Jajan Gorengan di Pisang Goreng Simanalagi (Bandung)

Siapa sih yang ga tau pisang goreng? Penganan yang satu ini udah jadi makanan rakyat yang ada bahkan sejak jaman penjajahan dulu. Walau sekarang udah ga kayak gini, ada masanya ketika kamu bertamu ke rumah orang nih, si empunya rumah akan menyuguhi pisang goreng plus teh manis anget. Dulu kan hawa Bandung masih dingin banget, ga kayak sekarang. Dan makan pisang goreng plus teh manis anget itu rasanya tiada tara deh.

DSCF2530 (1280x856)

Coba cek ke ortu kamu yang menjalani romansa masa mudanya di Bandung, kemungkinan besar mereka pernah dateng ke sini. Konon Pisang Goreng Simanalagi yang berada di Dalem Kaum ini udah dirintis sejak tahun 1948 oleh warga keturunan Tionghoa yang bernama Ny. Tjiong. Gile bener, 3 tahun pasca proklamasi kemerdekaan doang tuh ya. Dan hebatnya, walaupun cuma jual gorengan, masih bisa bertahan sampe sekarang. Semuanya berkat mempertahankan resep dan kualitas.

DSCF2531 (854x1280)

DSCF2536 (1280x853)

Di ruang yang sederhana ini, hanya terdapat dua buah meja persegi untuk tempat mereka yang ingin makan di tempat. Di sini ditawarkan berbagai macam gorengan berbahan dasar pisang berkualitas tinggi, ada pisang tanduk, pisang raja, pisang kipas, dan pisang gegodoh (di mana pisang yang udah dihancurleburkan dan digoreng bersama si tepung terigu). Selain pisang goreng yang jadi andalan, ada banyak gorengan lainnya seperti combro, gehu, gandasturi, ubi bola, lalu ada aneka kue basah dan kering ala jajanan pasar, serta minuman jaman dulu kayak sarsaparilla dan orange crush. Harga gorengannya sendiri bervariasi antara 2500 sampe 9 ribu rupiah untuk batagor.

DSCF2532 (1280x854)

Karena saya dateng sendirian doang, abis jalan-jalan menyusuri Jalan Asia Afrika dan salat Jumat di Masjid Raya Bandung, saya cuma bisa mesen tiga macem doang. Saya beli satu pisang raja, satu pisang kipas dan satu bala-bala yang ukurannya lumayan gede dan makan satu aja rasanya udah cukup ngenyangin. Dan ga salah, ternyata rasa pisang gorengnya emang enak banget. Pisangnya basah dan udah mateng sehingga rasanya manis dan lembut. Soalnya kadang pernah juga kan beli pisang goreng yang pisangnya masih agak keras dan gak manis. Minumnya saya sengaja nyobain orange crush (biasanya nyobain sarsaparilla melulu) yang saya suka karena sodanya ga banyak kayak Coca Cola.

Pisang Raja IDR 4K
Pisang Kipas IDR 4K
Bala-Bala IDR 2.5K

 

Pisang Goreng Simanalagi
Jalan Dalem Kaum No. 10 Bandung
Click for Google Maps

pisang-goreng-simanalagi.jpg.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s