Santai Sore di Warung Suluh (Bandung)

Ini salah satu tempat makan yang saya suka deh. Tapi bukan karena makanannya yang super duper enak, melainkan karena dekorasinya yang oke. Berlokasi di Jalan Cipto, Bandung, Warung Suluh bisa jadi pilihan yang pas buat kamu-kamu yang pengen bersantai atau berlama-lama ngobrol bersama keluarga dan temen. Tempatnya juga cukup gede, memanjang ke belakang, dan bertingkat dua.

DSCF2681 (1280x854)

DSCF2684 (1280x855)

Suasana di Warung Suluh ini mengingatkan rumah nenek saya di kampung, Maninjau, Sumatera Barat. Eh, dulu deng, sekarang rumah kayunya udah berubah jadi rumah berbahan batu dan bata. Hiasan-hiasan di dinding ada jam kuno, gelas, wadah air, dan piring berbahan logam yang bercorak jadul, kendi-kendi tanah liat, perlengkapan memasak, kotak kue atau kerupuk, lampu tempel minyak, dan lain-lain. Kalo kamu pengen ngerasain suasana rumah di kampung, dateng ke sini deh.

DSCF2683 (1280x853)

Naik ke lantai dua, dindingnya dihiasi oleh foto-foto artis yang pernah dateng ke Warung Suluh, kita melalu tangga kayu yang akan berbunyi berderit-derit saat diinjak. Pas udah sampe di atas, emang lebih sepi sih. Tapi suasananya ternyata berbeda. Kursi-kursi dengan bantalan berwarna-warni dengan meja kayu bercat putih berlapis kaca. Beda banget ama di bawah yang kursi dan mejanya bener-bener berbahan kayu polos. Akhirnya saya, Mamah, ama Nanda turun lagi ke bawah deh.

DSCF2688 (1280x853)

Menu yang tersedia di Warung Suluh tergolong lengkap. Di sebelah kiri ada menu makanan berat kayak macem-macem nasi tradisional, ayam, rawon, bistik jawa, ikan, telor, bebek, sayur mayur, dan lontong. Di sebelah kanan, ada menu-menu cemilan yang cocok buat mereka yang cuma pengen nongkrong-nongkrong doang. Ada roti bakar dan goreng, yang mengingatkan saya akan menu-menu roti di Warung Kopi Purnama, pisang, martabak mie, dan lain-lain. Semua menunya asli dan khas Indonesia.

DSCF2692 (852x1280)

Buat minumnya, saya mesen es lengkeng. Dalam bayangan saya, saya bakal bisa ngerasain buah lengkeng yang manisnya lembut. Tapi pas saya cobain, kok rasanya kayak manisan buah leci ya, manis asem. Apa mereka salah ngasih? Atau emang manisan buah lengkeng kayak gini rasanya?

DSCF2691 (1280x855)

Karena saya rencananya mau cicip-cicip doang menu yang dipesen Mamah sama Nanda, saya cuma mesen tempe mendoan. Seporsinya lumayan banyak, seinget saya ada enam potong tempe yang potongannya memanjang. Tapi sayangnya, kayaknya ini bukan tempe mendoan beneran yang emang khusus buat mendoan. Ini sih kayak tempe mendoan-tempe mendoanan yang dibuat dari tempe biasa dan dilumuri tepung. Rasanya emang beda kok.

DSCF2695 (1280x853)

Mamah mesen nasi goreng kampoeng yang ternyata porsinya lumayan gede. Dan sesuai dugaan saya, ga abis dimakan sendirian. Jadinya saya malah makan nasi goreng ini lebih dari setengah porsi. Lagian mamah juga makan tempe mendoannya sih, makanya jadi berasa kenyang. Rasa nasi goreng kampungnya lumayan enak, cukup mirip ama rasa nasi goreng kampung. Kerupuknya juga dikasih kerupuk merah terasi yang lebih saya sukai daripada kerupuk udang.

DSCF2696 (1280x854)

Nanda tumben-tumbenan mesen makanan yang agak “aneh” dari berbagai pilihan yang ada di menu, bistik jawa. Tapi ya bagus sih, karena saya kan jadi bisa nyicip dan penasaran juga udah lama banget ga makan yang namanya bistik jawa. Pilihan bistik jawanya ada galantine komplit (saya ga tau ini apaan), ayam tepung, atau daging sapi. Saya nyaranin beli yang daging sapi aja. Bistik jawa ini sebenernya mirip kayak beef steak (nama bistik kan emang berasal dari beef steak) dengan side dish sayur buncis, wortel, dan potongan kentang rebus yang masih agak keras. Ada potongan telur rebus juga yang terkadang ada di menu bistik jawa. Yang bikin beda adalah rasa daging yang manis nyaris seperti semur karena menggunakan kecap manis. Nanda bilang bistiknya enak, sementara saya yang emang ga suka semur ga terlalu suka bistiknya. Tapi yang pasti, dagingnya empuk banget.

Nasi Goreng Kampoeng IDR 24K
Bistik Jawa Daging Sapi IDR 47.5K
Tempe Mendoan IDR 11K
Es Lengkeng IDR 19.5K

 

Warung Suluh
Jalan Dr. Cipto No. 8 Bandung
Click for Google Maps

warung-suluh.jpg.jpg

Tinggalkan Balasan

