Nyate Buntel Bu Hj Bejo (Solo)

Kulineran saya sekeluarga di Solo diakhiri di Sate Kambing Bu Hj. Bejo. Hampir aja kulineran yang satu ini kelewatan, sate buntel. Sate buntel yang kalo di Jakarta nyarinya susah bingits ini emang berasal dari kota Solo. Konon katanya Pak Jokowi sekeluarga juga doyan makan sate di sini.

DSCF4886 (1280x853)

Walau rumah makan Sate Kambing Bu Hj. Bejo ini ga berada di pinggir jalan raya (malahan jalannya cenderung sepi), tapi pas sampe di depannya, udah banyak mobil yang parkir di seberangnya. Beberapa bahkan berasal dari luar kota. Ga sulit untuk menemukan rumah makannya karena ada spanduknya yang gede banget, lengkap dengan nomer telepon yang entah maksudnya untuk delivery atau gimana. Di depan ada dua orang pesinden yang selama saya di situ malah ga nyanyi sama sekali. Piyeee…

DSCF4903 (1280x853)

Bagian dapur ditaro di depan rumah makan, tapi asapnya ke mana-manaaa, sampe-sampe di dalem ruangan dipenuhi asap. Saya yang nungguin lumayan lama sampe pesenan sate buntelnya dateng sampe ngerasa perih mata yang amat sangat. Saking perihnya, saya sampe mesti nutup mata dan di satu titik sampe ngucek-ngucek mata pake air di wastafel belakang ruangan. Mestinya mereka investasi membeli kipas angin gede yang bisa meniup atau menyerap asap hasil panggangan menjauhi ruang makan.

DSCF4916 (1280x854)

Setelah lebih dari setengah jam, sate buntel yang dinanti pun datang. Karena sebelumnya udah kulineran wara-wiri ke sana ke mari di Solo, perut saya ama Ferdi sebenernya udah rada kenyang. Jadinya kita cuma pesen setengah porsi sate buntel yang terdiri dari satu tusuk aja. Tapi satu tusuk sate buntel kan ukurannya besar, jadinya cukup lah buat dimakan berdua. Sate buntelnya udah dilepas dari tusuknya dan sedikit dikoyak. Seperti klaimnya sebagai spesialis sate buntel, sate buntelnya emang maknyus. Lemaknya bercampur dengan daging sate sehingga terasa gurih banget.

DSCF4923 (1280x855)

Mamah yang ikut pun ternyata tak kuasa menahan godaan buat mencoba gule kambing. Dan sama juga, cuma mesen setengah porsi aja. Menurut saya gulenya cukup enak, jeroan-jeroannya lembut dan ga sulit untuk dikunyah. Dan karena setengah porsinya ini jumlahnya cukup lumayan, seporsi gule sepertinya bisa dimakan buat dua orang deh.

Sate Buntel (Seporsi) IDR 40K
Gule Kambing (Seporsi) IDR 25K

 

Sate Kambing Bu Hj. Bejo
Jalan Sungai Sebakung No. 10 Solo
Click for Google Maps

sate-kambing-bu-hj-bejo.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s