Kriuk Risol Soto Mie Mang Ohim (Bogor)

Hari itu, saya abis iseng-iseng ngedatengin Museum PETA dan Museum Sejarah Alam Indonesia di Bogor dan perut rasanya udah laper banget karena paginya cuma makan doclang di deket Stasiun Bogor. Walau semalem saya udah memutuskan mau nyobain soto mie bogor, salah satu kuliner soto favorit saya, tapi saya ga berhasil membuat kesimpulan soto mie mana yang paling enak, paling populer, atau paling laris di Bogor. Agak aneh sih, mengingat soto mie ini kan mestinya kuliner khas Bogor, tapi blog yang memaparkan soto mie menurut saya cenderung minim deh. Emang sih akhirnya saya nemuin beberapa nama yang menjual soto mie yang kayaknya enak.

Waktu itu akhirnya saya nyatet ada tiga nama, Soto Mie Kesatuan, Soto Mie Gang Selot, ama Soto Mie Mang Ohim. Saya akhirnya mutusin buat dateng ke Soto Mie Kesatuan, karena masih bisa dijangkau dengan jalan kaki dari itinerary terakhir saya, Museum Sejarah Alam Indonesia. Sialnya, pas nyampe ke sono, waktu itu udah sekitar jam 2an, si Soto Mie Kesatuan yang jualannya di gerobak ini tampak lagi beres-beres. Yah, saya telat. Akhirnya saya mutusin buat dateng ke Soto Mie Mang Ohim yang jaraknya sekitar 7 km-an dan ke sana pake Gojek.

DSCF3590 (1280x853)

Dari depan, Soto Mie Mang Ohim tampak lebih menjanjikan. Tempatnya pun jauh lebih nyaman daripada Soto Mie Kesatuan tadi yang cuma menempati trotoar jalan. Warung mereka ternyata buka 12 jam sehari, dari jam 8 pagi sampe jam 8 malem, tiap hari, jadinya cocok buat yang mau nyari sarapan, makan siang, atau makan malem.

DSCF3582 (850x1280)

Selain soto mie, ternyata mereka juga nyediain menu soto lain yang bisa diimprovisasi dengan mudah dari soto mie. Misalnya ya ada soto santan, cuma nambahin santan kan. Terus soto bening yang mungkin kuahnya sama ama soto mie tapi ga pake mie. Soto babat? Cuma tinggal diisi babat doang. Pilihan minumannya sendiri malah jauh lebih banyak daripada makanannya, hehehe.

DSCF3585 (1280x853)

Akhirnyaaaa, semangkok soto mie pun datang ga pake lama. Perjuangan amat sih mau makan soto mie doang, hahaha. Padahal ini di Jakarta kayaknya ada di mana-mana. Eh, kan emang saya ceritanya pengen nyobain soto mie yang rada terkenal ya. Sebenernya sih kalo di pinggir-pinggir jalan di Bogor banyak banget yang jualan soto mie. Anyway, saya seneng soto mie karena semua yang saya suka ada di dalem soto mie. Ada daging sapi beserta jeroan-jeroan dan kikilnya, ada mie kuning, ada kol, ada kentang, ada emping, dan risol isi bihun. Semuanya saya suka. Yang saya ga terlalu suka palingan tomatnya sih. Nah, di Soto Mie Mang Ohim ini risolnya tuh yang paling menarik perhatian saya pertama kali. Karena risolnya kriuk kriuk banget kayak kerupuk. Beda banget misalnya ama Soto Mie Mang Giman yang kulit risolnya empuk kayak kulit sosis solo. Sedap deh pokoknya!

Soto Mie IDR 16K

 

Soto Mie Mang Ohim
Jalan Taman Cimanggu No. 22, Tanah Sareal, Bogor
Click for Google Maps

soto-mie-mang-ohim.jpg.jpg

Tinggalkan Balasan

