Menjajal Sate Leman’s (Bandung)

Gara-gara promosi yang dilakukan salah satu temen saya yang tampaknya penyuka sate, Gilang, saya akhirnya beneran tergoda nyobain sate yang kata dia enak. Walau lokasinya ada di Buah Batu yang notabene agak jauh dari rumah saya, saya tetep jabanin deh. Kebetulan mamah juga nitip beli obat yang dijual di Apotek Jaya Abadi. Sekalian aja deh kita beli Goyobod Kliningan yang favorit banget.

DSCF3046 (1280x854)

Kalo search di Google Maps, alamat Sate Leman’s yang keluar malah yang ada di Jalan Lodaya. Padahal seinget saya si Gilang bilangnya di Buah Batu. Pas saya googling juga yang muncul foto plang nama dengan alamat Jalan Buah Batu 116A. Tadinya saya kira Sate Leman’s ada di Jalan Buah Batu yang dari arah Jalan Pelajar Pejuang ke arah selatan. Tapi ternyata pas disusuri, ga ketemu. Saya cobain lagi nyusurin Jalan Buah Batu yang ke arah utara, eh ternyata dia adanya di sebelah sini. Kalo ga ada plang namanya, tempat ini nyaris ga keliatan.

DSCF3047 (1280x853)

Rumah makan menempati ruangan yang nyaris seperti gang karena sempit dan diapit oleh ruko dan rumah lainnya. Walau udah buka dari jam 10, waktu itu kita dateng jam setengah sebelasan, ga ada pelanggan lain yang tampak lagi makan. Mungkin karena emang belom jam makan siang? Mereka juga punya beberapa cabang lain, tapi pas saya tanya, pemiliknya beda-beda walaupun masih satu keluarga. Dapurnya juga uniknya sendiri-sendiri. Jadinya, mungkin ada perbedaan rasa dan kualitas antara Sate Leman’s yang satu dengan yang lainnya. Cabang-cabangnya antara lain ada di Jalan Burangrang, di Paskal Hypersquare, di Jalan Pelajar Pejuang, dan di Jalan Lengkong Besar.

DSCF3050 (852x1280)

Menu yang disediakan sederhana banget, cuma ada tiga pilihan daging sate, gule kambing, dan tongseng, bisa dibilang 60% menunya kambing. Minumnya walaupun cuma ditulis jus jeruk, jus jambu, jus sirsak, dan jus markisa, tapi tentunya ada minuman teh botolan dan air mineral juga kok. Karena saya dateng bertiga ama Nanda dan Ferdi, kita mesen 20 sate kambing, 10 sate ayam, ama nyobain semangkok gule kambing. Pramusaji cukup tanggap dengan bertanya apakah sate kambingnya mau pake gajih atau ngga. Tentunya mesti pake doooong, hehehe.

DSCF3057 (1280x853)

Karena tentunya ga perlu masak dulu, gule dateng paling pertama. Keliatan kuahnya berwarna kuning dan kemerahan karena santan. Kuahnya juga walau belum saya cicipin, udah keliatan cukup pekat dan kental. Sayangnya, gulenya kurang anget. Tapi rasanya sih enak. Daging kambingnya juga gampang banget dilepasin dari tulang tempatnya melekat. Udah gitu dagingnya juga lembut. Kuahnya juga saya suka, walau kalo kata Ferdi sih agak asin, tapi itu sih masalah selera aja.

DSCF3062 (1280x853)

DSCF3065 (1280x854)

DSCF3067 (1280x854)

Beberapa menit kemudian, 20 tusuk sate kambing dan 10 tusuk sate ayam dateng juga, pake hotplate lho. Keren juga nih, berasa di restoran mewah. Kita tuangin salah satu dari tiga bumbu kacang yang disajikan ke atas sate-satenya. Mmmmh, ternyata satenya juga ga kalah dari gulenya, walau mestinya udah bisa ketebak ya. Dagingnya lembuuuut. Gajihnya juga juicy bangeeet. Tapi entah kenapa gajihnya kurang gosong, padahal menurut saya sih akan lebih enak kalo agak gosong dikit. Sate ayamnya juga sama, dagingnya gede-gede, lembut, dan gajih semua, sehat banget nih. Puas banget deh makannya. Sampe-sampe kita semua nambah nasi. Tapi pas di akhir, Ferdi malah kekenyangan dan ngerelain jatah sate kambingnya buat saya, hehehe.

Nah, moment of truth nih, saatnya membayar. Saya ga biasanya ngasih paragraf khusus soal harga makanan. Tapi kali ini saya merasa mesti ngasih deh, soalnya harganya mahal buangeeet. Saya aja cukup kaget pas nerima bon pembayaran yang total semuanya mencapai 225 ribu rupiah. Itu berarti seorang 75 ribu. Pas saya liat, seporsi sate kambing harganya mencapai 50 ribu, sate ayam 40 ribu, dan nasi yang biasanya 5 ribu, di sini dihargai 7500 rupiah. Untungnya, tambahan bumbu kacang yang sempet kita minta ga dicas juga ke bon pembayaran.

Sate Kambing IDR 50K
Sate Ayam IDR 40K
Gule Kambing IDR 50K
Nasi Putih IDR 7.5K

 

Sate Leman’s
Jalan Buah Batu 116A Bandung
Click for Google Maps

sate-lemans.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s