Ini Dia Baru Gado-Gado Enak, Gado-Gado Cemara! (Jakarta)

Entah kenapa, kebanyakan orang kalo ditanya gado-gado apa yang enak di Jakarta, pasti deh nyebutnya Gado-Gado Boplo yang cabangnya ada di mana-mana. Atau mungkin ada juga yang bakal menyebut Gado-Gado Bonbin, yang cuma ada di Cikini. Padahal pas saya nyobain keduanya, rasanya sih ga terlalu berkesan buat saya. Sampai pada suatu hari, saya malem itu rasanya pengen makan gado-gado. Ga mesti gado-gado yang mahal sih, yang pinggir jalan aja cukup. Tapi rupanya, nyari penjual gado-gado pinggir jalan di malam hari di Jakarta itu merupakan pekerjaan yang nyaris mustahil. Hampir semua penjual gado-gado gerobakan menyudahi perniagaannya sekitar jam 4 atau 5 sore dan pulang ke peraduannya (cieh). Tidak putus asa, saya mencoba mencari penjual gado-gado dari aplikasi Go-Food. Eh, ga dinyana, saya menemukan Gado-Gado Cemara ini, yang memfasilitasi free delivery kalo pembayarannya dilakukan dengan Go-Pay. Saya belilah satu porsi. Pas dicoba, aaahhh, enaaak!

DSCF5731 (1280x855)

Akhirnya, saya berniat buat membuat review-nya. Kalo cuma dari makanan yang dibungkus doang, foto-fotonya ga akan bagus. Saya pun mengunjungi cabang terbaru Gado-Gado Cemara yang ada di Setiabudi One. Cabang yang sama pas saya memesannya via Go-Food beberapa hari sebelumnya. Gado-Gado Cemara ini ternyata udah berdiri sejak tahun 1947, waktu itu di pertigaan Jalan Cemara, Gondangdia. Setelah sempat berpindah beberapa kali, akhirnya cabang pusat mereka sekarang menetap di Tanah Abang.

DSCF5728 (1280x853)

DSCF5729 (1280x853)

Selain gado-gado, mereka menawarkan beberapa menu makanan yang cukup menggoda. Ada asinan, lontong cap gomeh, ikan pesmol tenggiri, sate ayam, sop buntut, gule kambing, dan menu masakan asli Indonesia lainnya. Untuk gado-gado, mereka menawarkan 3 paket dengan kombinasi menu dan harga yang cukup menarik. Soalnya, gado-gado tanpa lontong itu harganya 35 ribu, sate ayam 10 tusuk 43 ribu, tapi Paket 1 yang isinya ada gado-gado, 5 tusuk sate ayam, dan nasi putih itu dihargai 43 ribu doang coba? Gimana ga best deal? Apalagi dengan cuma nambah 2 ribu rupiah, kita juga bisa dapet sebotol air minum kemasan berukuran kecil. Waktu itu sih saya dikasihnya My Tea.

DSCF5730 (1280x854)

DSCF5735 (1280x854)

Apa sih yang bikin Gado Gado Cemara beda dari gado-gado lainnya yang udah pernah saya coba? Yang bikin beda terutama di bumbu kacangnya yang rasanya gurih. Konon katanya bumbu kacangnya menggunakan kacang tanah dan sedikit kacang mede untuk menguatkan rasa dan aroma. Lalu, sayurnya juga enak, lembut karena udah direbus dengan tingkat kematangan yang pas. Udah gitu, kerupuknya juga ada dua jenis, kerupuk merah kayak buat ketoprak dan kerupuk emping. Porsinya juga gede dan cukup mengenyangkan.

DSCF5733 (1280x857)

Kalo satenya, ada tiga hal yang saya paling inget. Ukurannya yang gede-gede, maka jangan heran juga kalo seporsinya harganya 43 ribu. Seporsi kayaknya bisa buat dua orang deh. Terus, dagingnya yang mengambil bagian dada ayam sehingga tanpa lemak dan tentu saja lebih sehat karena rendah kolesterol. Dan yang ketiga, sayangnya rasa bumbu kacangnya agak asin. Saya udah berusaha dua kali menambahkan kecap manis tapi sayang rasa asinnya masih cukup kentara.

Paket Cemara 1 IDR 43K + Minuman Kemasan IDR 2K

 

Gado Gado Cemara
http://gadogadocemara.com/
Cabang Setiabudi One, Jalan H.R. Rasuna Said, Karet Kuningan, Jakarta Selatan
Click for Google Maps

gado-gado-cemara.jpg.jpg

Tinggalkan Balasan

