Mamam Cuanki & Batagor Serayu (Bandung)

Salah satu kuliner khas Bandung adalah baso cuanki. Pernah denger? Biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima keliling yang membawa dua buah tanggungan kotak berwarna perak. Kalo beli baso cuanki yang model beginian biasanya saya beli pake Indomie yang disediain penjualnya. Adakalanya dulu di rumah saya suka nyetok Indomie Rasa Soto, sengaja buat dipake pas beli baso cuanki dari tukang yang ngider.

DSCF4404 (1280x853)

DSCF4408 (1280x853)

Buat para wisatawan, tentunya ga mungkin dong mereka mesti nungguin ada tukang cuanki yang lewat dulu buat beli. Nah, di Jalan Serayu ada warung yang menjual baso cuanki yang terkenal banget. Cuanki Serayu namanya. Dan karena lokasinya strategis banget deket ama Jalan Riau, rame banget. Walau jadwal bukanya dari jam 11 sampe jam 9 malem, sebaiknya kamu jangan coba-coba dateng sore kayak saya kalo ga mau keabisan salah satu isian cuanki.

DSCF4414 (852x1280)

Buat mesen cuanki, kita mesti antre yang kalo panjang bisa sampe ke tepi jalan. Kalo rame bahkan bisa sampe ngantre setengah. Untuk menunya, selain baso cuanki, mereka juga nyediain menu batagor, bisa kering atau kuah, terserah selera. Keduanya pun bisa dipesen setengah porsi. Emm, lebih tepatnya sih dua per tiga porsi, soalnya kalo satu porsi isi 6 potong sementara setengah porsi isinya 4 potong. Terus menurut Nanda, jusnya juga enak-enak. Saya ga berminat untuk membuktikan, soalnya waktu kemaren ke sini saya udah bawa air minum sendiri.

DSCF4410 (1280x855)

Pas udah ngantre sekitar 10 menitan, pas banget isian gorengnya abis. Yang dimaksud isian goreng itu pangsit ama baso tahu goreng. Untungnya ga perlu nunggu lama, pangsit gorengnya beres dimasak. Sayangnya tahu gorengnya udah abis. Heuh, padahal baru jam 3 sore lho. Dan Cuanki Serayu ini emang rame ga cuma karena posisinya yang strategis tapi emang rasanya pun enak. Baso dan siomaynya empuk, gorengannya juga renyah dan gurih, tahunya lembut. Kuahnya juga seger. Mantep lah. Eh tapi bentar dulu. Sempet kepikiran ga sih kalo baso cuanki ini mirip kayak baso malang? Apa dong bedanya?

DSCF4411 (1280x855)

Batagornya, ga bisa disebut batagor juga sih, soalnya ga ada baso tahu gorengnya. Ya udah, daripada bete ya syukurin aja apa yang ada. Saya makan aja potong demi potong pangsit goreng dengan bumbu kacangnya yang legit. Anyway, pangsit gorengnya emang enak dan renyah sih. Tapi justru karena pangsit gorengnya enak itu saya malah makin kesel, soalnya jadi ngebayangin baso tahu gorengnya juga pasti enak nih, hahaha.

Baso Cuankie (1 Porsi) IDR 15K
Batagor (Setengah Porsi) IDR 10K

 

Baso Cuankie & Batagor Serayu
Jalan Serayu No. 2 Bandung
Click for Google Maps

cuankie-serayu.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s