Legenda Roti Jakarta : Roti Lauw (Jakarta)

Salah satu roti yang saya yakin masih sering kamu liat (terutama yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya) suka dijajakan oleh pedagang roti keliling yang menggunakan gerobak khas berwarna dominan biru dan putih, lengkap dengan papan namanya yang kayaknya sih ga pernah ganti-ganti sejak lama, adalah Roti Lauw. Konon Roti Lauw yang udah ada sejak tahun 1940 tetap mempertahankan cita rasanya sehingga selalu ada di hati para pelanggannya.

DSCF3952 (1280x854)

Saya mendatangi cabang Roti Lauw yang berada di sebuah ruko yang berada tepat di sudut pertigaan Jalan RS Fatmawati dan Jalan Damai Raya. Toko roti ini buka setiap hari Senin sampe Jumat jam 8 hingga jam setengah 8 malem, sementara kalo Sabtu cuma buka sampe jam 5 sore. Saya dateng sekitar jam setengah 10 pagi tapi ternyata beberapa jenis rotinya ga ada. Pas saya tanya, ternyata bukan karena udah abis, tapi justru belom jadi. Katanya sih roti-roti yang ga ada itu baru akan mateng jam 12. Agak dilema juga ya, kalo datengnya di atas jam 12, ntar roti yang udah jadi dari pagi kemungkinan akan ada yang udah abis.

 

DSCF3959 (1280x854)

Menurut informasi yang saya peroleh, roti yang dijual ternyata diproduksi di lokasi yang berbeda-beda. Roti yang ada di cabang ini misalnya, mereka produksi di sini. Yang di cabang Gondangdia juga sama, diproduksi sendiri. Sementara roti-roti yang dijual di pedagang keliling, itu disuplai dari pabrik di Pulogadung. Saya mengira pabrik yang di Pulogadung itu pasti gede banget. Saya juga bertanya-tanya, kalo pabrik dan manajemennya terpisah-pisah kayak gini, gimana dengan standar rasanya ya? Terus, walaupun pabrik dan manajemennya berbeda, kenyataannya bungkusnya rasanya sama semua ya?

DSCF3956 (1280x853)

Karena kalo saya baca review orang-orang, kebanyakan berkomentar kayak “Duh, roti gambangnya favorit saya banget nih!”, saya jadi penasaran ama roti yang satu ini. Bentuknya panjang kayak balok, berwarna coklat tua, teksturnya padet banget kayak bolu keras, dan di atasnya ada taburan wijennya. Roti gambang ini rasanya unik, tapi saya mesti jujur, ga cocok dengan lidah saya yang tampaknya kurang bisa menerima rasa penganan jadul ini. Padahal, roti gambang ini cuma dibuat dari adonan tepung terigu dan tepung roti yang diberi gula merah dan kayu manis. Entah kenapa lidah saya ga bisa berkompromi. Mestinya saya beli roti susu aja.

DSCF3957 (1280x853)

Selain roti gambang, untungnya saya beli roti lain juga. Masih roti manis juga sih, karena roti asin yang udah ada ga terlalu menarik minat saya, yaitu roti isi pisang coklat. Nah, kalo yang ini lidahnya saya bisa nerima banget nih. Rasanya enak, tapi ya ga gimana-gimana gitu. Selai coklatnya enak dan pisangnya juga lembut.

Roti Pisang Coklat IDR 8K
Roti Gambang 6.5K

 

Lauw Bakery
Cabang Jalan RS Fatmawati No. 42 Jakarta Selatan
Click for Google Maps

lauw-bakery.jpg.jpg

 

Tinggalkan Balasan

