Makan Soto Ayam Gading (Solo)

Setelah menempuh perjalanan dua jam dari Jogja ke Solo, pagi itu saya sekeluarga menyengaja melaparkan diri mengosongkan perut karena mau sarapan di Soto Ayam Gading. Nama Gading sendiri berasal dari nama Gapura Gading yang menjadi gerbang dari Alun-Alun Kidul di utara ke Jalan Brigjen Sudiarto. Mmmh, sedapnya soto yang udah jadi legenda di kota Solo rasanya udah terbayang di lidah.

DSCF4832 (1280x855)

DSCF4830 (1280x853)

Soto Ayam Gading berada di salah satu sudut antara Jalan Ciliwung dan Jalan Brigjen Sudiarto. Karena di depannya dijadikan tempat parkir untuk pengunjung yang menggunakan motor, akhirnya kita markirin mobil di ruko yang ada Rabbani-nya. Walau waktu udah menunjukkan pukul setengah sepuluh pagi, udah lewat jam makan pagi dan masih jauh sebelum jam makan siang, di dalem ternyata udah rame kayak pasar. Strategi “berdiri di belakang orang yang udah mau beres makan” harus kita jalankan biar bisa dapet tempat duduk. Maklum lah, orang lain juga ngelakuin strategi yang sama.

DSCF4821 (1280x855)

Walau menu utamanya memang hanya soto ayam, warung Soto Ayam Gading menawarkan banyak sekali lauk yang kalo diperhatiin, beda-beda tipis lah sama lauk yang disediain di warung nasi kucing, malahan jauh lebih lengkap. Ada bermacam-macam sate kayak sate usus, sate kerang, sate sapi, telur puyuh, ati ampela, risoles, tempe, tahu, perkedel (ditulis bregedel), daaaan masih banyak lagi. Semua lauk itu bahkan ditulis di sebuah papan gede yang bisa diliat semua pengunjung, lengkap dengan daftar harganya. Minumannya juga ada banyak, kamu bisa mesen minuman yang Jowo banget kayak wedang beras kencur atau bisa juga minuman-minuman modern kayak es lemon tea.

DSCF4827 (1280x855)

Kita mesen lima porsi nasi soto ayam yang nasinya dicampur kayak makan soto lamongan. Kuahnya seger dan cenderung bening tapi rasanya gurih.Suwiran ayam kampungnya juga menggugah selera. Ga heran kalo banyak orang yang suka dan memilih makan di sini buat sarapan. Papah saya aja sampe nambah lagi saking demennya sama kuahnya. Kalo pengen agak pedes, di meja tersedia dua macem sambel, ada sambel thok alias sambel doang, ada juga kecap pedes. Silakan dipilih sesuai selera.

Untuk menemani makan, jangan lupa nyobain lauk-lauk yang saya sebutin tadi. Mereka tersedia di wadah plastik yang ada di semua meja. Tapi, tentunya ga semua lauk ada di situ. Kadang kita mesti berburu lauk yang kita mau ke meja-meja lain. Misalnya kayak sate kerang ini nih, kita beruntung banget soalnya udah tinggal lima tusuk dari semua meja yang kita liatin. Risoles ini juga sama. Pokoknya lauk-lauk favorit agak susah deh dapetnya. Kalo mau terjamin ya dateng pas jam bukanya kali ya, jam 6 pagi. Jangan dateng deket-deket pas mau tutup jam 3 sore.

Nasi Soto Biasa IDR 8K

 

Soto Ayam Gading
Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75 Solo
Click for Google Maps

soto-ayam-gading.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s