Es Cendol Elizabeth yang Nyegerin (Bandung)

Di saat kuliner semakin bervariasi, makin modern juga, ga bisa dipungkiri kalo sebagian orang menganggap es cendol adalah minuman tradisional yang ga ketinggalan zaman. Padahal ya mestinya ngga juga ya. Kuliner adalah soal rasa, bukan soal siapa yang muncul duluan dan siapa yang muncul belakangan. Saya juga, sebenernya sih ga terlalu suka cendol, hehehe. Saya lebih suka ama salah satu saudaranya yang sebenernya kalah populer, goyobod. Biasanya saya beli goyobod di Goyobod Kliningan yang terkenal itu.

DSCF4461 (1280x854)

DSCF4440 (1280x853)

Tapi gapapa, saya pengen ngereview minuman tradisional yang paling terkenal dari kota kembang ini. Awalnya saya taunya, sesuai namanya kan, kalo dia jualan di samping toko tas Elizabeth di Jalan Oto Iskandar Dinata alias Jalan Otista. Makanya kan karena itu namanya jadi Es Cendol Elizabeth. Tapi pas saya nanya ke kasir, katanya yang di Jalan Otista No. 518 di samping toko tas itu dengan yang di Jalan Inhoftank No. 64 ini berbeda pemilik. Tapi dua-duanya menyandang nama Es Cendol Elizabeth. Kok bisa ya…

DSCF4432 (852x1280)

DSCF4438 (853x1280)

Varian es cendolnya ada tiga, yang polos, pake potongan nangka, dan pake alpukat. Hmm, baru kali ini denger es cendol pake alpukat. Tapi berita baiknya, selain es cendol juga mereka ngejual es goyobod. Huooo, biar kedua adik saya aj yang beli es cendol dan saya numpang nyicip aja. Saya sih teteuuup beli es goyobod, hahaha. Terus, menu makanannya juga ada macem-macem. Ada batagor, baso tahu, mie baso, nasi goreng, dan lain-lain. Pas banget buat yang dateng sekeluarga atau bareng temen-temen yang masing-masing punya seleranya sendiri-sendiri.

DSCF4445 (1280x853)

Kamu tau lah ya es cendol? Cendol merupakan minuman khasyang terbuat dari tepung beras yang dikasih pewarna dari daun pandan atau daun suji, terus airnya dikasih santan dan gula merah. Rasa manis gula merahnya sangat pekat banget. Saking manisnya sehingga sebagian orang mungkin akan merasa rasa manisnya agak menyengat di kerongkongan. Menurut saya sih mendingan kalo gula merahnya dikasih sedikit aja, terus di meja disediain botol berisi gula merah, kayak naro kecap manis gitu lah, sehingga pengunjung bisa nyesuain sendiri tingkat kemanisannya. Selain itu, cendolnya, nangkanya, dan alpukatnya enak dan berkualitas.

DSCF4453 (1280x853)

Nah, es goyobodnya juga ternyata ga kalah enak. Karena disajikan di mangkok dan porsinya lebih besar dari cendol, harganya sedikit lebih mahal. Isiannya mirip kayak es campur, ada tape ketan hitam, potongan nangka, dan tape singkong alias peuyeum, dan serutan daging kelapa. Menurut saya rasanya sih ga kalah lah ama Goyobod Kliningan yang jauh lebih sederhana karena cuma pake roti.

DSCF4458 (1280x855)

Nanda beli baso tahu yang isinya cuma baso tahu dan siomay walaupun ada juga versi komplitnya yang harganya 6 ribu rupiah lebih mahal. Versi komplit ini isinya ditambahi telur, kentang, kol, dan paria. Baso tahu yang seporsinya dihargai 12 ribu rupiah ini menurut saya isinya kurang banyak, kayaknya cuma ada empat potong. Rasanya menurut cukup enak, siomay dan tahunya empuk.

DSCF4457 (1280x853)

Karena sehari sebelumnya saya abis makan batagor kering di Cuankie Serayu dan rasanya belom puas gara-gara keabisan baso tahu gorengnya, di sini saya tergoda beli batagor lagi. Walau harganya sama, seporsinya terasa lebih banyak dari baso tahu, mungkin karena pangsit dan tahunya lebih mengembang kalo digoreng. Dari soal rasa, kayaknya sih masih lebih enak batagornya Cuankie Serayu. Entah kenapa saya ngerasa acinya kerasa agak pahit. Atau cuma perasaan saya aja ya?

Es Cendol Nangka IDR 6K
Es Cendol Alpukat IDR 6K
Es Goyobod IDR 8K
Batagor Kering IDR 12K
Baso Tahu IDR 12K

 

Es Cendol Elizabeth
Jalan Inhoftank No. 64 Bandung
Click for Google Maps

es-cendol-elizabeth.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s