Makan Soto Madura Juanda (Jakarta)

Minggu siang itu, saya memutuskan untuk makan siang lagi di Soto Madura Juanda yang lokasinya deket sama Masjid Istiqlal. Bentar, lagi? Iya, beberapa hari sebelumnya saya ke sini juga, ceritanya mampir abis servis hape di LG Service Center Jalan Biak. Waktu itu saya ga bawa kamera bagus sehingga motonya cuma pake hape aja. Dan itupun sialnya, karena suatu sebab, foto-fotonya kehapus semua. Padahal menurut saya sotonya enak dan mau saya masukin sebagai review. Jadilah saya ke sini lagi deh, kali ini mau beli sate ama rujak cingurnya juga.

DSCF2752 (1280x853)

Menjelang jam 12 siang, ternyata ga kayak waktu saya pas hari kerja dateng jam 11, ruangannya nyaris penuh. Semakin menjadi bukti nih kalo penilaian lidah saya ga salah, sotonya emang oke punya. Pendapat saya itu semakin diperkuat oleh dinding rumah makan yang dipenuhi oleh testimoni arti dan figur-figur terkenal yang pernah berkunjung ke sini.

DSCF2726 (1280x852)

DSCF2727 (1280x855)

Menu yang tersedia di sini ga cuma soto madura. Ada juga bermacam sate, eh cuma tiga macem sih. Terus ada menu ala jawa timuran kayak rawon, tahu telor, ayam penyet, rujak cingur, nasi pecel, dan lain-lain. Sayangnya, ga ada harganya sehingga saya ga punya sense, “Ini pesenan saya berapa ya? Ini harga menunya berapa sih? Totalnya udah berapa ya?” Karena itu yang saya rasain pas bayar di kasir. Bam!!!

DSCF2733 (1280x854)

Saya seperti biasa memesan soto jeroan, isinya ada limpa, usus, dan babat. Kalo ini saya nambahin telor rebus ke dalem sotonya. Waktu pertama kali saya ke sini, demi ngeliat fotonya di menu yang udah ada telornya, saya kecewa pas sotonya dateng dan ga ada telornya. Saya ga suka foto menu tipe yang kayak begini, kurang jujur. Belom lagi si pramusajinya yang ga nanyain kita, “Pake telor atau ngga, Pak?”

DSCF2737 (1280x853)

DSCF2753 (1280x853)

Kalo berbicara soal rasa, soto maduranya emang enak. Rasa kuahnya gurih, bumbunya pas, dan akan lebih mantab lagi kalo ditambahin sesendok atau dua sendok sambel. Daging jeroannya pun enak, kalo ga salah ada lima potong. Ukurannya gede-gede dan lembuuut banget. Oiya, di menu kamu ga akan ngeliat nasi, karena nasi udah ada di meja, terbungkus daun pisang. Kalo ga ada, mungkin abis, tinggal minta aja ke pramusaji. Porsi nasinya juga ga terlalu gede, tapi harganya sih normal (taunya pas bayar di kasir of course), hehehe. Selain nasi, mereka juga nyediain perkedel, tapi yang satu ini ga ada di semua meja, dan tampaknya selama persediaan masih ada.

DSCF2731 (1280x854)

Karena biasanya soto madura itu pas banget dimakan dengan ditemani oleh sate, saya nyobain juga salah satu sate yang ada di menu mereka. Karena sate ayam dan sate kambing udah biasa, saya nyobain sate sapi bumbu kelapa. Lima tusuk aja, ga usah banyak-banyak. Sate sapi ini dibubuhi parutan kelapa yang udah dibumbui lalu dibakar. Rasanya unik, namun agak asin gara-gara parutan kelapanya. Bumbunya bisa dipilih mau pake kecap aja atau bumbu kacang. Saya pilih bumbu kacang. Anyway, bumbu kacangnya enak.

DSCF2735 (1280x855)

Terakhir, karena udah lama banget ga makan rujak cingur, saya pesen deh. Kalap banget ini mah ceritanya. Untungnya di rujak cingurnya ga pake lontong, bisa makin kekenyangan dong saya. Dan lagi-lagi, pramusajinya ga nanyain apakah rujaknya mau pake lontong atau ngga. Masak kita terus yang mesti pro aktif? Balik lagi ke rujak, pengajian unik, pake daun pisang yang dibentuk kerucut terus ditutupin kerupuk, wkwkwk. Kesan pertamanya jadi agak aneh. Sebelum difoto, saya singkirin dulu kerupuknya ke samping. Soal rasa, bumbunya enak, kerasa banget petisnya. Bumbunya juga melimpah, bisa banget buat dimakan pake nasi. Cingurnya juga banyak, dikasih lima atau enam potong, dan rasanya amat lembut. Tapi menurut saya cingurnya terlalu lembut sehingga saya kehilangan sensasi mengunyah cingur yang kenyal-kenyal gimanaaa gitu.

Soto Madura (Daging, Jeroan, Campur) Plus Telur Rebus IDR 30K
Rujak Cingur IDR 30K
Sate Sapi Bumbu Kelapa (5 Tusuk) IDR 19K
Nasi Putih IDR 6K
Es Kietna IDR 18K

 

Soto Madura Juanda
Cabang Jalan Ir. H. Juanda No. 16 Jakarta Pusat
Click for Google Maps

soto-madura-juanda.jpg.jpg

Tinggalkan Balasan

