Maknyusnya Kambing Guling di Nasi Goreng Kebon Sirih (Jakarta)

Abis ikutan suatu acara workshop kemaren, saya keidean buat mampir ke sini. Kebetulan cuma perlu nyimpang dikit dari jalur pulang. Saya ajakin juga temen kantor yang biasa suka ce-esan jalan, nonton, berenang. Ngajakin Doni, lagi cekak katanya. Ngajakin Alda, untungnya dia mau. Lumayan. Tujuan saya sih biar kalo ada makin banyak orang, makin banyak yang bisa dicobain (kan perutnya jadi ada lebih dari satu), sehingga saya juga bisa nge-review lebih banyak.

DSCF4490 (1280x855)

Nasi Goreng Kebon Sirih ini ada di deket daerah kuliner lainnya, Jalan Sabang, kira-kira 200 meteran lah kalo jalan kaki. Kuliner yang dirintis oleh H. Nein Amad sejak tahun 1958 ini biasanya baru buka sekitar jam 5 sore dan mengambil lahan trotoar di kedua sisi Jalan Kebon Sirih Barat I. Uniknya, sesekali ada juga mobil yang melewati jalan sempit nan ramai ini.

DSCF4488 (1280x855)

Nah, saking banyaknya pengunjung yang dateng, dan belom lagi yang ngebungkus, plus sekarang udah jamannya orang pesen makanan online lewat Go-Food atau Grab Food, mereka otomatis emang mesti masak nasi goreng dengan cara yang massal. Wajannya super gede. Papah saya pasti ogah nih makan masakan yang masaknya massal kayak gini. Menurut dia, rasanya pasti ga enak kalo dibandingin yang masaknya satu-satu. Saya jadi teringet kalo saya biasa beli mie jawa dengan kondisi pengunjung yang lagi rame. Pasti deh saya mesti nunggu lamaaa banget.

img-309071312-0001

Saya lalu membaca menu di bon pemesanan. Masakan yang bercita rasa kambing antara lain nasi goreng, sop, dan sate kambing. Sementara buat yang ga suka kambing, masih bisa ikut makan di sini dengan memesan nasi goreng ayam, nasi goreng sosis baso, atau sate ayam.

DSCF4494 (1280x853)

So, apakah bener nasi goreng yang dibikin secara massal pasti ga enak? Jumlah pelanggan mereka yang banyak sebenernya udah menjawab hal ini. Rasa nasi gorengnya enak kok, khas cita rasa timur tengah karena ada campuran rempah kapulaga, kunyit, sereh, lada, dan minyak samin. Yang agak miris sebenernya cara penyajiannya. Berpiring-piring nasi goreng terkadang dibawa ala pramusaji rumah makan padang. Ga heran kalo si empingnya bisa jadi lembek karena tertindih piring di atasnya. Belom lagi kalo bagian bawah piring di atasnya kurang bersih. Hiiih…

DSCF4500 (1280x854)

Salah satu keuntungan pergi rame-rame, saya jadi bisa nyobain menu mereka yang lain yang saya penasaran. Nasi ala kambing guling. Walau di situsnya dibilang harganya 32 ribu, ternyata pas bayar harganya 50 ribu. Tapi gapapa. Soalnya kalo dibandingin ama nasi goreng, ini rasanya worth it banget! Malah lebih worth it daripada nasi gorengnya yang terkenal. Kebanyakan orang juga kalo saya perhatiin cuma beli nasi gorengnya. Padahal, liat aja tuh daging kambing gulingnya yang bejibun menunggu untuk disantap. Mana daging dan gajihnya juga empuk-empuk dulu. Duuuuhhhh, terharu rasanya, hahaha.

DSCF4498 (1280x853)

Dan karena penasaran, saya beli juga sate kambingnya. Setengah porsi aja tapinya. Potongan sate kambingnya gede-gede dan sayangnya, ga ada gajihnya. Daging kambingnya empuk sementara bumbu kacangnya yang bercampur kecap terasa legit dan manis. Sayangnya, ga terlalu anget aja sih.

Nasi Goreng Kambing IDR 35K
Nasi ala Kambing Guling IDR 50K
Sate Kambing (Setengah Porsi) IDR 30K

 

Nasi Goreng Kebon Sirih
http://nasigorengkambingkebonsirih.id/
Cabang Jalan Kebon Sirih Barat Dalam I, Jakarta Pusat

Click for Google Maps

nasgor-kebon-sirih.jpg.jpg

Iklan

Satu pemikiran pada “Maknyusnya Kambing Guling di Nasi Goreng Kebon Sirih (Jakarta)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s