Sarapan di SGPC Bu Wiryo 1959 (Jogja)

Pengen makan nasi pecel? Cobain deh dateng ke rumah makan SGPC Bu Wiryo yang berada di Selokan Mataram, di utara Fakultas Peternakan UGM. SGPC sendiri merupakan kependekan dari sego pecel alias nasi pecel. Tiap harinya mereka menyediakan kebutuhan perut dari jam setengah 8 pagi sampe jam setengah 9 malem. Udah terkenal banget di kalangan mahasiswa UGM karena harganya yang murah meriah. Tapi mungkin itu dulu sih, sekarang harganya udah makin mahal, kurang pas buat kantong mahasiswa.

DSCF8613 (1280x853)

Karena mereka emang udah terkenal, walaupun  udah dateng pas baru buka pun ternyata ruangannya udah rame oleh pengunjung, baik itu dari dalem maupun luar Jogja yang kebetulan lagi berwisata. Dan kalo udah kayak gitu, ya parkir mobilnya jadi agak susah. Belum lagi pas mau ngambil makanan yang sistemnya prasmanan itu, antrenya meeeeen, bisa panjang bangeeeet. Tapi demi bisa menikmati nasi pecel dan lauk-lauk tambahannya yang beraneka macam, antre lama pun dijabanin deh. Dan kalo lagi sial ya kadang bisa keabisan lauk-lauk tertentu. Sakit hati juga sih, apalagi kalo udah ngantre agak lama.

DSCF8610 (1280x854)

Saya ngambil nasi pecel pake sate kulit, sate usus, risoles, dan telur puyuh. Sayuran berbumbu pecel yang menggoda ditabur di atas nasi yang masih anget, bikin perut yang udah laper jadi makin terasa laper deh ngeliat tampilannya ini. Bumbu pecelnya terasa manis, gurih, dan sedikit pedes. Apalagi dimakan pake lauk-lauk tadi, mantaaap. Sate-satenya enak, bikin pengen nambah lagi.

DSCF8611 (1280x853)

Selain nasi pecel, mereka juga punya nasi sop. Ini yang pesen papah saya. Isinya ada nasi yang langsung dicampur dengan sop beserta sayuran dan daging sapi layaknya soto lamongan. Sop model begini akan lebih maknyus kalo dimakan bareng sama misalnya goreng tempe.

DSCF8609 (1280x854)

Nah, ini dia segelintir lauk pauk sampingan yang bisa dipilih di sini. Ada sate kulit, sate usus, tempe goreng, risoles, gorengan-gorengan, dan lain-lain. Tentunya masih banyak pilihan lainnya yang kebetulan ga kita ambil.

DSCF8615 (853x1280)

Buat minumnya, ada pilihan-pilihan yang standar tentunya kayak es teh manis dan es jeruk. Tapi kalo mau yang tradisional juga ada, kayak es beras kencur yang saya ambil ini misalnya. Jadinya mecing dong, udah makannya nasi pecel, minumnya beras kencur, hehehe…

 

SGPC Bu Wiryo 1959
Jalan Agro No. 10, Sleman, Jogja
Click for Google Maps

sgpc-bu-wiryo.jpg.jpg

Iklan

Satu pemikiran pada “Sarapan di SGPC Bu Wiryo 1959 (Jogja)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s