Mencicipi Sop Janda Jawa-Sunda (Bekasi)

Entah apa maksudnya nama janda yang melekat di namanya, tapi menurut versi sop janda yang ada di Bekasi ini, tampaknya nama janda merupakan singkatan dari Jawa-Sunda. Entah apakah memang itu singkatannya atau bukan, yang pasti tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh para penggemar sop daging. Sebenernya di Bekasi dan sekitarnya ada beberapa penjual sop sejenis dan yang paling terkenal adalah Sop Janda Ibu Darmi yang ada di kawasan industri MM 2100, Cikarang Barat. Tentunya buat saya dan keluarga yang lagi ada di Bekasi, lokasi tersebut cukup jauh. Apalagi waktu itu udah menunjukkan pukul setengah 2. Sementara menurut sumber yang saya baca di internet, jam 3 hidangan di sana udah abis. Akhirnya saya memutuskan kita berkunjung ke sop janda yang ada di daerah Pekayon ini.

IMG_20161126_143322 (1280x854)

Walau lahan parkirnya agak sempit, cuma bisa muat tiga mobil aja, ruangan di dalemnya cukup luas, bisa menampung lebih kurang 40 pengunjung. Saya sekeluarga memutuskan untuk duduk di meja yang paling deket ama pintu masuk supaya lebih terang. Selain lauk, nasi diambil dengan cara prasmanan, jadinya pengunjung bisa mengambil nasi sesuai selera. Yang cowok bisa ngambil lebih banyak, sementara yang kaum hawa bisa mengambil lebih sedikit. Bagus kan, jadinya ga perlu ada nasi yang terbuang. Selain nasi, di meja prasmanan juga tersedia lalap sederhana dan gorengan tempe atau perkedel jagung, pas banget buat dimakan pake hidangan berkuah. Oiya, daftar menu lengkapnya bisa diliat bawah ya.

Photo 26-11-16 14.38.12 (1280x855)

Mamah saya memesan seporsi sop pindang patin yang harganya murah meriah, cuma 25 ribu aja lho. Selain pindang patin, mereka juga menyediakan pindang kepala salmon. Entah salmon beneran atau salmon-salmonan, saya juga ga ngerti deh. Bagian ikan bisa dipilih antara bagian kepala atau bagian ekor. Sayangnya waktu itu mereka bilang bagian ekornya udah abis. Agak sayang juga sih, soalnya kan emang ada orang yang ga suka bagian kepala. Menurut saya, rasanya pindang patinnya enak. Kuahnya seger, bumbunya juga meresap ke daging ikannya yang lembut. Ukuran potongan ikannya juga cukup gede, sehingga lebih dari cukup buat dimakan sendirian.

Photo 26-11-16 14.41.58 (1280x854)

Pas ngeliat menu, ternyata mereka menawarkan beberapa macam varian sop daging. Selain Sop Janda “doang”, ada juga Sop Kaki Janda dan Sop Janda Heboh. Kalo sop kaki kan udah jelas lah ya, apalagi ada fotonya, ini pasti pake bagian kikil yang ada di kaki sapi (bukan sapi janda lho ya!). Nah, untuk Sop Janda Heboh ini saya perlu nanya dulu ke pramusajinya karena gambarnya menurut saya belum cukup jelas. Kalo menurut pramusajinya sih, Sop Janda Heboh ini mengambil bagian dari leher sapi dengan porsi yang agak besar dibandingkan Sop Janda. Tingkat kepedesan yang diinginkan pun bisa dipesan. Saya dan Nanda akhirnya mesen Sop Janda Heboh dan dimakan berdua. Dan kita cukup surprised juga karena selain enak, rasa kuahnya juga mirip ama sop sapi yang biasanya di rumah suka dibikin sendiri. Hahaha, berarti bisa dong ya kita jualan? Dan walau udah dimakan berdua, dagingnya masih bersisa juga. Tapi tenang, perut saya masih cukup buat jadi tempat peristirahatan terakhir mereka.

Photo 26-11-16 14.42.18 (1280x854)

Papah tumben-tumbenan ga mesen sop daging juga dan malah mesen sate sapi. Di menu tertera harga per tusuk sate sapi, jadi kemungkinan besar pengunjung bisa memesan dengan angka yang ga kelipatan lima. Satenya disajikan mirip Sate Maranggi, ga pake bumbu kacang. Dan lagi-lagi kita cukup surprised, rasanya mirip ama sate sapi yang suka kita bakar dari jatah daging sapi kurban. Hahaha, fix lah ini mah mesti bikin cabang rumah makan sop janda sendiri di Bandung.

Sop Janda Heboh IDR 60K
Sate Sapi (10 Tusuk) IDR 65K
Pindang Patin IDR 25K

 

Sop Janda Jawa-Sunda
Jalan Raya Pekayon No. 11, Pekayon, Bekasi Selatan
Click for Google Maps

sop-janda.jpg.jpg

Daftar Menu

IMG_20161126_143104 (1280x854)

IMG_20161126_143132 (1280x855)

IMG_20161126_143142 (1280x854)

IMG_20161126_143203 (1280x855)

IMG_20161126_143214 (852x1280)

IMG_20161126_143224 (853x1280)

Iklan

4 pemikiran pada “Mencicipi Sop Janda Jawa-Sunda (Bekasi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s