Gudeg Manggar Bu Jumilan Nan Gurih (Bantul)

Sekalian pulang, saya ngajakin keluarga saya buat nyobain Gudeg Manggar yang dijual oleh Bu Jumilan. Untungnya, arahnya masih bisa disesuaikan dengan arah kita pulang lagi ke Bandung. Letaknya lumayan jauh juga dari kota Jogja, sekitar 22 km ke arah Bantul, malah udah bukan berada di kota Bantulnya melainkan di tepi Jalan Raya Srandakan.

DSCF5404 (1280x853)

DSCF5411 (1280x853)

Ruangannya sederhana banget, berada di lantai satu dari bangunan bertingkat dua yang mana kayaknya sih lantai duanya dijadiin rumah tinggal. Dari tepi jalan terlihat papan nama berwarna kuning bertuliskan “Warung Makan Bu Jumilan Special Gudeg Manggar.” Ga ada daftar menu, pengunjung bisa ngeliat langsung menu yang ada di lemari pajangnya, persis kayak dateng ke rumah makan padang. Selain gudeg, tentunya ada juga krecek, telur bacem kuah, ayam, ati ampela, tahu kuah, mangut lele, buntil daun singkong, dan beberapa menu lainnya.

DSCF5410 (1280x853)

Karena ayamnya abis, saya minta diganti pake ampela aja, selain itu ada telur, krecek, dan gudeg manggarnya itu sendiri. Terus, apa sih gudeg manggar itu? Kalo gudeg yang berbahan dasar nangka muda atau disebut gori, pasti kamu udah pernah makan kan ya. Nah, gudeg manggar ini dibikin dari kembang kelapa muda. Aneh? Ya emang aneh, makanya saya penasaran pengen nyoba. Kalo kamu bosen dengan rasa gudeg nangka yang gitu-gitu aja, cobain dong gudeg manggar ini.

Gudeg manggar ini emang udah makin sedikit penjualnya. Saya menebak, mungkin karena prosesnya yang jauh lebih lama, konon dalam sehari pun belum tentu jadi. Duh! Yang pasti, proses memasaknya yang lama ini bisa menghasilkan rasa gudeg yang memang rasanya unik. Di setiap gigitannya ada krenyes-krenyes yang berasal dari bunga kelapa muda tadi. Rasa gurihnya mampu membuat adik saya makan dengan lahap. Padahal sebelumnya dia udah sempet sarapan pecel lho di Jogja, hehehe.

Gudeg Ati Ampela/Paha Bawah IDR 15K
Telur Bacem IDR 3K

 

Gudeg Manggar Bu Jumilan
Jalan Srandakan KM.8, Mangiran, Bantul, Jogja
Click for Google Maps

gudeg-manggar-ibu-jumilan.jpg.jpg

Iklan

Satu pemikiran pada “Gudeg Manggar Bu Jumilan Nan Gurih (Bantul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s