Makan Seafood di Pantai Baron (Gunung Kidul)

Setelah malam tahun baruan, kita ngerencanain pergi ke Pantai Baron. Selama tiga tahun berturut-turut selalu ke Jogja pas akhir tahun, tiga kali itu pula kita selalu ke sini. Dan tiap kali ke sini, kita sama sekali ga pergi berenang di pantainya yang sempit karena berupa teluk. Kita ke sini buat makan seafood. Lagian pas kita ke sana juga pantainya rame banget. Lebih rame daripada sebelum-sebelumnya. Sebenernya sih yang demen banget ke sini itu papah saya. Soalnya mungkin karena bisa milih ikannya sendiri di pasar ikan yang kecil, ikannya juga masih fresh, abis itu bisa langsung dibakar. Kita sih ya ngikut-ngikut aja. Soalnya tiap kali jalan-jalan, masing-masing suka punya keinginan sendiri-sendiri mau ke sini atau ke sana dan semuanya tentu saja diakomodasi.

DSCF5157 (1280x853)

Perjalanan dari Jogja sejauh 58 km normalnya hanya akan memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Namun sekitar 2 km menjelang pantai, terjadi kemacetan yang parah. Nyaris dua jam kendaraan kita cuma merayap sedikit demi sedikit dan ternyata hal itu disebabkan oleh antrean kendaraan yang mesti membayar tiket di loket retribusi. Masya Allah, tega bener sih mereka. Apa mereka ga tau antreannya udah nyampe 2 km? Apa ga ada usahanya gitu supaya kita ga mesti antre 2 jam?

Untuk masuk ke Pantai Baron sendiri kita mesti membayar tiket sebesar 10 ribu rupiah per orang. Tiket ini sudah mencakup seluruh kawasan pantai yang memanjang dari Pantai Baron hingga yang terjauh adalah Pantai Pok Tunggal. Kekurangannya adalah, kalo kita pergi ke semua pantai itu kita mesti membayar karcis parkir sebesar 5 ribu rupiah.

DSCF5159 (853x1280)

Ini warung langganan kita kalo makan di Pantai Baron. Posisinya udah agak deket ke pantai dan deket ke si pasar ikan. Kita sebenernya bisa aja sih mesen makan atau seafood ke sini tapi kalopun kita udah milih ikan sendiri si pemilik warung tidak mempermasalahkannya. Lagian kita kan masih bakalan mesen nasi putih, kecap pedes, sambel terasi, cah kangkung, dan tentunya air minum.

DSCF5161 (1280x854)

DSCF5168 (1280x853)

Seperti biasa, pastinya selalu ada dua ikan bakar, cumi goreng tepung, cumi saus mentega, dan udang saus mentega. Banyak banget? Emang. Saya juga kadang suka ga setuju sih kalo pesennya banyak-banyak gitu. Kadang ga abis dan sampe dibungkus. Tapi kalo udah dibungkus gitu siapa yang mau makan? Kan kita masih bakalan kulineran lain-lain juga.

Anyway, sensasi makan seafood di tepi pantai emang beda sih daripada kalo makan seafood di kota. Rasanya kita ga pernah protes jauh-jauh dateng ke Pantai Baron dan cuma nyeafood doang. Hawa pantai yang panas, angin yang sepoi-sepoi bertiup ngebikin nafsu makan makin meningkat. Apalagi kalo makan ikan bakarnya ditemani kecap pedes dan sambel terasi, bikin pengen nambah nasi terus deh.

DSCF5169 (1280x853)

DSCF5173 (1280x853)

DSCF5176 (1280x853)

Kenyang makan seafood, kita nyempetin mampir ke Baron Technopark (Google Maps) yang ada di sebelah kawasan Pantai Baron. Hah, ga pergi ke pantai-pantai lain? Ngga, kita udah pernah ngedatengin hampir semua pantai di daerah situ pas liburan dua tahun sebelumnya. Kalo ke Baron Technopark ini kita belom pernah mampir dan penasaran pengen ngeliat jam matahari raksasanya yang kita liat di Instagram. Pas udah sampe ke sini, eh ternyata gitu doang. Ga keren-keren amat. Untungnya ke sini juga ga pake tiket masuk, karena Baron Technopark sebenernya bukan tempat wisata melainkan kawasan penelitian yang dimiliki oleh BPPT.

 

Pantai Baron
Tanjungsari, Gunung Kidul, Jogja
Click for Google Maps

pantai-baron.jpg.jpg

Iklan

2 pemikiran pada “Makan Seafood di Pantai Baron (Gunung Kidul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s