Warteg 21, Warteg yang Pernah Didatengin Jokowi (Jakarta)

Ah, setelah sekian lama pengen (dan sempet terlupakan) me-review salah satu kuliner legendaris indonesia : Warung Tegal, akhirnya minggu lalu kesampean juga. Ga jauh-jauh sih sebenernya, dari kantor saya malah cuma sekitar 3 km doang. Dulu juga, sebenernya sih saya pernah juga ke sini sekali. Tapi waktu itu kok rasanya ga terlalu berkesan ya. Ya udah, karena saya lagi males kulineran ke warteg yang jauh-jauh, kayak misalnya Warteg Warmo di Tebet yang juga cukup terkenal, saya kali ini ke sini dulu aja deeeh, Warteg 21.

DSCF3656 (1280x853)

Catet, warteg yang satu ini ga ada hubungannya sama jaringan bioskop 21 yang bioskopnya ada di mana-mana itu. Nama itu diperoleh karena kebetulan lokasinya persis berada di samping SMAN 21 Jakarta. Walaupun demikian, yang makan di sini ga terbatas anak SMA doang. Kadang-kadang orang-orang yang pake mobil mewah sekelas Toyota Fortuner pun ada lho yang makan di sini. Kepopulerannya itu bahkan makin menanjak karena sewaktu kampanye pilpres yang lalu, Pak Jokowi yang saat itu masih capres menyempatkan diri makan di sini. Seberapa nikmat sih hidangan yang mereka sajikan? Penasaran? Baca teruuus.

DSCF3654 (1280x853)

Iya, selain enak-enak, selayaknya warteg, mereka menyediakan banyak pilihan menu yang dipajang di etalase kaca. Makanan di warteg itu relatif tongue-friendly (istilah saya sendiri), alias bisa masuk ke lidah siapa saja. Saya sendiri juga ga terlalu paham, hidangan di warteg itu sebenernya makanan dari daerah mana? Walau namanya Warung Tegal, menu makanannya juga cenderung netral. Ayam opor, telur dadar, sayur terong, sayur daun singkong, tempe goreng tepung (soalnya ga kayak tempe mendoan), rempeyek udang, dan masih banyak lagi. Tapi ya perlu dicatet, kadang-kadang ada aja menu yang abis karena emang banyak peminatnya. Kalo emang lagi ngidam emang bisa bikin kecewa sih. Jangan bersedih, cobain menu yang lain ajaaa.

DSCF3647 (1280x855)

Nah, kalo saya googling-googling nih, opor ayam mereka itu enak banget. Ya udah, saya pesen deh satu potong opor ayam. Terus, karena telur dadar jadi-jadiannya, saya bilang jadi-jadian soalnya kayaknya dikasih tepung, tampak sangat menggoda iman. Terus, biar ga terlalu karbo, saya pesen nasinya setengah aja tapi ditambahin sayur labu yang bercampur potongan tempe. Sambel juga ga boleh lupa.

Nah, ternyata ya, kalo lebih saya hayati makannya, rasa makanannya emang enak, bumbunya kerasa. Terus ayamnya juga kayaknya pake ayam kampung. Ukurannya gede, dagingnya lembut. Telur dadarnya juga ga cuma penampilannya yang menggiurkan, rasanya juga gurih. Ternyata emang bener, Warung Tegal ini recommended banget deh. Kalo gini caranya, saya jadi pengen cepet-cepet nge-review warteg-warteg lainnya deh.

Nasi Opor Ayam + Telur Dadar + Sayur Labu + Kerupuk Putih IDR 29K

 

Warteg 21 Ma’djem Gumilang
Jalan Tanah Mas Raya No. 39, Kayu Putih, Jakarta Timur
Click for Google Maps

warteg-21.jpg.jpg

Satu pemikiran pada “Warteg 21, Warteg yang Pernah Didatengin Jokowi (Jakarta)

Tinggalkan Balasan

