Akhirnyaaa, Nyobain Doclang Juga (Bogor)

Katanya siiih, doclang ini salah satu kuliner khas kota hujan, Bogor. Doclang? Aneh bener namanya. Iya, aneh ya. Namanya mirip juga sama docang, kuliner yang berasal dari kota udang, Cirebon. Beda satu huruf doang tapi beda banget. Kalo docang itu isinya daung singkong, toge, dan parutan kelapa, sementara doclang ituuu, lebih mirip kupat tahu Singaparna.

DSCF3382 (1280x855)

Nah, di Bogor ini, katanya sih penjual doclang banyak berkumpul di daerah Jembatan Merah, ga jauh dari Stasiun Bogor. Karena saya ke sini naik KRL, pas keluar dari stasiun, saya langsung naik jembatan penyeberangan yang mengarah ke Jembatan Merah. Jalan sedikiiit, ngelewat Jembatan Merah nanti di sebelah kiri ada jalan kecil. Masuk deh sekitar beberapa puluh meter, nanti gerobak penjual Doclang Mantarena ada di sebelah kanan. Katanya siiih, doclang yang satu ini rasanya lebih enak daripada doclang-doclang lain yang ada di sekitar sana.

DSCF3379 (1280x853)

Walau saya udah pernah liat penampilannya di internet, tetep aja pas doclang disajiin saya agak kaget. Super duper sederhana banget. Iya, mesti pake kata super, duper, dan banget. Isinya itu cuma ada potongan kupat, tahu, ama kentang rebus yang dikasih bumbu kacang dan taburan kerupuk terasi. Saking ga percayanya, saya bahkan sampe nanya ke si ibu yang jual, “Bu, ini ga pake toge atau apa gitu? Abis ya togenya?” “Ngga, emang kalo doclang ya gitu aja isinya.” Wow.

Anyway, walau sederhana, ternyata rasanya sedap kok. Kalo perut saya gentong sih saya yakin bakal nambah seporsi lagi nih. Kupat dan kentangnya lembut, tahunya juga gurih. Tapi yang bikin rasanya jadi enak banget apalagi kalo bukan bumbu kacangnya. Bumbunya manis banget, mirip rasanya ama kupat tahu murah meriah yang sering saya beli deket kampus pas kuliah dulu. Tapi bedanya, ada tauconya sehingga rasanya menjadi lebih unik. Daaan sepiring doclang pun habis tandas dengan cepat, hehehe.

 

Doclang Mantarena
Jalan Mantarena, Bogor
Click for Google Maps

doclang-mantarena.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s