Serabi Notosuman, Si Lembut Nan Manis (Solo)

Sebagai penggemar serabi, apalagi kalo kamu orang Sunda, rasanya wajib mampir ke daerah Notosuman di Solo. Di sini ada dua pabrik pembuat serabi yang terkenal, Serabi Notosuman Ny. Lidia dan Srabi Notosuman Ny. Handayani. Saking terkenalnya nama Notosuman sebagai daerah pembuat serabi di Solo, kedua pabrik ini bahkan menyematkannya dalam nama produknya. Konon, Serabi Notosuman udah menyapa warga Solo dan sekitarnya sejak tahun 1920-an dan menjadi kuliner khas yang legendaris di sini.

DSCF4836 (1280x853)

Saya sekeluarga menyambangi Serabi Notosuman Ny. Lidia yang emang lebih terkenal dan sebenernya sih ada tokonya juga di Bandung, tapi saya belom pernah beli serabinya di sana. Di depan toko terdapat berpuluh-puluh wajan berukuran kecil yang digunakan untuk memasak serabi. Wajar aja karena pengunjungnya banyak dan sekali beli bisa berpuluh-puluh. Satu dus serabi putih (serabi biasa) isi 10 diharga 23 ribu rupiah sementara untuk serabi coklat dihargai 25 ribu rupiah. Pengen dicampur juga bisa, masing-masing isi 5, tinggal ambil harga tengahnya aja, 24 ribu rupiah.

DSCF4848 (853x1280)

DSCF4850 (1280x854)

Ga jauh dari situ, ternyata ada satu lagi toko serabi yang ga kalah rame pembelinya, Srabi Notosuman Ny. Handayani namanya, yang didominasi oleh warna oranye. Harganya sama aja dengan serabi Ny. Lidia, satu dus 23 ribu buat serabi biasa dan 25 ribu buat serabi coklat. Selain serabi, mereka juga menjual banyak jajanan pasar dan cemilan ringan. Di Surabi Ny. Lidia juga ada, tapi pilihannya lebih sedikit.

Buat ngebandingin rasanya, akhirnya kita membeli kedua penganan yang terbuat dari tepung beras dan santan tadi. Secara tekstur, keduanya sama-sama menawarkan serabi yang tipis dan lembut. Berbeda dengan surabi khas Sunda yang cenderung tebal dan agak kasar. Tapi ternyata dari segi rasa, keduanya berbeda. Srabi Ny. Handayani menawarkan rasa serabi yang lebih manis yang saya lebih suka rasanya.

 

Surabi Notosuman Ny. Lidia
Jalan Muh. Yamin No. 28 Solo
Click for Google Maps

Srabi Notosuman Ny. Handayani
Jalan Muh. Yamin No. 51 Solo
Click for Google Maps

serabi-notosuman.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s