Menyeruput Sop Ikan Batam (Jakarta)

Waktu sekitar awal tahun 2014 saya berkesempatan untuk berkunjung ke Pulau Batam, ceritanya dalam rangka meeting ama end user, saya sempet tuh jalan-jalan keliling-keliling di daerah Nagoya dan makan yang namanya sop ikan di rumah makan Yong Kee Istimewa. Saya inget banget kalo rasa sop ikannya seger banget. Mungkin karena emang Batam kan pulau ya, jadi mestinya mau makan seafood di manapun, ikannya fresh from the sea.

DSCF4464 (1280x853)

Kalo di Jakarta, kamu pasti seengganya pernah denger dong restoran Sop Ikan Batam. Mereka punya banyak cabang tersebar di seantero Jakarta, dan beberapa cabang lagi di Tangerang, Bogor, dan Tol Cikampek. Menu yang ditawarkan menurut saya sih tergolong sederhana, ada lima macem sop ikan, dua macem seafood goreng, tiga macem sayur, beberapa cemilan ringan yang berbahan dasar ikan, satu menu ayam, dan satu menu bumper, nasi goreng seafood.

DSCF4466 (1280x853)

Di menu, ada tiga macem sop ikan bening, yang isinya ikan doang, yang isinya ikan ama udang, dan yang isinya ada ikan, udang, ama cumi, masing-masing berbeda harga 4 ribu rupiah. Saya tentunya nyobain mesen menu yang paling lengkap isinya aja sekalian. Penampakannya mirip banget sama sop ikan yang dulu pernah saya cobain di Batam. Ikannya kalo ga salah sih pake ikan tenggiri dan dagingnya ga ada tulangnya, empuk banget tapi ga sampe hancur. Begitu juga cumi dan udangnya. Kuahnya seger, ada irisan tomat hijau dan sayur sawi. Yang menarik, sop ikannya disajikan dengan sewadah kecil kecap asin yang dikasih potongan cabe rawit. Di meja ga ada sambel dan kalopun minta sama pramusaji, saya dikasih semacam saos sambel ACB.

DSCF4473 (1280x853)

Saya nyobain juga ikan goreng asam pedasnya yang crispy. Ikannya kayaknya pake ikan tenggiri juga yang dipotong kecil-kecil dan digoreng pake tepung. Menurut saya sih rasanya agak keasinan dan tepungnya berlebih. Sementara itu, rasa asam pedasnya diperoleh dari saos sambelnya. Mencocol si ikan ke saos malah jadi bikin rasa asinnya menjadi-jadi.

DSCF4474 (1280x855)

Saos sambel yang sama masih dipergunakan juga untuk mendampingi pesenan saya lainnya, baso ikan goreng. Dalam satu tusuk terdapat tiga buah baso ikan yang dilapis oleh adonan putih telur yang sudah ditambahi berbagai bumbu lalu digoreng hingga warnanya kuning kecoklatan yang cantik. Basonya yang berwarna putih sangat lembut dan hangat ketika ditelan masuk ke kerongkongan. Enak deh pokoknya. Dan karena basonya ga terlalu asin, pas dicocol ke saos juga rasanya jadi pas.

Sop Seafood IDR 43K
Ikan Goreng Asam Pedas IDR 28K
Baso Ikan Goreng (per tusuk) IDR 15K

 

Sop Ikan Batam
https://www.sopikanbatam.net/
Cabang Transmart Carrefour Cempaka Putih
Click for Google Maps

imperial

Iklan

2 pemikiran pada “Menyeruput Sop Ikan Batam (Jakarta)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s