. Saking lembutnya, si ibu (bukan Pak Toto seperti yang mungkin kamu pikirkan) yang nyiapin cuma mengirisnya sekali, tapi isi tahunya udah terburai ke mana-mana. Bumbu kacangnya juga banyak banget, seneng deh liatnya. Sepiring kupat tahu petis pun ludes dengan cepat dan alhamdulillah enak. Harganya pun murah meriah, cuma 10 ribu saja.

Kupat Tahu Petis IDR 10K

 

Kupat Tahu Sari Rasa “Pak Toto”
Jalan R.A.A. Martanegara, Bandung
Click for Google Maps

kupat-tahu-pak-toto.jpg.jpg

Tinggalkan Balasan

