Makan Brongkos di Warung Ijo Bu Padmo (Jogja)

Abis dari Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam, karena emang menyengaja belom sarapan, saya ngajakin keluarga saya buat mampir makan brongkos yang berada di daerah Tempel, deket perbatasan Jogja dan Jawa Tengah. Selain Brongkos Alkid yang udah didapuk jadi salah satu kuliner favorit saya, brongkos ini sepertinya termasuk yang terkenal juga karena muncul di mesin pencarian Google. Karena mungkin belom masuk jam makan siang, warung ini terlihat lengang dan emang cuma kita doang yang jadi pelanggan mereka saat itu. Barulah setelah beberapa saat kita di sana, ada beberapa pengunjung lagi yang dateng. Waw, kayaknya kedatangan kita memancing rejeki nih.

DSCF5033 (1280x853)

Mungkin udah bisa menebak kenapa namanya Warung Ijo, tidak lain karena warna dinding ruangannya yang didominasi oleh warna hijau. Jadi mirip kayak karpet masjid, hehehe. Ruangan warung yang udah buka sejak tahun 1950 ini pun sangat sederhana, berbentuk segi empat dengan tiga buah meja makan yang ada di ketiga sisinya. Di meja ini ada toples-toples berisi kerupuk, peyek, dan lauk-lauk tambahan untuk menemani makan, kayak tempe dan tahu bacem, babat, perkedel, dan lain-lain.

DSCF5044 (1280x853)

Di sisi satunya lagi ada pintu menuju ke dapur. Nah, masakan yang tersedia di warung ini ditaro di panci-panci yang ada di atas meja kecil deket pintu. Ada brongkos yang jadi , krecek, tahu, tempe, sayuran untuk pecel, dan lain-lain. Tinggal pilih sesuai selera.

DSCF5040 (1280x854)

Papah mesen nasi pecel, sementara saya dan kedua adik saya mesen nasi brongkos komplet pake telor dan krecek. Mamah? Ga ikut makan karena sebelumnya udah kenyang makanin Serabi Notosuman yang belinya kebanyakan pas di Solo kemaren. Memang tidak salah kalo brongkos ini sampe terkenal ke mana-mana. Rasanya emang enak, gurih dan manis berpadu menjadi satu. Daging sapi yang dipotong dadu terasa sangat empuk. Pas banget buat jadi pilihan sarapan atau makan siang, apalagi karena warung ini pun buka dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore.

Nasi Pecel IDR 10K
Nasi Brongkos Komplit IDR 33K
Perkedel IDR 2K
Tempe Bacem IDR 2K

 

Brongkos Warung Ijo Bu Padmo
Jalan Tempel-Turi, Sleman, Jogja
Click for Google Maps

brongkos-ijo.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s