Dapur Aceh yang Bikin Terharu (Bandung)

Beberapa tahun lalu, di Bandung itu sempet ada rumah makan Aceh yang terkenal dan punya banyak cabang. Gampoeng Aceh namanya. Saya inget waktu itu bisa dibilang dia yang pertama kali menaikkan makanan Aceh ke permukaan. Bukannya ga ada rumah makan Aceh, tapi emang dia yang cukup berhasil menaikkelaskan masakan Aceh. Tapi entah kenapa, lama kelamaan pamornya makin meredup. Cabang terakhirnya di Dago pun udah tutup sekitar setahun atau dua tahun yang lalu. Sekarang di Bandung udah ga ada lagi Gampoeng Aceh, berganti oleh Cie Rasa Loom yang punya beberapa cabang. Saya ama Nanda udah pernah nyobain juga ke Cie Rasa Loom di cabang Buah Batu.

DSCF4709 (1280x853)

Kali ini saya ama Nanda nyambangin Dapur Aceh yang ada di Jalan Katamso. Bukan karena terkenal sih, kalo ga ada yang ngasih rekomendasi tempat ini juga saya ga akan tau. Daerahnya emang bukan daerah jajahan saya. Ruangan rumah makannya pun sangat sederhana dan tidak terlalu luas. Sekilas malah lebih mirip warung bakso.

DSCF4701 (852x1280)

DSCF4702 (851x1280)

Menu makanannya terbilang sederhana, cuma ada variasi mie goreng, mie tumis (kalo di bakmi jawa bisa dibilang bakmi nyemek kali ya), mie kuah, nasi goreng (ga ada nasi tumis dan nasi kuah lho ya), martabak, dan roti cane. Isian mie dan nasi gorengnya merupakan kombinasi daging sapi, kambing, udang, dan cumi. Minumannya? Kalo di rumah makan Aceh sih standarnya udah pasti ada kopi dan teh tarik. Sisanya cukup standar.

DSCF4704 (1280x854)

Pas seporsi mie tumis cumi pesenan Nanda, agak amazed juga sih, Ternyata lumayan gede ya porsinya. Terus, mie tumis ala Aceh itu penampilannya ternyata agak terlalu oke sih (baca : berantakan), beda banget ama penampilan bakmi nyemek. Tapi ya oke lah, jangan terlalu menilai penampilan karena pas dicoba, ow ow ow, ternyata rasanya enak beuuud. Si Nanda aja sampe terharu saking udah lama banget ga makan makanan Aceh yang rasanya oke. Gimana ya ngejelasinnya? Ah, pokoke kamu mesti coba sendiri deh. Enak!

DSCF4707 (1280x855)

Karena Nanda udah mesen mie, saya mendingan pesen nasi goreng aja lah ya. Saya pesen nasi goreng kambing yang telornya diceplok (bukan request tapi emang udah dari sananya). Daaaan, sebelas dua belas ama mie tumisnya, cita rasa nasi gorengnya enaaaak. Nasinya pulen, potingan daging kambingnya banyak dan empuk. Duh, nikmat banget deh pokoknya. Kamu pernah liat ga sih orang yang saking enaknya itu makanan, pas makan di sampe senyum-senyum? Nah, saya juga pas makan nasi goreng ini kayak gitu.

DSCF4708 (1280x854)

Dan rasanya kan ga afdol kalo ke rumah makan Aceh tapi ga beli roti cane, iya ngga? Roti cane susu keju emang selalu jadi favorit kita kalo lagi ke rumah makan Aceh. Dan, roti cane yang dipake di sini, ga sama dengan roti cane yang biasa kita beli atau pesen. Biasanya roti cane itu pake roti maryam yang tebel tebel. Di sini ngga. Roti canenya (pas masih belom dimasak) bentuknya segi empat dan lebih tipis. Jadinya pas dimasak dan dihidangkan, roti canenya jadi sedikit renyah. Sisanya ya pake susu kental manis dan keju, sama aja. Tapi sensasi roti cane yang tipis dan renyah ini mampu membuat saya tersenyum-senyum sendiri lagi.

Mie Tumis Cumi Telor IDR 25K
Nasi Goreng Kambing Telor IDR 26K
Roti Cane Susu Keju IDR 13K

 

UPDATE 1 Juni 2017

Baru-baru ini Dapur Aceh pindah ke lokasi yang ga terlalu jauh, di Jalan Supratman No. 25, di area parkir butik Jenahara. Terus saya ngajakin kedua adik saya dan sodara sepupu buat munggahan sebelom puasa ke sana. Alhamdulillah semuanya bilang enak. Bahkan sampe ada yang nambah-nambah juga, hehehe.

DSCF9908 (1280x853)

IMG_20170525_132131 (1280x853)

 

Dapur Aceh
Jalan Supratman No. 25 Bandung
Click for Google Maps

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s