Siang-Siang Mampir ke Pastel Ma’Cik (Jakarta)

Siang itu, saya abis tes IELTS di Kelapa Gading dan muter-muter nyari makan siang. Area di sekitaran venue tempat diadainnya tes, Raffless Christian School, berasa kayak Kelapa Gading antah berantah. Jalan betonnya ga beraturan, begitu juga arus lalu lintasnya yang kacau balau. Belum lagi di sekitarnya ga ada tempat makan yang menarik. Beda halnya kalo saya memacu motor saya dan menempuh jarak beberapa kilometer ke Jalan Raya Boulevard yang lebih banyak pilihan kulinernya.

DSCF2928 (1280x853)

Pas udah nyampe sono, malah sayanya yang bingung mau makan apa saking banyaknya pilihan, hahaha. Saya memacu motor saya dari arah La Piazza sampe ke selatan dan muter balik lagi ke arah utara. Pas jalan ke arah utara itu saya memacu motor saya pelan-pelan, sambil ngeliatin ada rumah makan apa aja. Tau, tau, mata saya tertuju pada sebuah toko bernama “Pastel Istimewa Ma’Cik”. Alamaaak, udah lama banget kan saya ga jajan di sini. Akhirnya, walaupun saya tau mereka ga menjual makanan berat, saya memilih untuk mampir ke sini.

menu ma'cik

DSCF2926 (1280x853)

Andalan di sini tentu saja pastelnya. Kamu pasti udah tau lah ya yang namanya pastel kayak apa. Makanan berbentuk setengah lingkaran ini dijual dengan varian isi ayam, daging, atau sosis dan dikasih racikan bumbu rahasia yang membuatnya berbeda dari pastel-pastel biasa lainnya. Ukurannya juga gede-gede dan biasanya mereka ngasihin saos buatan sendiri yang rasanya cenderung manis namun pas dimakan bersama pastelnya. Tapiiii, yang jadi jajanan favorit saya di sini justru bukan pastelnya melainkan American Mayonnaise! Makanan apa pula itu?

DSCF2937 (1280x853)

DSCF2939 (1280x854)

Waktu pertama kali nyobain 5 tahun lalu, biasanya sekretaris di kantor saya suka beli Pastel Ma’Cik buat konsumsi tamu dari luar, saya langsung jatuh cinta. Namanya emang kurang mencerminkan bentuknya sih. American Mayonnaise itu sebenernya risoles yang bentuknya pipih kayak bantal, tapi agak gembung karena ada isi daging ham sapi (yang irisannya tipis-tipis mirip kayak di burger pinggir jalan), terus potongan telur rebus, daaaan mayones! Pernah makan risoles yang kayak gini? Saya yakin jarang. Saya aja hampir ga pernah nemuin risoles yang dibuat mirip seperti ini. Varian risoles lainnya adalah American Mozzarella, yang ini isinya udah tentu keju mozzarella, yang berbentuk seperti guling. Tapi yang ini rasanya biasa aja, masih mendingan sodaranya.

DSCF2929 (1280x853)

Selain beli American Mayonnaise, untuk memenuhi jatah makan siang saya, saya membeli beberapa jajanan pasar lainnya kayak siomay goreng dan bika ambon. Hampir semua yang dijual di sini emang kue kering dan basah ala pasar tradisional, juga ada yang udah di kemasan kayak kerupuk, keripik, dan lain-lain. Saya ga yakin kalo semua kue yang dijual di sini hasil produksi mereka, jadi ya kalo mau direview rasanya gimana gitu ya. Siomay yang saya makan rasanya so so, kurang basah dan sepertinya lebih banyak tepung karena terlalu kenyal. Bika Ambonnya sih lumayan lah, enak dan fluffy.

American Mayonnaise IDR 4.9K
Siomay Goreng IDR 3.5K
Bika Ambon IDR 3.5K

 

Pastel Istimewa Ma’Cik
Jalan Raya Boulevard Blok TN 2 No. 34 Jakarta Utara
Click for Google Maps

makcik.jpg

Tinggalkan Balasan

